Microsoft Excel – Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Manfaatnya

Posted on

Microsoft Excel

 

4WinMobile.com – Microsoft Excel merupakan salah satu software paling sering digunakan untuk kalangan pekerja kantoran. Bahkan tidak jarang, keterampilan dalam menggunakan aplikasi ini dicantumkan sebagai salah satu syarat bagi pelamar kerja.

Di samping itu aplikasi ini menang sangat berguna dan sudah bisa digunakan dalam berbagai macam platform mulai dari windows computer, Android, Mac OS, dan platform lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang memahami Microsoft Excel, fungsi, dan berbagai manfaatnya, lihat di bawah ini.

 

Pengertian Microsoft Excel

Memahami Microsoft Excel adalah program atau aplikasi yang memproses data yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office untuk memproses angka menggunakan tabel baris dan kolom untuk menjalankan perintah.

Microsoft Excel telah menjadi perangkat lunak pemrosesan data atau angka terbaik di dunia, dan Microsoft Excel telah didistribusikan ke berbagai platform. Microsoft Excel selalu menggunakan spreadsheet untuk manajemen data dan melakukan fungsi Excel yang lebih dikenal sebagai rumus Excel. Excel adalah program spreadsheet elektronik.

Spreadsheet adalah kumpulan sel yang terdiri dari baris dan kolom di mana Anda memasukkan angka di Microsoft Excel. Nomor sel Microsoft Excel 2016 terdiri dari 1.048.576 baris dan 16.384 kolom atau 17.179.869.184 sel.

Aplikasi Microsoft Excel ini adalah pemroses data otomatis yang bisa dalam bentuk perhitungan dasar, penggunaan rumus, penggunaan fungsi, pembuatan grafik, pemrosesan data dan tabel, dan manajemen data.

Tetapi, saat mengguna kan fungsi, anda harus memahami pengertian fungsi dan logika nya excel dengan sangat baik. Karena menggunakan fitur ini secara tidak benar dapat menyebabkan kesalahan saat membaca data.

Jika Anda bekerja dalam pemrosesan angka, aplikasi Excel ini yang tepat untuk Anda. Tetapi tidak itu saja karena Excel memiliki banyak fitur dan fungsi yang bisa digunakan untuk hal lain.

Ada beberapa komponen di Microsoft Excel. Komponen-komponen berikut termasuk dalam aplikasi Microsoft Excel :

1.) Row heading, adalah penunjuk ke posisi baris di lembar kerja (worksheet).

2.) Coloum heading, menampilkan posisi kolom di lembar kerja.

3.) Formula bar, tempat formula (rumus) dan fungsi dapat ditulis di lembar kerja Excel.

Baca Juga  Microsoft Access - Pengertian, Sejarah, Fungsi Beserta Manfaatnya

4.) Cell pointer, menampilkan sel yang aktif.

 

Sejarah Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah program aplikasi desktop yang digunakan sebagai spreadsheet oleh Microsoft untuk sistem operasi Windows dan Mac OS. Sejauh ini. untuk versi terbaru microsoft excel adalah excel 2016, yang berisi fitur yang sangat lengkap.

Di masa lalu, sebelum Excel hadir di sistem operasi Windows, ada aplikasi untuk memproses nomor tabel yang pertama kali ada di MS DOS sebagai pengolah data. Lotus 1-2-3 dikembangkan oleh Lotus Software. Lotus 1-2-3 memiliki beberapa fungsi perhitungan, yaitu fungsi matematika, fungsi statistik, fungsi hiperbolik, fungsi ekonomi, fungsi logika, fungsi string dan fungsi tabel, yang lengkap pada waktu itu.

Namun, masih ada banyak kekurangan karena kebutuhan akan tipe data yang lebih besar dan lebih kompleks.

Karena Lotus 1-2-3 masih dianggap sangat buruk, Microsoft mengembangkan program spreadsheet yang disebut Multiplan pada tahun 1982, yang dianggap sebagai pelopor di Excel. Untuk Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh sekitar tahun 1985.

Excel versi 2.0 Lotus terlambat dalam program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun 1988, Excel perlahan-lahan menggeser kehadiran Lotus 1-2-3 ke pasar untuk spreadsheet.

Menjadikan Microsoft salah satu pengembang aplikasi perangkat lunak yang paling dapat diandalkan Kinerja ini telah menjadikan Microsoft pesaing kuat bagi Lotus 1-2-3, dan bahkan Microsoft telah dapat mengembangkannya dengan lebih baik.

Tidak banyak yang berubah dalam perjalanan microsoft. Sebelumnya, Microsoft merilis versi 3.0 pada 1990 dan versi 4.0 pada 1992. Pada 1993, Microsoft menambahkan fitur untuk Macro dan Visual Basic for Applications di Excel 5.0 yang memungkinkan tugas dibuat dan dieksekusi, atau secara otomatis dikerjakan di Excel.

Tidak hanya Excel 5.0 juga menyertakan fungsi yang ditentukan pengguna (UDF) untuk digunakan dalam lembar kerja. Menambahkan makro VBA dianggap sebagai salah satu tambahan terbaik pada saat itu. Tetapi sayangnya keunggulan ini adalah titik lemah di mana Excel menargetkan virus makro.

Karena banyak laporan mengeluh tentang virus yang memperkenalkan otomatisasi makro ini, Mircrosoft akhirnya membuat keputusan dengan menambahkan fitur untuk menonaktifkan makro secara keseluruhan.

Untuk rilis terbaru, Microsoft Excel 2016 dirilis, berjalan pada sistem operasi Windows 10, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows Server 2016.

 

Fungsi Microsoft Excel

Microsoft Excel digunakan di berbagai ruang kerja, baik di bisnis kecil dan perusahaan yang aktif secara internasional.

