Pencemaran Air : Pengertian, Penyebab, Dampak & Contohnya

Posted on

 

Pencemaran Air : Pengertian, Penyebab, Dampak & Contohnya

Air adalah sumber kehidupan. Air juga memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan. Ini karena hampir semua bagian tubuh manusia adalah air. Selain itu, air digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti mencuci pakaian dan peralatan dapur, mandi dan untuk pengairan dll.

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan artikel mengenai pencemaran air yang meliputi pengertian, penyebab, dampak beserta contohnya. Silahkan simak terus artikel dibawah ini.

Pengertian Pencemaran Air

Yang dimaksud dengan pencemaran air merupakan masuknya sebuah energi, kompone atau zat tertentu ke dalam air oleh aktivitas manusia. Hingga menyebabkan kualitas air turun pada tingkat tertentu dan tidak dapat digunakan sesuai dengan peruntukannya.

Terjadinya pencemaran air biasanya di hulu sungai, lautan dan juga danau. Biasanya, limbah pabrik dan juga sampah rumah tangga yang sengaja di buang pada wilayah perairan itulah yang menjadi sumber pencemaran air.

Sifat-sifat air yang tercemar tercermin dalam warna, bau dan rasa. Itu juga dapat diukur untuk oksigen dan jumlah mikroorganisme di dalam air. Diperlukan studi lebih lanjut untuk mengukur pencemaran air yang berkelanjutan.

Penyebab Pencemaran Air

Adapun penyebab pencemaran air, antara lain yaitu :

Sampah organik dan anorganik

Salah satu penyebab pencemaran air yaitu sampah organik dan anorganik. Ini karena banyak limbah dibuang ke sungai. Konsekuensinya adalah air sungai terkontaminasi.

Limbah industri

Salah satu contoh penyebab utama pencemaran lingkungan yaitu limbah industri. Apabila limbah cair industri yang dibuang ke sungai atau pun laut tanpa diolah terlebih dahulu, maka bisa mencemari lingkungan perairan tersebut. Agar tidak membahayakan lingkunga disekitar, alangkah baiknya sebelum limbah dibuang maka diolah terlebih dahulu.

Baca Juga  E-Book : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Formatnya

Pertambangan

Penambangan batubara merupakan salah satu contohnya. Ini karena pembakaran batu bara melepaskan merkuri ke udara. Merkuri dapat kembali ke tanah dan dengan demikian mencemari air.

Bahan peledak untuk menangkap ikan

Ekosistem terumbu karang adalah salah satu contoh yang dicemari air laut serta bisa merusak ekosistem didalamnya karena bahan peledak tersebut. Ini juga membunuh ikan kecil dan besar dengan bahan peledak sehingga dapat mencegah regenerasi ikan.

Peternakan dan perikanan

Limbah hewan dan makanan dari hewan yang dilepaskan ke air sungai dapat memburuk. Oleh karena itu diperlukan sistem pengelolaan limbah.

Limbah pertanian

Sekam padi, jerami, ranting, sisa batang, buah busuk dll merupakan salah satu contoh dari limbah pertanian.

Tumpahan minyak di laut

Keseimbangan ekosistem di laut dapat dipengaruhi tumpahan minyak di laut. Tetapi minyak sering terjadi tumpahan di laut karena arus lalu lintas transportasi minyak yang cepat.

Deterjen

Deterjen adalah contoh limbah rumah tangga. Oleh karena itu, limbah harus diolah dengan benar untuk mencegah kontaminasi air dari lingkungan sekitarnya.

Perusakan hutan

Perusakan hutan juga dapat menyebabkan polusi air karena jika banyak pohon ditebang, tidak ada yang bisa mengikat air ke tanah. Ini mempengaruhi pembentukan erosi tanah.

Dampak Pencemaran Air

Pencemaran air dapat memiliki banyak kerugian dan efek. Efek negatif dari pencemaran air berbahaya bagi manusia, kondisi kehidupan dan lingkungan.

  • Itu dapat menyebabkan banjir, bahkan banjir misterius dapat terjadi.
  • Akan berakibat erosi.
  • Sumber daya air semakin berkurang.
  • Air yang terkontaminasi, air kotor bisa menjadi berbagai penyakit.
  • Dapat menyebabkan tanah longsor.
  • Ekosistem sungai mungkin terganggu.
  • Tanah tidak lagi subur, meskipun subur, kesuburan jauh lebih berkurang
  • Seorang nelayan bahkan menjadi rugi besar, karena ikan yang ditangkap tercemari, kualitasnya tidak baik, dan air laut terkontaminasi oleh bahan peledak.
Baca Juga  Pengertian UMKM

Contoh Pencemaran Air

Jika Anda bertanya apa sajakah contoh pencemaran air? Berikut ini adalah contoh pencemaran lingkungan di sekitar kita dalam bentuk zat yang hanyalah sumber pencemaran air.

  • Bahan kimia organik seperti plastik, bensin, pestisida, minyak, deterjen.
  • Agen infeksi seperti virus, bakteri, parasit.
  • Pencemar anorganik seperti logam, asam dan basa.
  • Zat radioaktif seperti thorium, uranium, iodine, radon, cesium.
  • Sedimen seperti tanah, lumpur, kerikil.
  • Unsur hara atau nutrisi, misalnya nitrat, fosfat, amonium.
  • Zat pengikat oksigen seperti residu tanaman dan pupuk kandang.

Itulah beberapa informasi tentang pencemaran air yang dapat Anda ketahui. Semoga kita selalu menjaga lingkungan disekitar dengan sebaik-baiknya dan semoga bermanfaat, terimakasih!

Artikel Lainnya :