RAM – Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Posted on

RAM – Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

 

ram
ram

 

Bagi anda yang suka otak atik komputer, kata RAM tidak asing lagi didengar. RAM merupakan bagian penting dari komputer, karena RAM digunakan untuk mempercepat proses kinerja suatu komputer atau labtop maupun Hp. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu RAM, mari simak penjelasannya dibawah ini.

 

Pengertian RAM (Random Access Memory)

RAM atau Random Access Memory yaitu salah satu perangkat komputer atau labtop atau gadget yang bisa mengakses memory secara acak dan cepat serta sebagai media penyimpanan data sementara.

RAM bersifat Volatile atau membutuhkan aliran listrik, dimana RAM akan berkerja jika komputer dalam keadaan hidup. Dan jika komputer di non aktifkan atau aliran listrik dimatikan maka data di dalam RAM akan menghilang.

 

ram2
ram2

 

Fungsi RAM (Random Access Memory)

Fungsi RAM pada komputer atau labtop atau gadget sebagai berikut :

  1. Membaca Data

Banyaknya data atau informasi yang tersimpan didalam harddisk akan membutuhkan waktu yang lama untuk menemukannya terutama jika data mengalami fragmentasi. Untuk itu diperlukan peran serta RAM supaya mempercepat proses saat membuka data atau membaca data. Dengan cara saat file data atau informasi di buka , data akan dibaca serta disimpan dalam RAM sementara sehingga data bisa lebih cepat di akses saat progam masih jalan dan komputer dalam keadaan belum di matikan.

      2. Penyimpanan Sementara

Ram berfungsi sebagai media atau tempat penyimpanan data atau informasi sementara, saat komputer dalam keadaan dijalankan. Karena bersifat sementara maka data atau informasi harus di simpan secara permanen untuk mencegah kerusakan atau data hilang jika terjadi listrik padam atau listrik tidak stabil.

Baca Juga  Jaringan Komputer - Pengertian, Jenis dan manfaatnya

 

Jenis – Jenis RAM (Random Access Memory)

Jenis – Jenis RAM (Random Access Memory)

Jenis – jenis RAM mempunyai dua kelompok yaitu RAM berbasis chip dan RAM berbasis card. Untuk penjelasannya sebagai berikut.

RAM Berbasis Chip

RAM berbasis chip terdiri dari berbagai jenis yaitu :

  1. SRAM atau Statis Random Access Memory yaitu jenis RAM ini dipakai untuk membantu kecepatan proses penyimpanan data dan tidak memerlukan refresh dari CPU. Jenis RAM ini memiliki kecepatan lebih tinggdi dari jenis DRAM dan SDRAM serta proses pembuatannya enggunakan teknologi CMOS.
  2. DRAM atau Dynamik Random Access Memory yaitu jenis RAM ini bersifat volatile atau memerlukan arus daya listrik dalam kecepatan proses computer dan memerlukan refresh dalam proses operasinya sehinnga datanya tidak hilang. Jenis RAM ini dalam proses pembuatannya menggunakan teknologi DMOS atau double diffuse MOS.
  3.  NVRAM atau Non Volatile Random Access Memory yaitu jenis RAM yang mempunyai catu daya listrik sendiri melalui sebuah baterai mini sehingga RAM ini dalam proses menyimpan data bisa dilakukan walaupun komputer dimatikan.
  4. FRAM atau Ferro Electric Random Access Memory yaitu jenis Ram yang tidak memerlukan catu daya listrik atau baterai mini karena sudah menggunakan daya medan magnet.

RAM Berbasis Card

RAM berbasis card terdiri dari berbagai jenis yaitu :

  1. EDO RAM atau Extended Data Output Ram yaitu  jenis RAM ini biasa digunakan pada system perangkat menggunakan OS Pentium dan dalam proses penyimpanan data maupun mengambil data dalam waktu bersamaa.  Untuk jenis prosesor jenis Pentium pertama dengan kapasitas memory 8 MB sampai dengan 16 Mb dengan standar PC 66/100.
  2. SD Ram atau Synchronous Dynamic RAM yaitu jenis Ram ini adalah kelanjutan dari DRAM tetapi telah disinkronisasi oleh clock system sehinnga proses kecepatannya lebih tinggi dari DRAM. Jenis RAM ini biasa digunakan pada Pentium 1,2, 3 dengan standar PC 66/PC 100?PC 133.
  3. DDR RAM atau Double Data Rate RAM yaitu jenis RAM ini adalah kelanjutan dari SDRAM  serta lanjutan generasi terbarunya yaitu DDR2 dan DDR3 serta akan terus berlanjut sesuai kebutuhan. Biasa digunakan pada Pentium 4 dengan standar PC 1600/2100/2700/3200 dengan tawaran clock 400 MHZ.
  4. RDRAM atau Rambus Dynamic RAM yaitu jenis RAM ini dalam kecepatan prosesnya lebih cepat dan lebih mahal dari SDRAM dan biasa digunakan pada Pentium 4.
  5. DDR Dual Channel RAM  yaitu jenis RAM ini  mempunyai teknologi yang sama dengan RDRAM yaitu memerlukan system dual channel dengan memasang dua keeping modul memory dengan kecepatan dan kapasitas yang sama dengan standar PC 2700/3200/4000 dengan tawaran clock 500 sampai dengan 800 MHZ.
  6. Twister DDR dual Channel Ram yaitu jenis RAM ini mempunyai tipe twinx/twinmatch/twister/kode CMX yang memberi tanda bahwa memory dapat digunakan pada dua channel mainboard.
  7. SODIMM RAM yaitu jenis Ram yang biasa digunakan pada server maupun notebook.
Baca Juga  Bahasa Pemrograman - Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contohnya

 

Demikianlah pembahasan tentang pengertian RAM, Fungsi RAM dan Jenis – Jenis RAM. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih atas kunjungannya. Salam manis dari penulis.

Artikel lainnya :