Software – Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Posted on

Software – Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya

 

software
software

 

Agar komputer dapat dioperasikan, diperlukan software atau perangkat lunak. Sekarang ada banyak kemungkinan jenis perangkat lunak. Anda dapat mengandalkan itu untuk desain, pengeditan video, game, dan banyak lagi. Apa itu perangkat lunak atau software, untuk lebih jelasnya? Mari kita simak penjelasan di bawah ini.

 

Pengertian Software

Perangkat lunak adalah salah satu komponen terpenting dalam komputer. Sederhananya, istilah perangkat lunak adalah data yang telah diprogram dan disimpan secara digital, tetapi tidak terlihat secara fisik, tetapi berada di komputer. Ini juga dapat didefinisikan sebagai aplikasi yang terdiri dari sejumlah kode bahasa pemrograman. Perangkat lunak ini dapat menjadi program untuk menjalankan perintah yang menggunakan perangkat lunak ini agar komputer dapat berfungsi.

Perangkat lunak juga memainkan peran penting pada komputer, karena perangkat keras dapat dikontrol atau dikontrol dengan baik. Perangkat lunak ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman yang dibuat dan ditulis oleh seorang programmer. Ini kemudian dikompilasi oleh aplikasi yang disebut kompiler dan menjadi kode yang dapat dikenali oleh perangkat keras.

Perangkat lunak adalah jembatan koneksi yang menghubungkan pengguna ke perangkat keras sehingga mereka dapat menjalankan perintah tertentu. Tanpa perangkat lunak, komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak dapat menjalankan perintah dari pengguna.

 

Fungsi Software

Pada dasarnya, fungsi utama dari perangkat lunak adalah membuat komputer untuk menjalankan perintah dari pengguna. Dengan mengacu pada pemahaman perangkat lunak yang dijelaskan di atas, fungsi perangkat lunak adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan fungsi dasar komputer sehingga dapat dioperasikan. Misalnya, ketersediaan sistem operasi dan sistem pendukung di komputer.
  2. Mengelola perangkat keras di komputer agar berfungsi pada saat bersamaan.
  3. Membangun koneksi antara perangkat lunak lain dan perangkat keras yang diinstal pada komputer.
  4. Perangkat lunak ini juga bertindak sebagai penerjemah untuk instruksi perangkat lunak bahasa mesin lain sehingga dapat dipahami oleh perangkat keras.
  5. Perangkat lunak juga dapat mengidentifikasi program yang berada di komputer.
Baca Juga  Kabel UTP - Pengertian, Jenis, Fungsi, Cara Membuat, Kelebihan dan Kekurangannya

 

Jenis – Jenis Software

Jenis – jenis software pada komputer atau labtop sebagai berikut :

  1. Perangkat lunak berbayar

Sangat banyak produk perangkat lunak yang dikembangkan oleh pengembang. Namun, untuk memanfaatkan kegunaan perangkat lunak, serta fitur dan pembaruan terbaru, Anda harus membayar harga tertentu.

Meskipun Anda telah membelinya, Anda tidak akan menerima lisensi untuk menyalin dan mendistribusikan ke pengguna komputer lain. Karena itu ilegal dan ilegal. Produk perangkat lunak ini seperti Microsoft Windows, Adobe Photosoft, CorelDraw, Microsoft Office dll.

  1. Freeware

Yaitu, perangkat lunak gratis yang dapat digunakan tanpa batas waktu. Aplikasi gratis ini umumnya disumbangkan ke beberapa komunitas. Namun, freeware juga memiliki hak pengembang dan pengontrol untuk mengembangkan aplikasi lain. Jika pengembang aplikasi menghentikan pengembangan produk untuk freeware lain atau mengumumkan bahwa freeware tersebut mungkin dikembangkan bersama, kode sumber akan diberikan oleh freeware.

  1. Shareware

Ini adalah perangkat lunak yang dicoba secara gratis, tetapi penggunaannya terbatas dalam waktu dan fitur-fiturnya seperti ketersediaan, fungsi dan kenyamanan tidak dapat digunakan secara optimal.

  1. Firmware

Yaitu perangkat lunak yang ada dalam ROM (Read Only Memory). Firmware ini tidak dapat diubah meskipun tidak lagi disuplai daya, dan area memori tidak dapat diubah dalam ROM tetapi dapat diubah tergantung pada jenis ROM seperti EEPROM atau FlashROM. Semua ini dapat diubah sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Perangkat Lunak Komersial

Ini adalah perangkat lunak yang digunakan untuk tujuan komersial dan dapat dijual kepada pengembang perangkat lunak, distributor, dan pengembang perangkat lunak lainnya. Ketentuan di mana pengguna perangkat lunak ini tidak boleh mendistribusikan atau mendistribusikan perangkat lunak kepada orang lain secara gratis atau tanpa izin dari penerbit. Beberapa contoh perangkat lunak komersial adalah Adobe Photoshop, CorelDraw, Microsoft Visual NET, dll. Perangkat lunak komersial memiliki hak cipta.

  1. Perangkat lunak gratis
Baca Juga  RAM - Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Adalah jenis perangkat lunak yang dapat dimanipulasi secara bebas dan digunakan, disalin, dimodifikasi dan dimodifikasi dalam berbagai kondisi yang dapat digunakan kembali oleh pengguna berikutnya. Siapa pun yang menggunakan perangkat lunak ini secara bebas dapat mengkomersialkan dan menggunakan distribusi dan modifikasi kode sumber. Selain itu, perangkat lunak ini juga dapat didistribusikan secara gratis. Itulah yang membedakannya dari freeware.

  1. Perangkat Lunak Open Source

Perangkat lunak ini terbuka sehingga Anda dapat mengaksesnya secara gratis dan mempelajari, memodifikasi, meningkatkan, dan mendistribusikan kode sumber. Karena sifat perangkat lunak ini terbuka, pengembangan yang dilakukan oleh komunitas atau grup terbuka dapat mengembangkan perangkat lunak open source.

Meskipun terbuka, masih perlu digunakan sesuai dengan aturan dan prinsip etika tertentu. Contoh dari perangkat lunak ini adalah Linux, yang mirip dengan Microsoft Windows

  1. Malware

Malware adalah perangkat lunak yang telah dibuat untuk menyusup dan merusak sistem pada komputer dan jaringan komputer, tetapi tanpa izin pemilik. Kata lain dari malware ini adalah virus komputer. Jenis perangkat yang termasuk dalam virus komputer ini adalah Trojans, adware, worm komputer, rootkit, dan perangkat lunak berbahaya lainnya.

Biasanya, pengembang perangkat lunak ini didedikasikan untuk komunitas tertentu. Namun, hak cipta tetap ada, sehingga dapat terus membuat berbagai kemajuan. Contoh produk dari freeware ini adalah Google Chrome, Mozilla Firefox, perangkat lunak Bancos, dll.

 

Contoh Software

Contoh software atau perangkat lunak pada komputer atau labtop berdasarkan kategorinya sebagai berikut :

  1. Perangkat lunak sistem

Ada sejumlah perangkat lunak yang digunakan sebagai sistem operasi untuk komputer. Contohnya adalah Linux, Mac dan Windows. Sistem operasi Windows banyak digunakan karena harganya lebih murah daripada Mac.

Tentu saja, pengguna Windows lebih dari Mac dan Linux. Meskipun Linux tidak dibayar karena itu adalah open source, tetapi masih secara numerik di antara pengguna Windows. Karena Windows lebih mudah digunakan.

  1. Perangkat lunak browser
Baca Juga  Jaringan Komputer - Pengertian, Jenis dan manfaatnya

Jika Anda ingin menemukan informasi spesifik, ini biasanya dilakukan menggunakan situs pencarian. Beberapa contoh perangkat lunak termasuk Opera Mini, Internet Explorer, Mozilla Firefox, Chrome, dll.

Dalam hal jumlah pengguna, Chrome menempati posisi tertinggi. Karena terlihat lebih rapi, lebih nyaman dan menyenangkan saat digunakan.

  1. Microsoft Office

Sesuai namanya, perangkat lunak ini memiliki fungsi untuk mendukung bisnis kantor. Seperti menulis dokumen, akuntansi, presentasi media dan sebagainya. Beberapa contoh perangkat lunak ini adalah Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Outlook, Publisher dan sebagainya.

  1. Perangkat lunak cat

Perangkat lunak ini bertindak sebagai prosesor gambar atau desain. Jadi Anda dapat membuat, mengedit, dan sebagainya gambar atau pola tertentu. Beberapa contoh perangkat lunak adalah Corel Draw, Adobe Photosoft, Paint, dan sebagainya.

  1. Perangkat lunak anti-virus

Serangan virus dapat menyerang komputer mana pun, terutama yang sering berada di dunia maya, sering mengunduh file, dll. Untuk ini, komputer memerlukan sistem perlindungan agar tidak rentan terhadap virus. Contohnya adalah AVG, Norton, Avast, Smadav dan sebagainya.

 

Setelah menjelaskan beberapa fitur perangkat lunak, tidak salah jika perangkat lunak tersebut dianggap sebagai nyawa komputer. Namun, komputer hanya dapat dioperasikan dengan perangkat keras dan perangkat lunak di dalamnya.

Demikianlah pembahasan tentang memahami perangkat lunak atau software, fungsi, jenis, dan contoh perangkat lunak yang paling umum digunakan oleh pengguna komputer. Semoga bisa memberikan wawasan dan bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih atas kunjungan anda Salam dari penulis.

Artikel Lainnya