pengertian wawancara
pengertian wawancara

Pengertian Wawancara

Posted on

Pengertian Wawancara

 

pengertian wawancara
pengertian wawancara

 

Mungkin dari sebagian kalian sudah sangat familiar dengan istilah wawancara ini, apalagi jika diantara kalian ada yang berprofesi sebagai seorang Wartawan tentu hal ini bukan merupakan sesuatu yang asing bahkan mungkin hampir setiap hari kerja seorang Wartawan melakukan kegiatan Wawancara sebagai bagian dari pekerjaan nya.

Namun apakah kalian tahu jika kegiatan Wawancara sebenarnya tidak hanya dilakukan oleh seseorang yang berprofesi sebagai Wartawan saja, tetapi dalam berbagai kepentingan misalnya dalam hal penyaringan untuk tujuan tetentu Wawancara juga kerap dilakukan.

Contohnya jika seseorang yang sedang melamar pekerjaan dan ada kemungkinan untuk diterima dalam pekerjaannya maka pihak penerima sebelum menentukan akan dilkukan wawancara terlebih dahulu terhadap calon pekerja tersebut dengan tujuan yang jelas untuk mengetahui motovasi dari calon pekerja tersebut tadi.

Deskripsi

Wawancara adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh dua orang atau beberapa orang yang berisi pertanyaan dan jawaban secara lisan dengan maksud atau tujuan mendapatkan informasi tertentu terkait semua hal baik yang belum, sudah, sedang atau bahkan akan terjadi.

Namun Pengertian Wawancara kemudian mempunyai pandangan yang berbeda beda jika dilihat dari penilaian beberapa ahli, berikut adalah pengertian Wawancara dengan versin para ahli :

Baca Juga  E-Book : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Formatnya

Wawancara Menurut Para Ahli

1. Menurut Lexy J. Moleong

Wawancara adalah sebuah percakapan dengnan maksud tertentu dengan responden yang berhadapan secara langsung guna mendapat informasi dalam penjelasan masalah penelitian.

2. Menurut Charles Stewart Dan W.B Cash

Wawancara adalah sebuah proses interaksi antara beberapa orang dengan maksud dan tujuan yang serius dan bertukar prilaku yang melibatkan Tanya jawab.

3. Menurut Denzig

Wawancara adalah sebuah kegiatan yang terpandu oleh rekaman bicara atau tatap muka yang mana dalam hal itu seseorang mendapatkan berbagai informasi yang bersumber dari orang lain.

4. Menurut Robert Kahn Dan Channel

Wawancara adalah sebuah pola yang khusus dalam sebuah interaksi berdasarkan lisan dengan tujuan yang terfokus di wilayah spesifik dengan proses eliminasi dari sesuatu yang tak berhubungan secara berkelanjutan.

5. Menurut Koentjaraningrat

Wawancara adalah sebuah cara yang digunakan demi tugas atau pekerjaan tertentu, yang mencoba menggali informasi  secara lisan responden guna berbicara dengan bertatap muka.

6. Menurut Sugiyono

Wawancara adalah sebuah tehnik untuk mengumpulkan data dengan terstruktur atau pun tidak terstruktur yang bisa dilakukan dengan bertatap muka atau pun menggunakan media yang lain ( Telpon dsb ).

7. Menurut Arikunto

Wawancara adalah sebuah dialog yang kemudian dilakukan seorang Pewawancara guna mendapat data atau informasi dari orang yang diwawancarai.

 

pengertian wawancara.
pengertian wawancara.

 

Guna Wawancara

Jika dilihat secara menyeluruh bahwa Wawancara ini mempunyai fungsi dan guna yang jelas untuk menggali dan mendapatkan informasi dari narasumber, berikut ini informasi lengkap menggenai fungsi dan guna wawancara :

  1. Menghindari Informasi yang salah
  2. Data wawancara merupakan pelengkap data / informasi
  3. Mendapatkan informasi secara akurat, jujur, komprehensif dan mendalam
  4. Memperoleh informasi yang berimbang dan objektif
  5. Menggali adanya kemungkinan perspektif baru dari masalah
Baca Juga  Perjanjian Renville - Latar Belakang, Isi, Tokoh, Tujuan dan Dampaknya

Maksud Wawancara

Berikut ialah berbagai tujuan dari Wawancara :

  1. Guna menggali atau mendapatkan info / data dari narasumber pertama
  2. Guna melengkapi info / data yang telah dikumpulkan secara tehnik pengumpulan info atau lainnya
  3. Guna mendapat Konfirmasi atau persetujuan dengan cara menguji dari hasil kumpulnya data lain

Macam Macam Wawancara

Apabila kita melihat ari keseluruhan sis pelaksanaanya maka wawancara dapat dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain :

1. Wawancara Yang Terpimpin

Adalah wawancara yang Pewawancara telah mempunyai deretan atau daftar pertanyaan lengkap dan rinci dan kemudian diajukan terhadap Sumber atau Narasumber

2. Wawancara Yang Terpimpin Bebas

Adalah wawancara yang Pewawancara telah melakukan kombinasi atau mencampurkan antara Wawancara Terpimpin dan Wawancara Bebas yang pelaksanaanya disesuaikan dengan bahan yang akan dibahas

3. Wawancara Yang Bebas

Adalah Wawancara yang Pewawancara bebas mengajukan berbagai pertanyaan terhadap narasumber, akan tetapi tetap memperhatikan aturan atau kaidah dalam pertanyaan yang terkait dengan informasi yang diperlukan.

 

pengertian wawancara..
pengertian wawancara..

 

Karakter Pewawancara

  1. Ramah, seorang pewawancara harus bersikap ramah terhadap sumber dan bisa membuat suasana yang dapat menarik minat dari responden
  2. Netral, tentu saja seorang pewawancara harus bersikap netral dlam mengajukan pertanyaan terkait informasi yang diperlukan
  3. Adil, sikap adil juga harus dimiliki oleh seorang pewawancara saat melakukan kegiatan dengan menghormati keadaan dari narasumber
  4. Menghindari Suasana Tegang, hal ini dapat dihindari oleh seorang pewawancara dengan cara mengajukan pertanyaan yang sesuai dengan arah dan informasi yang digali.

Itulah berbagai ulasan mengenai Pengertian Wawancara yang telah kami infokan pada kalian semua dan semoga ini dapat menjadi acuan bagi kalian kedepan apabila kalian menemukan persoalan terkait dengan hal yang dibahas pada tulisan kami kali ini, semoga ini dapat bermanfaat dan sukses selalu untuk kalian semua.

Baca Juga  Pencemaran Air : Pengertian, Penyebab, Dampak & Contohnya

 

Artikel Lainnya :