Pemrograman – Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Posted on

Pemrograman – Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Kemajuan teknologi sampai saat ini telah membantu banyak pekerjaan bagi semua orang hampir di seluruh dunia. Ini terbukti dalam banyak jenis pekerjaan yang menggunakan teknologi untuk mempercepat dan meningkatkan pekerjaan.

Biasanya dalam konteks pelaksanaan pekerjaan saat menggunakan teknologi, sebuah program dirancang dan dibuat untuk memecahkan dan membantu masalah supaya lebih cepat teratasi dan juga terselesaikan.

Suatu program dibuat oleh seseorang yang benar-benar ahli di bidangnya, yang menjadikan program tersebut menjadi bahasa pemrograman khusus yaitu adalah seorang programmer. Apa yang bisa dilakukan oleh bahasa pemrograman untuk memenuhi kebutuhan Anda. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang pemrograman, silahkan simak terus artikel dibawah ini.

Pengertian Pemrograman

Tahukah Anda bahwa sebuah proses pengujian, penulisan serta koreksi (debug) dan juga pemeliharaan kode yang bisa membangun sebuah program komputer adalah pemograman. Tujuan pemrograman adalah mengunduh program yang dapat melakukan perhitungan sesuai dengan keinginan program “pekerjaan” (programmer).

Pengertian Pemrograman adalah kumpulan urutan perintah bagi komputer untuk melakukan sesuatu yang menggunakan bahasa yang dimengerti komputer atau disebut bahasa pemrograman.

Konsep pemrograman dasar biasanya IPO (Input Process Output), diikuti oleh pengembangan:

Input

Langkah ini untuk memasukkan data ke dalam proses komputer melalui perangkat input.

Proses

Langkah ini adalah proses pengolahan data dalam bentuk proses data untuk menghitung perbandingan, pengurutan, kategorisasi, pelacakan, dan pencarian gudang.

Output

Langkah ini adalah proses menghasilkan keluaran dari pemrosesan data ke perangkat cetak dalam bentuk informasi (monitor, speaker, dll.)

Baca Juga  Cara Sharing Printer melalui jaringan LAN dan Wifi

Fungsi Pemrograman

Fungsi dasar bahasa pemrograman adalah untuk memungkinkan komputer memproses data sesuai dengan jalur sistematis yang dibuat oleh penerjemah. Selain itu, pemrograman dapat membuat mesin lebih mudah digunakan untuk mengurangi pekerjaan manusia.

Bahasa pemrograman dihasilkan oleh proses yang agak rumit. Mulai dengan persiapan, pengujian, analisis, penyesuaian, pengoptimalan. Kode sumber dikompilasi, kemudian dikonversi ke kode mesin dan kemudian diterjemahkan oleh prosesor sebagai perintah.

Bahasa pemrograman dapat digunakan untuk membuat program sebagai perangkat lunak, dan juga dapat menjadi perintah untuk memulai perangkat komputer untuk melayani pengguna.

Jenis Pemrograman

Ada beberapa jenis pemograman, diantaranya yaitu :

Pemrograman sistem operasi

Pemrograman yang paling penting dari semua jenis pemrograman adalah jenis pemrograman pertama. Ini karena dengan pemrograman ini kita dapat menggunakan semua jenis program yang berjalan di PC.

Sistem operasi Windows merupakan salah satu pemrograman sistem operasi yang banyak digunakan di dunia dan sangat populer. Hal tersebutlah yang membuat vendor teknologi pc di dunia banyak menggunakan windows.

Selain Windows, salah satu pemrograman sistem operasi yang paling populer dan banyak digunakan yaitu Linux. Linux tersebut dibangun dalam bahasa pemrograman C. Ini mungkin dikenal karena Linux adalah open source (siapa pun dapat membaca source code nya).

Pemrograman Aplikasi

Untuk membangun sebuah aplikasi, maka dapat menggunakan bahasa pemrograman seperti Visual Basic, VISUAL FOXPRO, Delphi, Java, C/++/C# dan Python. Aplikasi yang dihasilkan berkisar dari editor teks, penampil gambar, pemutar VCD hingga aplikasi kantor untuk pemrosesan gambar, pemrosesan foto, pemrosesan data dan banyak lagi.

Pemrograman Web

Tentu saja, kita semua memiliki akses ke situs web. Ada banyak situs web bagus dan menarik yang tersedia. Dan, tentu saja, semua ini dibangun dalam bahasa pemrograman yang dibuat untuk desain situs web.

Baca Juga  Cara Membobol Password WIFI Tanpa Aplikasi dengan Mudah

Pada dasarnya pemrograman web digunakan untuk merancang situs web yang interaktif dan juga dinamis. Situs web ini dibangun dalam HTML dan perlu ditekankan bahwa HTML bukan bahasa pemrograman, tanda HTML (teks) dalam teks sehingga menghasilkan format tertentu ketika dibaca melalui browser. Karena itu, HTML hanya statis.

Pemrograman web dirancang untuk memungkinkan hasil HTML dimodifikasi sehingga tidak lagi statis tetapi dinamis. Untuk pemrograman web, maka bahasa pemrograman yang digunakan adalah JSP, VBScript, ASP, PHP dan Java Script.

Pemrograman Game

Pemrograman yang paling kompleks adalah pemrograman game. Game perlu mempunyai beberapa konsep cerita yang menarik dan jelas sebelum mengembangkannya. Kemudian pemrograman game tersebut juga perlu menggabungkan seluruh API(Aplication Programing Interface) dan juga pustaka pustaka yang ada.

Untuk bahasa pemrograman yang paling populer bagi pemrograman game yaitu java, C++, dan C. Bagi pemrograman game, maka untuk mendukung bahasa tersebut dibutuhkan sifat orientasi objek dan compiler. Namun, bukan berarti jika bahasa pemrograman yang lainnya tidak mempunyai tempat. Apabila game sederhana yang dibuatnya, maka bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk game yaitu seperti Visual Basic.

Itulah beberapa informasi tentang pemrograman yang dapat Anda ketahui. Semoga bermanfaat serta menambah ilmu wawasan Anda mengenai pemrograman, terimakasih!

Artikel Lainnya :