Router : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Posted on

Router : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan Router? Saat ini, sudah banyak sekali orang yang sudah mengetahuinya bahkan telah menggunakannya. Namun, bagi Anda yang belum mengetahuinya, silahkan simak terus artikel dibawah ini hingga tuntas.

Pengertian Router

Yang dimaksud dengan router adalah perangkat keras dalam jaringan komputer yang bekerja dalam teknologi untuk menghubungkan jaringan, baik pada jaringan yang sama maupun pada jaringan yang berbeda.

Selain itu, terdapat juga suatu pernyataan bahwa router merupakan perangkat keras (hardware) jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui jaringan atau Internet dari satu perangkat komputer ke perangkat lainnya, di mana prosesnya disebut dengan routing.

Setiap router memiliki fitur Dynamic Host Configuration Procotol (DHCP) yang dapat dikonfigurasi untuk mengalokasikan alamat IP. Router juga memiliki NAT (Network Address Translator) yaitu sebuah fungsi yang dapat berbagi alamat IP maupun koneksi Internet dengan alamat IP yang lain.

Fungsi Router

Fungsi utama router adalah untuk mengalokasikan atau berbagi alamat IP, dalam bentuk DHCP statis sebagai protokol konfigurasi host dinamis untuk semua komputer yang terhubung ke router. Dengan alamat IP unik yang dibagi router dengan setiap komputer, setiap komputer dapat terhubung dan berkomunikasi baik di LAN maupun di Internet.

Saat ini, router lebih lembut dan lebih modern. Untuk mendistribusikan alamat IP ke setiap komputer dalam jaringan, fungsi router tidak hanya dapat terhubung ke koneksi kabel LAN, tetapi juga bisa melalui teknologi nirkabel. Dengan demikian, router sekarang dapat dihubungkan ke komputer, laptop, perangkat, smartphone apa saja dalam jangkauan router. Cukup menggunakan gelombang radio yang ditransmisikan oleh router.

Baca Juga  Hotspot : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis & Tips Menggunakannya

Jenis Router

Dibawah ini adalah beberapa jenis ruouter, diantaranya adalah :

Jenis Router Berdasarkan Pengaplikasiannya

Aplikasi yang dapat diinstal oleh para pengguna dalam sistem operasi komputer agar sistem operasi komputer berfungsi sebagai router disebut dengan Router Aplikasi. Beberapa aplikasi termasuk:

  • Winroute
  • SpyGate
  • WinProxy
  • Wingate

Router Hardware adalah hardware yang memiliki kemampuan router. Dengan kemampuan ini, peralatan ini bisa digunakan;

  • Membagi jaringan Internet pada suatu area, seperti halnya router sebagai titik akses, Area Hot Spot merupakan area yang menerima alamat IP dan koneksi Internet tersebut.
  • Membagi IP address (Alamat IP)

Komputer yang memiliki spesifikasi tinggi yang disesuaikan untuk bertindak sebagai router disebut dengan Router PC. Berbagai persyaratan minimum yang ditemukan pada komputer yaitu :

  • Ada LAN Card.
  • Prosesor Pentium II dengan 64 RAM dan 10 GB hard drive.
  • Sistem operasi Router PC khusus yaitu Mikrotik.

Jenis Router Berdasarkan mekanisme

Router Wireless, router yang bisa / dapat beroperasi tanpa kabel karena hanya memerlukan kiriman paket data di media udara.
Dynamic Router (router dinamis) merupakan router yang mempunyai tabel routing dinamis hingga mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga berinteraksi dengan router yang lain.
Static Router (router statis) merupakan router yang mempunyai tabel routing statis yang telah ditetapkan oleh administrator jaringan Anda secara manual.

Cara Kerja Router

Router bekerja dengan routing paket ke data. Dengan cara ini, router dapat mengetahui jalur data yang menuntun Anda, baik di jaringan yang sama atau sebaliknya.

Jika suatu informasi Tujuan menunjuk ke jaringan yang beda, router secara otomatis akan mentransfer ke jaringan. Begitu sebaliknya, jika paket tujuan berada di jaringan yang sama, router akan menghalangi paket keluar dan meneruskan paket dengan routing pada jaringan yang sama hingga dikirim pada tujuannya tersebut.

Baca Juga  Blog : Pengertian, Fungsi, Sejarah, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Beberapa informasi mengenai router bisa Anda ketahui. Semoga artikel yang kami bagikan ini dapat menambah wawasan Anda serta bermanfaat, terimakasih!

Artikel Lainnya :