motherboard
motherboard

Motherboard – Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Posted on

Motherboard – Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

motherboard
motherboard

Motherboard dapat dikatakan sebagai tulang belakang komputer. Pada saat Anda memisahkan isi komputer, maka disitu juga Anda akan menemukan berbagai macam komponen komputer yang melekat lebih tepat yaitu diatasnya sebuah papan sirkuit besar yang disebut dengan motherboard.

Kemudian, apa saja fungsi dari motherboard hingga dikatakan sebagai tulang belakang komputer? Dan apa saja jenis motherboard? Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai pengertian motherboard, fungsi dan juga jenis-jenisnya.

 

Pengertian Motherboard

Yang dimaksud dengan motherboard adalah papan sirkuit di mana berbagai macam komponen elektronik yang saling terhubung satu sama lain, seperti halnya PC ataupun Macintosh yang dapat disingkat menjadi mobo.

Saat ini, motherboard yang paling umum dan pertama kali dibuat sesuai dengan spesifikasi PC IBM yang Anda temui di pasaran adalah motherboard milik PC.

Selain itu, motherboard juga disebut dengan papan induk yang dapat diartikan sebagai suatu komponen utama dalam sebuah PC karena semua komponen PC disatukan atau dirakit pada motherboard tersebut. Motherboard memiliki bentuk sama seperti papan sirkuit elektronik. Motherboard adalah tempat di mana data berlalu lalang. Motherboard juga menghubungkan semua peralatan komputer serta bekerjasama samapai komputer tersebut berjalan dengan lancar.

 

Fungsi Motherboard

Pusat untuk menghubungkan satu perangkat keras pada perangkat keras lainnya merupakan fungsi utama dari sebuah motherboard. Seperti contoh misalnya motherboard memiliki fungsi untuk menghubungkan berbagai perangkat seperti harddisk, VGA, prosesor, printer, RAM, Power Supply dan masih banyak lagi lainnya.

 

Jenis Motherboard

Berikut ini adalah beberapa beberapa jenis motherboard, antara lain yaitu :

Baca Juga  Sistem Operasi - Sejarah, Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Motherboard AT (Advanced Technology)

Pada Agustus 1984, pertama kali yang diperkenalkan oleh IBM dan kemudian pada tahun1980-an banyak digunakan oleh banyak orang yaitu Motherboard AT. Ia memiliki ukuran yang cukup besar dengan ukuran 12 x 13,8 inci. Dengan memiliki ukuran yang sangat besar tersebug hingga tidak muat pada dektop yang berukuran mini.

Masalah lain dari sebuah motherboard AT yaitu sulitnya troubleshooting, instalasi (memasang), dan mengupgrade (memperbarui) karena jarak antara masing-masing komponen sangat berdekatan antara yang satu dengan yang lain.

Motherboard Baby AT merupakan versi lain dari motherboard AT yang berukuran lebih kecil yaitu 8,5 x 13 inci. Tetapi saat ini jenis motherboard AT / Baby AT telah digantikan oleh motherboard yang lebih baru seperti ATX sehingga sangat jarang untuk digunakan lagi.

ATX (Advanced Technology Extended)

Jenis motherboard yang dikembangkan oleh Intel pada pertengahan tahun 1990-an yaitu Motherboard ATX. Selain itu, merupakan peningkatan jenis motherboard sebelumnya yakni motherboard AT.

Micro-ATX

Micro-ATX sama persis dengan ATX, selain itu manfaatnya pun sama dan yang membedakan hanyalah ukuran motherboard yang lebih kecil. Untuk mendukung pada motherboard ini yaitu harus mengurangi jumlah slot I/O.

LPX (Low Profile Extended)

Setelah motherboard AT ditahun 1990-an, maka Moterhboard low profile extension diciptakan. Untuk mengurangi penggunaan space biaya serta ruangan, jenis motherboard ini dirancang untuk digunakan pada low profile maupun casing Slimline.

Hal tersebut memiliki tujuan untuk mengurangi ketinggian casing, karena biasanya tinggi casing pada sebuah komputer itu sendiri dipengaruhi kartu expansi. Dalam hal ini tidak disarankan bagi Anda karena dapat mempengaruhi sistem pendingin komputer.

BTX (Balanced Technology Extended)

Teknologi yang lebih baru lebih condong menggunakan daya yang lebih besar serta menghasilkan lebih banyak panas. Dengan begitu dikembangkanlah sebuah Motherboard BTX yaitu untuk menghindari atau mengurangi berbagai macam masalah yang muncul saat sedang menggunakan teknologi yang terbaru. BTX terpisah dari tipe ATX yang saat ini sedang populer sehingga tidak seperti jenis motherboard lainnya.

Baca Juga  Cara Membobol Password WIFI Tanpa Aplikasi dengan Mudah

Mini-ITX (Information Technology Extended)

Mini-ITX dirancang pada tahun 2001 oleh VIA Technologies. Motherboard Mini-ITX ini digunakan pada komputer yang memiliki ukuran dan bentuk kecil.Mini ITX adalah motherboard berdaya rendah yang memiliki ukuran kecil sebesar 17 x 17 cm.

Karena jenis motherboard yang seperti ini tidak menimbulkan panas yang berlebihan, sehingga dalam menggunakan konsumsi daya yang cukup rendah. Dalam hal ini tidak membutuhkan kipas yang memiliki ukuran besar.

Itulah beberapa informasi tentang Motherboard yang dapat Anda ketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menjadi referensi bagi Anda semua.

Artikel Lainnya :