Niat Mandi Junub

Posted on

Niat Mandi Junub

Semua umat Muslim, jika mereka akan melakukan shalat wajib lima waktu ataupun shalat Sunnah lainnya, maka harus dalam keadaan suci. Maksud dari suci disini yakni terbebasnya seseorang dari hadast kecil ataupun besar. Cara bersuci dari hadast besar yaitu diwajibkan untuk melakukan mandi wajib maupun mandi junub sedangkan cara bersuci untuk hadast kecil bisa dilakukan dengan cara berwudlu saja.

Saat Anda akan melakukan mandi junub, maka diharuskan untuk membaca niat mandi junub serta langkah-langkahnya yang benar secara berurutan supaya mandinya lebih sempurna. Keadaan yang mewajibkan untuk mandi junub, antara lain yaitu :

  • Karena orang kafir yang masuk Islam.
  • Keluarnya mani pada kaum pria.
  • Karena kematian seseorang.
  • Pertemuan kedua alat kelamin, bahkan jika air mani tidak keluar.
  • Ketika Anda menghentikan darah nifas dan menstruasi.

Jadi Mandi Junub adalah mandi yang dirancang untuk membersihkan diri Anda dari hadis besar dari salah satu situasi yang dijelaskan di atas. Setelah Anda mandi untuk kebutuhan Junub, Anda akan disucikan lagi dan dapat beribadah lagi.

Niat Mandi Junub

Adapun niat mandu junub seperti dibawah ini :

Apabila telah melakukan kewajibannya sebagai suami istri dalam memberikan nafkah batin oleh sang suami ke istrinya, maka memang menjadi kewajiban bagi setiap kaum muslim untuk selalu melakukan mandi junub.

Akan tetapi, selain itu mandi junub pun wajib dilakukan bagi kaum laki-laki yang tengah mengalami mimpi basah. Kasus-kasus seperti ini paling sering terjadi pada remaja yang masih di sekolah menengah (SMP) atau sekolah menengah atas (SMA), tetapi tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa pria dewasa pun dapat mengalaminya.

Baca Juga  HUB : Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, Kelebihan & Kekurangannya

Tujuan mandi Junub adalah untuk membersihkan diri dari hadast kecil dan besar, karena jika Anda belum melakukannya, itu masih dianggap kotor dan tidak dapat memenuhi komitmen Anda sebagai seorang Muslim.

Tata Cara Melakukan Mandi Wajib, Mandi Besar atau Mandi Junub

Jika Anda lupa tentang mandi wajib, di bawah ini adalah langkah-langkah yang harus Anda perhatikan jika Anda berencana untuk mandi wajib atau mandi junub, antara lain :

  1. Mulailah dengan membaca niat mandi wajib. Wajib hukumnya membaca niat di awal dan tentu mengharuskan untuk dilakukan sebelum akan mandi wajib. Niat tersebut merupakan jadinya suatu perbedaan antara mandi wajib dan juga mandi biasa. Untuk tata cara ini, hanya suara yang dapat digunakan maupun di dalam hati.
  2. Lalu cuci kedua tangan. Setelah hari Minggu, mencuci tangan dapat dilakukan hingga tiga kali, dengan tujuan menjaga tangan Anda benar-benar bersih dan mencegahnya menjadi kotor.
  3. Lakukan pembersihan tubuh dengan kebijaksanaan kiri. Biasanya bagian tubuh yang kotor adalah ketiak, alat kelamin, dubur dan sebagainya.
  4. Ulangi saat Anda mencuci tangan. Mencuci tangan beberapa kali digunakan untuk membersihkan alat kelamin, yaitu menggosok tangan di tanah, kemudian membilas atau menggunakan sabun dan kemudian membilasnya.
  5. Silahkan lakukan dengan tata cara wudlu seperti halnya akan berwudlu seperti biasanya saat akan melakukan sholat.
  6. Basahi kepala dengan air, bilas tiga kali sampai permukaan kulit dan bahkan rambut menjadi basah secara merata.
  7. Memisah–misah rambut dengan cara menyela-nyelanya, caranya yaitu dengan menyilangkan jari–jari tangan.
  8. Merendam seluruh tubuh. Basahi tubuh Anda secara merata dengan membilasnya dari kepala hingga kaki, yaitu pertama dari kanan dan kemudian ke kiri.
  9. Gunakan sabun dan juga shampo. Apabila tata cara diatas telah dilakukan, maka langkah berikutnya untuk mencuci ulang tubuh menggunakan sabun sudah diperbolehkan, selain itu juga bisa memberi shampoo pada rambut.
Baca Juga  Mandi Bersih Setelah Haid yang Benar

Itulah beberapa informasi tentang niat mandi junub yang dapat Anda ketahui. Semoga artikel yang kami bagikan ini bermanfaat bagi Anda dan juga bisa Anda jadikan sebagai salah satu referensi ketika Anda sedang mengalaminya, terimakasih!

wisatanabawi.com
moondoggiesmusic.com
news.detik.com

Artikel Lainnya :

Niat Mandi Taubat

Mandi Wajib – Pengertian, Niat, Tata Cara, Sunnah dan Penyebabnya

Doa Masuk Kamar Mandi Latin dan Artinya