Microsoft Word – Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Manfaatnya

Posted on

Microsoft Word – Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Manfaatnya

word
word

Perkembangan teknologi komputer telah mengalami kemajuan dan membuatnya lebih mudah bagi kita untuk melakukan berbagai hal dan juga untuk membuat dokumen. Sebelumnya, jika kita harus menggunakan mesin tik atau bahkan naskah untuk membuat dokumen, kita sekarang dapat menggunakan Microsoft Word untuk membuat dokumen lebih mudah. Selain membuat dokumen, kita dapat menggunakan Microsoft Word untuk menyimpan dokumen dalam bentuk file arsip di komputer dan banyak fungsi lainnya. Untuk lebih jelasnya, lihat penjelasan di bawah ini.

 

Pengertian Microsoft Word

Microsoft Word adalah program perangkat lunak atau software atau program pemrosesan data dalam bentuk huruf dan angka, yang sering digunakan untuk membuat dokumen atau masalah hal-hal tulis menulis dan juga merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office.

Microsoft Word adalah salah satu produk andalan Microsoft yang banyak digunakan oleh berbagai kelompok. Kehadirannya tentu sangat signifikan karena merupakan perubahan besar di era digital saat ini.

Microsoft Word yaitu perangkat lunak atau pengolah kata terbaik serta terpopuler di dunia. Selain itu, Microsoft Word juga tersedia untuk berbagai jenis sistem operasi. Aplikasi ini didistribusikan pada sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS, IOS dan Android. Akibatnya, popularitas Microsoft Word tetap bertahan, meskipun ada banyak aplikasi pengolah kata yang terus muncul.

 

ms.word
ms.word

 

Sejarah Microsoft Word

 Kami mulai dengan sejarah MS Word. Awalnya bernama MS Word “Multi-Tool Word” dan dikembangkan pada 1 Februari 1983. “Multi-Tool Word”  banyak mengambil konsep dari program “Bravos”. Bravos adalah salah satu program berbasis grafik PARC. Ini terjadi karena pengembang Bravo paling bertanggung jawab untuk pengembangan multi-alat Word.

Baca Juga  Microsoft Access - Pengertian, Sejarah, Fungsi Beserta Manfaatnya

Pada 25 Oktober 83, Microsoft secara resmi meluncurkan program Multi-Tool Word, yang menjalani proses pengembangan di mana namanya diubah menjadi Microsoft Word. Program MS Word pertama ini digunakan pada komputer PC IBM.

Pada awal program pertama MS Word, program serupa dijalankan oleh WordStar dan WordPerfect pada waktu itu. MS Word secara bertahap mengambil alih fungsi dari kedua program, karena MS Word menawarkan beberapa keuntungan, termasuk MS Word dengan konsep WYSIWYG “Apa yang kita lihat yaitu apa yang kita hasilkan”, artinya jika apa yang kita lihat pada layar Enter a match yang sama dengan apa yang kita lihat. muncul setelah mencetak di atas kertas.

Ini adalah sejarah singkat dari MS Word ketika pertama kali dikembangkan. Sejauh ini, versi terbaru dari MS Word adalah Word 2013. Banyak perubahan telah dibuat di Word 2013 yang membuatnya lebih mudah digunakan. Semakin lengkap fungsi dan semakin indah tampilan GUI.

 

Fungsi Microsoft Word

 Microsoft Word umumnya bertindak sebagai pengolah kata, yaitu untuk membuat, mengedit, dan memformat dokumen. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

  • Buat dokumen

Aplikasi Microsoft Word membuat dokumen yang dapat dicetak pada berbagai ukuran kertas.

  • Mengedit dokumen

Dengan aplikasi Microsoft Word, Anda dapat mengedit dokumen lain yang dibuat baik dari aplikasi Microsoft Word itu sendiri maupun dari aplikasi pengolah kata lainnya.

  • Memformat dokumen

Dengan Microsoft Word, pengguna dapat membuat lebih banyak dokumen profesional dalam berbagai format dokumen. Misalnya, ukuran kertas, font, warna font, catatan kaki, penomoran, persamaan matematika.

 

Manfaat Microsoft Word

 Manfaat Microsoft Word diantaranya sebagai berikut :

  • Minimalkan kesalahan tertulis

Aplikasi Microsoft Word tampaknya sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan. Salah satunya adalah meminimalkan kesalahan saat menulis sebelum dicetak. Bayangkan, jika Anda membuat dokumen dengan tangan dan terjadi kesalahan, Anda harus mengulanginya dari awal. Namun, dengan Microsoft Word, Anda hanya perlu mengedit bagian yang salah sebelum Anda dapat mencetaknya.

  • Hemat waktu dan energi
Baca Juga  Microsoft Excel - Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Manfaatnya

Dalam dunia kerja kita sering memiliki tugas mengirim surat yang sama ke beberapa alamat untuk tujuan yang berbeda. Jumlahnya tidak terbatas, bisa mencapai puluhan atau bahkan ratusan atau bahkan ribuan. Tentu saja ini menghabiskan energi dan juga waktu untuk itu. Namun, dengan Microsoft Word, Anda dapat menggunakan fitur gabungan surat, yang memungkinkan Anda mengirim surat yang sama ke beberapa tujuan berbeda.

  • Minimalkan penggunaan dan biaya kertas

Dengan aplikasi ini kita dapat menyimpan beberapa hal. Misalnya, ketika menggunakan kertas, karena kita tidak harus mencetak semua dokumen untuk pengarsipan. Kita dapat menyimpannya sebagai file arsip di komputer. Jika Anda ingin mencetaknya, Anda dapat membuka arsip file dan kemudian mengeditnya (jika ada revisi), maka cukup cetak. Tentu saja, ini dapat menurunkan biaya operasi perusahaan Anda.

 

Demikianlah penjelasan tentang pengertian microsoft word, sejarah microsoft word, fungsi microsoft word dan manfaat microsoft word. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih atas kunjungannya. Salam manis dari penulis.\

Artikel Lainnya :