Pengertian Sistem Tata Surya

Posted on

Pengertian Sistem Tata Surya

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan sistem tata surya? Jika Anda belum mengetahuinya, sungguh terlalu Anda berada dibumi ini, hehe. Baiklah, langsung saja yah kita bahas apa itu sistem tata surya dan juga planet-planet yang ada di tata surya.

Pengertian Sistem Tata Surya

Tata surya adalah struktur benda langit yang mengorbit atau berputar mengelilingi matahari sebagai pusatnya. Tata surya tempat kita tinggal disebut tata surya Bima Sakti.

Menurut beberapa astronom, sistem tata surya adalah salah satu sistem alam semesta dan mengandung banyak tanda berbeda. Jadi bisa juga dikatakan benda langit yang secara teratur membentuk semua benda langit dengan gravitasi matahari.

Salah satu dari sistem tata surya ini merujuk pada ilmu astronomi sebagai objek di langit dari sumber kehidupan dan sinar matahari, hingga menciptakan sumber energi yang disebut solar system.

Semua planet ini selalu megelilingi matahari dengan lintasan dan juga revolusinya sendiri. Karena gravitasi matahari, maka proses planet bisa mengelilingi matahari. Tata surya kita mengatur planet-planet berdasarkan jarak dari planet ke matahari.

Planet yang Ada di Tata Surya

Menurut definisi, planet-planet yang terkandung dalam astronomi adalah matahari yang mengikuti orbitnya sendiri, sehingga tata surya di benda-benda langit, termasuk jalur planet atau jalur lintasan revolusi dalam gerakan yang melakukan putaran matahari.

Ini juga memiliki rotasi sehingga dapat memutar disumbu pada porosnya untuk melakukan rotasi yang penuh.

Planet Merkurius

Planet merkurius adalah salah satu bentuk planet terdekat dengan matahari, dengan jarak sekitar 70 juta kilometer ke matahari, sehingga planet ini tidak dapat dilihat secara langsung oleh mata.

Baca Juga  Niat Mandi Taubat

Suhu merkurius telah ditemukan 427°C siang hari dan 184°C pada malam hari, beredar selama 88 hari sehari dan gravitasi beredar selama 50 hari di tanah.

Planet Venus

Planet Venus adalah salah satu bentuk planet lain yang paling dekat dengan matahari dan membentuk sistem jarak sekitar 107 juta kilometer, hingga permukaan planet yang dikelilingi oleh awan tebal yang sulit dilihat.

Venus memiliki kisaran suhu berdiameter sekitar 480 oC dan hampir secara kebetulan sekitar 600 km lebih kecil dari permukaan bumi dan berputar selama 243 hari. Venus biasanya terlihat hanya di pagi dan sore hari.

Planet Bumi

Planet Bumi adalah planet dengan jangkauan terluas, sehingga bumi dapat dikatakan sebagai atmosfer pelindung di lapisan matahari, yang merupakan satu-satunya planet yang memiliki anggota tata surya dalam kehidupan di bumi.

Planet Mars

Mars adalah salah satu bentuk planet kedua matahari dapipada yang lain, sehingga ukurannya lebih kecil dari permukaan Bumi, berdiameter 7.800 km dan berjarak sekitar 428 juta km, dengan orbit (putaran) 687 hari.

Mars adalah permukaan belahan batu tua atau purba yang stabil di belahan bumi dan membentuk tata surya, sehingga Mars hampir sama dengan Bumi yang terus menciptakan siklus kehidupan.

Planet Jupiter

Jupiter adalah salah satu planet di tata surya, jadi di antara planet-planet dengan diameter di permukaan, ada sekitar 242.860 km dan volumenya sekitar 1.300 dari permukaan bumi.

Jupiter juga memiliki lapisan admosfer hidrogen dan helium kristal dengan 17 satelit : Io, Eropa, Ganymeda dan C.

Planet Saturnus

Saturnus adalah bentuk planet yang merupakan planet paling indah dibandingkan dengan planet lain, sehingga Saturnus memiliki cincin planet yang lebih besar daripada planet lain.

Baca Juga  Manfaat Mandi Subuh

Saturnus juga berdiameter 220.000 km, yang terbesar kedua di Jupiter, yang mengandung banyak gas hidrogen.

Planet Uranus

Uranus adalah bentuk planet yang sangat berbeda dari planet lain di Matahari dan mengorbit porosnya di orbitnya di sekitar matahari yang bergerak ke sisinya.

Uranium juga memiliki jarak dari matahari yang mencapai 2.870 juta km dan diameter 50.100 km, memberikannya waktu rotasi 12 jam dalam revolusi selama 84 tahun.

Planet Neptunus

Neptunus adalah bentuk planet yang memiliki angin, sehingga disebut planet yang paling berangin. Jarak planet ini adalah 4-500 juta km dan revolusi di planet ini selama 165 tahun.

Itulah beberapa informasi tentang sistem tata surya yang dapat Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan pengetahuan Anda, terimakasih!

Artikel Lainnya :

Norma Sosial: Pengertian, Jenis, Tingkatan, dan Contohnya

Gempa Bumi : Pengertian, Penyebab, Jenis, Akibat & Proses Terjadinya

Pencemaran Air : Pengertian, Penyebab, Dampak & Contohnya