Repeater : Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, Kelebihan & Kekurangannya

Posted on

Repeater : Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, Kelebihan & Kekurangannya

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan repeater? Nah, jika Anda belum menegtahuinya, maka disini kami akan menjelaskan tentang pengertian, fungsi, jenis, cara kerja, serta kekurangan & kelebihan repeater. Oleh karena itu, silahkan simak artikel dibawah ini hingga tuntas.

Pengertian Repeater

Perangkat jaringan yang digunakan untuk memperkuat sinyal data dan memperluas jangkauan sinyal disebut dengan repeater. Perangkat ini telah banyak digunakan dalam sistem jaringan dengan area yang begitu jauh dan juga luas. Dengan menggunakan repeater ini, maka kualitas data yang akan dikirimkan dari satu node sama saja dengan kualitas data yang diterima oleh node yang lainnya.

Terdapat berbagai macam jenis pada perangkat ini dan tentu saja cara menggunakannya sangat sesuai dengan kebutuhan, misalnya saja pada repeater radio yang digunakan untuk memperkuat sinyal wifi yang ditransmisikan oleh perangkat akses poin. Ada juga repeater kabel yang digunakan untuk memperkuat sinyal data yang dikirimkan oleh kabel jaringan.

Fungsi Repeater

Fitur dari repeater itu sendiri yaitu untuk memperluas jangkauan jaringan Wi-Fi. Perangkat keras repeater diprogram untuk menerima sinyal wifi dari pemancar yang akan dikirim lalu diperkuat. Ketika sinyal dikonfirmasi, repeater mendistribusikan kembali sinyal hingga jangkauan wifi akan semakin luas.

Jenis Repeater

Optical Communications Repeater

Jenis repeater yang dirancang untuk meningkatkan jangkauan sinyal kabel serat optik. Dalam repeater jenis ini, kabel serat optik berisi informasi digital fisik berbentuk sebagai light pulses (pulsa cahaya) yang terbuat dari foton yang dapat didistribusikan secara acak dalam kabel serat optik disebut dengan optical communications repeater.

Baca Juga  HUB : Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, Kelebihan & Kekurangannya

Telephone Repeater

Jenis repeater yang dipasangkan di saluran telepon menggunakan sinyal yang akan terdegradasi karena jarak yang begitu jauh dapat memungkinkan sinyal yang diterima bagi para pengguna telepon akan semakin jelas disebut sebagai telephone repeater.

Radio Repeater

Jenis repeater yang mempunyai fungsi untuk memperkuat sinyal radio disebut sebagai radio repeater.

Jenis repeater seperti ini bisa mengubah frekuensi sinyal yang bisa diterimanya sebelum kembali dikirim. Sinyal yang dikirim melalui sinyal repeater ini mampu menembus target pemblokiran.

Cara Kerja Repeater

Salah satu fitur dari repeater itu sendiri adalah untuk memperluas suatu jangkauan jaringan wifi. Hal seperti ini dapat dilakukan dengan menerima sinyal data, lalu mengirimkannya kembali. Sebelum pengiriman ulang, sinyal tersebut diumpankan ke repeater, yang pertama kali diperkuat oleh dua komponen dasar yang bertanggung jawab untuk menerima data sinyal dari pemancar dan yang kedua untuk mentransmisikan kembali data sinyal.

Ketika sudah menerima informasi sinyal dari pemancar, maka repeater dapat mengubah frekuensi sehingga kegunaan sinyal data yang dikirim dapat ditingkatkan lagi. Karena alasan ini, sinyal diperkuat dan lebih luas.

Dengan proses yang demikian, repeater yang seringkali digunakan mempunyai dua sistem. Sistem repeater jaringan disebut sebagai repeater analog dan juga repeater digital. Yang dimaksud dengan repeater analog adalah sistem repeater yang mengirimkan sinyal data yang berbentuk data analog. Repeater analog mengkonsumsi listrik tergantung dengan besaran atau pun amplitudo sinyal yang dikirim.

Berbeda lagi dengan repeater digital yaitu untuk mengirimkan sinyal data dalam format digital. Data tersebut dikirim dalam format binary dengan diwakili oleh angka 1 dan 0 serta proses tambahan.

Kelebihan dan Kekurangan Repeater

Kelebihan :

  • Repeater beroperasi pada sinyal fisik yang benar, jadi jangan mencoba menginterpretasikan data yang dikirim.
  • Dapat menguatkan sinyal.
  • Repeater bekerja pada lapisan pertama, lpisan fisik dan jyuga model OSI.
  • Perangkat analog bisa memperkuat sinyal input yang terlepas dari alam (analog atau digital).
Baca Juga  Switch : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Kekurangannya :

  • Memperpanjang jarak fisik perangkat jaringan.
  • Tembaga untuk serat.
  • Repeater harus disetel tinggi.

Itulah beberapa informasi tentang repeater yang dapat Anda ketahui. Semoga artikel yang kami bagikan ini bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan pengetahuan Anda, terimakasih!

Artikel Lainnya :

Hotspot : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis & Tips Menggunakannya

Cara Membobol Password WIFI Tanpa Aplikasi dengan Mudah

Bios – Pengertian, Fungsi, Komponen dan Jenisnya