sitem reproduksi wanita
sitem reproduksi wanita

Sistem Reproduksi Wanita

Posted on

Sistem Reproduksi Wanita

Wanita memiliki banyak karakteristik fisik yang berbeda dari pria karena peran penting mereka dalam reproduksi. Pekerjaan sistem reproduksi wanita ada dua, untuk memungkinkan pembuahan sel sperma dan sel telur, serta untuk melindungi organ wanita dari infeksi yang menyebabkan infeksi. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang organ reproduksi wanita dan perannya dalam kesehatan tubuh.

 

sitem reproduksi wanita
sitem reproduksi wanita

 

Spesifikasi

Organ reproduksi wanita adalah sekelompok organ yang terlibat dalam sistem reproduksi, dalam hal ini temasuk dalam persiapan untuk kehamilan hingga persalinan. Setiap organ reproduksi memiliki fungsi yang tepat. Organ-organ milik wanita ini sudah ada sejak lahir, tetapi kapasitas reproduksinya dimulai hanya setelah masa pubertas.

Struktur dan organ reproduksi wanita memainkan peran penting dalam proses reproduksi, yang meliputi siklus menstruasi, pembuahan (ketika sel telur dibuahi dengan air mani), kehamilan dan persalinan. Organ reproduksi wanita dapat dibagi menjadi dua organ tergantung pada lokasi, yaitu organ di luar tubuh dan organ yang ada di dalam tubuh.

 

sistem reproduksi wanita.
sistem reproduksi wanita.

 

Organ reproduksi wanita eksternal

Organ reproduksi wanita luar dikumpulkan di daerah yang disebut vulva, yang berada di luar vagina. Ini termasuk:

  1. Labia

Adalah organ reproduksi wanita luar yang terdiri dari dua pasang lipatan kulit di kedua sisi lubang vagina yang disebut Labia Mayora (labia besar) ada di luar dan ditutupi dengan rambut kemaluan setelah pubertas, sedangkan labia minora (labia minora) tidak memiliki rambut.

  1. Mons pubis

Adalah tonjolan lemak yang tertutup rambut setelah pubertas di atas labia. Bagian ini melepaskan feromon yang diyakini berperan dalam proses ketertarikan lawan jenis.

  1. Lubang vagina

Ini adalah pintu masuk ke vagina.

  1. lubang uretra

Lubang uretra adalah tempat urin mengalir dari kandung kemih.

  1. klitoris

Adalah tonjolan kecil diatas labia minora, yang sangat sensitif dan merupakan sumber utama kenikmatan bagi wanita.

  1. Bartholin atau kelenjar vestibular

Kelenjar ini terletak di kedua sisi lubang vagina dan menghasilkan lendir padat yang melumasi vagina saat berhubungan intim.

Baca Juga  Pengertian Jaringan Tumbuhan - Lengkap Dengan Struktur Beserta Gambar

 

sistem reproduksi wanita..
sistem reproduksi wanita..

 

Organ reproduksi wanita internal

Organ reproduksi wanita di dalam tubuh terletak di rongga panggul (pelvis). Ini termasuk:

  1. vagina

Organ ini terletak di antara bagian bawah rahim dan bagian luar tubuh. Vagina adalah bagian atau jalan keluar untuk kelahiran anak, serta titik masuknya penis saat berhubungan intim.

  1. Serviks atau leher rahim

Leher rahim adalah pintu masuk antara vagina dan rahim, yang memiliki bentuk jalan sempit. Lehernya fleksibel sehingga bisa meregang dan membuka jalan lahir saat melahirkan.

  1. Rahim atau uterus

Ini adalah organ berbentuk buah pir tempat janin berkembang.

  1. Ovarium (indung telur)

Organ ini adalah kelenjar kecil berbentuk oval yang terletak di kedua sisi rahim. Ovarium menghasilkan telur dan hormon utama, yaitu estrogen dan progesteron, dilepaskan ke dalam aliran darah.

  1. Saluran tuba atau tuba fallopi

Saluran tuba adalah saluran sempit yang menempel ke bagian atas rahim dan mengarah ke ovarium. Saluran ini adalah jejak telur dari ovarium ke rahim, serta tempat pembuahan sperma.

  1. Kelenjar payudara dan susu

Payudara juga merupakan salah satu organ yang terlibat dalam organ reproduksi wanita. Payudara terdiri dari kelenjar susu, kelenjar susu dan kelenjar lemak. dan jenis khusus kelenjar sudoriferous yang telah diubah untuk menghasilkan ASI untuk memberi makan bayi.

Kesimpulan

Seperti bagian tubuh lainnya, organ reproduksi wanita juga memainkan peran yang sangat penting. Oleh karena itu, sangat tepat bagi organ reproduksi wanita untuk dijaga kesehatannya untuk melindungi mereka dari berbagai gangguan, seperti infeksi atau cedera.

Merawat sistem reproduksi wanita bisa menjadi cara untuk melindungi diri sendiri, pasangan, dan bayi lama Anda dalam kandungan dari berbagai penyakit berbahaya. Mulai sekarang rawat sistem reproduksi wanita Anda dan pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda secara teratur.

Baca Juga  Daur Hidup Katak

Itulah sederet penjelasan tentang Sistem Reproduksi Wanita dan berbagai fungsinya yang sudah kami jelaskan secara detail dengan sajian bahasa dan susunan kata yang telah kami rangkum dan kami tulis dengan alur kalimat yang mudah difahami oleh kalian para pembaca.

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa dalam urusan merawat kesehatan tubuh tidak hanya terfokus ke satu titik organ tubuh saja, melainkan kita harus konsisten merawat semua bagian organ tubuh kita dengan cara menjalani pola hidup yang sehat dan rutin berolah raga dalam setiap harinya  agar tubuh senantiasa terlindungi ari serangan berbagai penyakit yang bisa datang kapan saja.

Terus ikuti artikel kami yang lainnya tentu saja yang lebih menarik dengan beragam informasi dari banyak ilmu pengetahuan yang kami tulis dengan maksud berbagi dengan para pembaca, harapan kami ini dapat memberi manfaat dan terima kasih.

 

Artikel Lainnya :