Baca Juga  Microsoft Word - Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Manfaatnya

Adapun beberapa fitur dan kegunaan Microsoft Excel sebagai berikut :

1.) Dapat digunakan untuk membuat, mengurutkan, mengedit, meringkas, menganalisi hingga memformat data serta grafik.

2.) Menyimpan catatan keuangan dan anggaran keuangan.

3.) Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris.

4.) Melakukan analisis dan penelitian harga.

5.) Melakukan perhitungan statistik.

6.) Mendukung berbagai bidang bisnis untuk memfasilitasi pelaporan keuangan.

7.) Konversi mata uang.

8.) Grafik persamaan matematika.

9.) Buat program Excel dengan Visual Basic.

10.) Melakukan penelitian dengan menggunakan metode penelitian yang berbeda.

11.) Buat daftar nilai sekolah dan universitas.

12.) Sarana pembelajaran dan logika komputer.

 

Manfaat Microsoft Excel

Microsoft Excel mempunyai manfaat sebagai berikut :

1.) Dengan berbagai formula yang ditawarkan, tentu akan lebih mudah bagi kita untuk membuat formula yang sulit dan beragam.

2.) Fitur data diagram di Microsoft Excel memudahkan untuk menganalisis data dalam bentuk tabel dan grafik.

3.) Jika kesalahan perhitungan terjadi dalam fase tertentu, dapat dengan mudah dideteksi menggunakan fungsi kesalahan penelusuran atau trace error.

4.) Jumlah baris dan kolom di Microsoft Excel memudahkan kita untuk memasukkan jumlah data yang sangat besar.

 

Cara Menggunakan Microsoft Excel

Sebelum menggunakan Microsoft Excel ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui :

Kolom Baris Sel Excel

Excel adalah aplikasi pengolah data yang menggunakan tabel dan disebut dengan Spreadsheet. Terdapat beberapa hal yang harus Anda tahu mengenai Spreadsheet ini.

1.) Baris adalah layar ke kanan dan ke kiri atau horizontal dan diwakilkan dengan angka yang dimulai dari angka 1 dan seterusnya.

2.) Kolom adalah layar dari atas ke bawah atau vertikal dan diwakilkan dengan huruf di mulai dari huruf A dan seterusnya.

3.) Sel adalah ruang kosong yang Anda klik dan sel diwakilkan dengan kombinasi kolom dan baris. Misalnya A1, B1, A2 dan D5 dan seterusnya.

 

Setelah mengetahui pengetahuan dasar mengenai Microsoft Excel, berikut ini adalah cara menggunakannya :

1.) Perhitungan Dasar

Untuk menghitung dan mengolah data berupa angka, baik menambahkan, mengubah dan manipulasinya sesuai keinginan. Fungsi adalah istilah yang digunakan untuk mengubah dan memanipulasi angkat dengan menggunakan rumus tertentu.

 

Contoh ketika ingin menghitung 5 + 5 maka hasilnya adalah 10, maka hasilnya adalah 10. Jika di dalam excel maka tanda = harus ditulis lebih dulu baru kemudian diikuti dengan rumusnya. Sehingga akan menampilkan hasil pertambahan.

Baca Juga  E-Book : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Formatnya

Berikut adalah tanda yang bisa digunakan dalam perhitungan dasar excel :

+ = operasi pertambahan

– = melakukan operasi pengurangan

* =  melakukan operasi perkalian

/ = melakukan operasi pembagian

 

2.) Kalkulasi Cepat dengan Autosum

Autsom adalah fungsi yang bisa digunakan untuk kalkulasi cepat dan tidak perlu menggunakan rumus perhitungan.

Contohnya ketika hendak menjumlahkan 10 angka pada 10 sel di dalam 1 kolos atau baris maka Anda cukup menyeleksi semua sel dengan cara klik Home > Autosum. Sehingga semua sel akan djumlahkan seperti contoh yang ada di atas.

Tak hanya penjumlahan saja, Anda bisa menggunakan fungsi lain di menu Autosum seperti di bawah ini :

SUM = Penjumlahan

Average = Mencari nilai rata-rata.

Count Numbers = Mendapatkan jumlah sel yang diseleksi.

Max = Mencari nilai paling besar.

Min = Mencari nilai paling kecil.

 

3.) Otomasi Data Sederhana Dalam Sel

Excel memiliki fungsi untuk membuat nomor di kolom atau sel dengan cara yang sederhana dan otomatis.

Caranya klik angka 1 pada sel pertama lalu ketik angka 2 di bawahnya atau di samping kiri atau bisa juga di samping kanan. Lalu blok dua angkat dengan cara klik kiri dan tahan dari sel pertama untuk kemudian digeser hingga ke sel ke dua hingga selanjutnya yang membuat kotak berubah menjadi warna hijau.

Contohnya di bawah ini :

 

4.) Memformat Angka

Format angka digunakan untuk memasukkan data dengan jenis yang berbeda seperti 100% dan Rp. 100 yang jelas jelas berbeda meski sama sama merupakan angka 100 namun nominalnya berbeda ya.

Maka Anda bisa mengubah format angka sesuai kebutuhan, caranya adalah dengan blok angka yang ingin diubah formatnya. Lalu di bagian Number klik gulir bawah pada opsi General lalu pilih format angka yang Anda inginkan.

Maka hasilnya secara otomatis Excel akan mengubah format sesuai yang dibutuhkan, misalnya dalam contoh ini menggunakan opsi Currency.

 

Akhir Kata

Beberapa cara di atas merupakan cara-cara dasar menggunakan Microsoft Excel yang pastinya membutuhkan pelatihan dan pengetahuan lebih lanjut dalam penggunaan aplikasi ini.

 

Artikel Lainnya :