outlook
outlook

Microsoft Outlook – Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Posted on

Microsoft Outlook – Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya

 

outlook
outlook

Mungkin bagi user perusahaan yang berhubungan dengan data untuk EVER istilah PIM (Personal Information Manager) sudah tidak asing lagi. Karena kehadiran aplikasi PIM ini sangat penting bagi mereka, yang berurusan dengan informasi harian, teknologi, dan internet. Salah satu aplikasi PIM yang dapat Anda terapkan ke ponsel cerdas Anda adalah Microsoft Outlook. Aplikasi Outlook sendiri mencoba menggabungkan semua fungsi manajemen informasi pribadi sehingga Anda sebagai pengguna jauh lebih fokus dan tentu saja tidak begitu rumit didalam penggunaannya.

Sebelum menginstal aplikasi, tentunya anda ingin mengetahui lebih dalam lagi dari kegunaan dan manfaat aplikasi tersebut untuk anda. Apa kah dapat membantu mempermudah pekerjaan anda atau malah sebaliknya memperlambat karena cara menggunakannya yang sangat rumit. Nah kali ini fokus pembahasan kita pada aplikasi Outlook yang merupakan aplikasi resmi Perusahaan Microsoft, yuk kita simak penjelasannya berikut ini :

 

Pengertian Microsoft Outlook

 

Microsoft Office Outlook yaitu aplikasi untuk mengelola informasi pribadi dari Microsoft Office Suite. Aplikasi ini biasanya dipakai untuk mengirim dan membaca email. Namun, aplikasi ini juga memiliki fitur seperti catatan, buku harian, perutean, dan kalender. Microsoft Outlook, dalam kombinasi dengan Microsoft Exchange Server, dapat menyediakan akses ke kotak surat bersama, kalender, dan jadwal.

Ada dua versi Outlook, yaitu Microsoft Outlook Express dan Microsoft Outlook. Microsoft Outlook Express merupakan versi kecil Outlook, pertama kali dirilis dengan Windows 98. Sedangkan , Microsoft Outlook dapat digunakan tidak hanya pada PC / komputer, tetapi pada semua perangkat Windows. Misalnya, di Outlook Mobile, yang dapat menghubungkan data Outlook ke telepon pintar, ada add-on tambahan yang dapat digunakan untuk menghubungkan Outlook ke Blackberry dan perangkat seluler lainnya.

Baca Juga  Inkscape – Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya

 

Fungsi Microsoft Outlook

Setiap aplikasi pastilah memiliki fungsi dan manfaat untuk user pengguna, tetapi tergantung dari tingkat kebutuhan dan pemahaman cara penggunaannya, berikut detail fungsi dari aplikasi microsoft outlook

 

Fungsi Microsoft Office Outlock memberikan manfaat sebagai aplikasi manajemen email

  1. Dapat membaca email secara offline atau jaringan Intranet
  2. Kirim email dengan cepat
  3. Cara paling aman untuk mengamankan email di PC
  4. Pengguna dapat membuat Rencana atau penjadwalan
  5. Cara Membuat dan Mengelola Buku Alamat atau address book sangat gampang dan mudah sekali

 

Kelebihan dari Microsoft Outlook sebagai berikut:

  1. Memiliki penampilan yang sederhana dan elegan
  2. Memiliki fungsi Undo untuk mengembalikan perintah yang baru saja dilaksanakan
  3. Dapat dihubungkan ke media sosial
  4. SkyDrive kapasitas 7 GB ditentukan
  5. Dapat mengedit dokumen Office secara langsung di SkyDrive
  6. Dapat memisahkan email yang masuk sesuai dengan kategori yang diinginkan
  7. Memiliki sistem pembersihan spam yang andal
  8. Dapat disinkronkan dengan smartphone
  9. Dapat digunakan untuk melakukan panggilan video menggunakan Skype

 

Cara Menggunakan Microsoft Outlook

Sebelum mulai, anda harus memiliki email. Segera buat email anda di outlook.com. Kemudian anda dapat membeli atau mengunduh aplikasi Microsoft Outlook. Instal aplikasi ini di komputer Anda, buka dan ikuti instruksi. Seandainya,  anda diminta masuk menggunakan email, maka masukkan akun email yang dibuat sebelumnya. Untuk masuk, Anda harus terhubung ke Internet.

 

Demikian pembahasan tentang pengertian, fungsi dan kegunaan ms outlook serta cara menggunakannya. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih atas kunjungannya. Salam manis dari penulis.

Artikel Lainnya :

Baca Juga  Adobe Photoshop - Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya