Microsoft Access – Pengertian, Sejarah, Fungsi Beserta Manfaatnya

Posted on

Microsoft Access – Pengertian, Sejarah, Fungsi Beserta Manfaatnya

Microsoft Access – Pasti sudah banyak dari kalian yang sudah memiliki leptop atau komputer di rumah kalian bukan?  Dan mungkin dari kalian sudah tau tentang Microsoft exel,  Microsoft power point dan masih banyak lagi.

Program yang di keluarkan oleh pemilik perusahaan Microsoft ini banyak manfaat untuk berbagai macam pekerjaan dan bisa membantu untuk mempermudah pekerjan.

Apakah anda sudah mengetahui tentang program yang bernama Microsoft Access ini?mungkin banyak orang yang tidak tau tentang program Microsoft accses ini. Bahakan anda pun baru mengetahui dan mendengar nama program satu ini.

Apakah anda sudah tau cara menggunakan dan memakai Microsoft acces ini?  Tidak perlu khawatir  di sini akan kami jelaskan mengenai pengertian, sejarah beserta fungsinya. Kali ini kita bakal memberikan tips tips untuk memakai Microsoft access bagi pemula.

Pengertian Microsoft Access

Microsoft access adalah jenis jenis program yang di gunakan dan di hasilkan oleh Microsoft dan biasanya di unduh atau di instal ke perangkat menjadi Microsoft office.  Kamu bisa menemukan program ini dalam program Microsoft access ini.

Apa sih manfaat dari Microsoft access ini?

Manfaatnya adalah kita bisa mengolah data yang lengkap serta memiliki rangkaian kerja yang sistematis.  databese sendiri adalah kumoulan kumpulan suatu informasi  yang di simpan dalam komputer. Sehingga kita dapat mencari dan memeriksa kembali data yang kita buat di sofftare yang di gunakan di komputer yang sama atau terhubung

Baca Juga  Microsoft Word - Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Manfaatnya

Suatu informasi ini di buat dari data ke dalam bentuk tabel yang saling terhubung satu sama lain sehingga bisa saling terhubung ketika di cari akan muncul suatu informasi yang jrlas dan lengkap.

Sejarah Microsoft Acces

Microsoft Access dibuat pada tahun 1992, dan perusahaan tersebut merilis Microsoft Access versi 1.0, kemudian versi tersebut diperbarui pada tahun 1993 menjadi 1.1 menggunakan versi terbaru ini sehingga dapat kompatibel dengan produk akses Microsoft ini.

Nama kode yang digunakan oleh Access untuk pertama kalinya adalah Cirrus, dibuat sebelum Microsoft. mengembangkan Microsoft Visual Basic, sedangkan mesin bentuk antarmuka yang digunakan disebut Ruby. Bill Gates melihat prototipe. Dia kemudian memutuskan apakah komponen-komponen bahasa pemrograman BASIC harus disatukan sebagai aplikasi terpisah, tetapi dapat diperluas. Proyek ini disebut thunder..

Kedua produsen dikembangkan secara terpisah, dan mesin-mesin dari mesin yang digunakan oleh keduanya tidak kompatibel satu sama lain. Ini adalah bagaimana itu berakhir ketika Microsoft meluncurkan Visual Basic for application (VBA).

Meski begitu, akses ke Microsoft memiliki kelebihan.

Satu kelebihannya yaitu bahwa Microsoft Access dari perspektif programmer adalah kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language (SQL); kueri dapat dilihat dan diedit sebagai pernyataan SQL, dan pernyataan SQL dapat digunakan langsung dalam Makro dan juga Modul VBA. Untuk dapat secara langsung memanipulasi tabel data di Access.

Pengguna akses Microsoft sendiri dapat menggunakan kedua jenis bahasa, yaitu VBA dan MACRO. Keuntungan menggunakan form dan logika dan menerapkan konsep objektivitas.

Dan keuntungannya adalah dapat digunakan oleh grup dalam negeri dan usaha kecil, sehingga sangat cocok untuk digunakan dan mudah dimengerti oleh banyak orang dan pabriknya tidak terlalu rumit. Dan tidak hanya bisnis kecil, perusahaan besar dapat menggunakan aplikasi Microsoft Access ini. Bagus bukan?

Baca Juga  Microsoft Excel - Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Manfaatnya

Akses itu sendiri juga dapat digunakan sebagai database untuk aplikasi web dasar. Dan itu disimpan di server yang bertujuan untuk menjalankan Microsoft Internet Information Services (IIS). Dan gunakan halaman Microsoft Active Server (ASP).

Beberapa pengembang aplikasi profesional menggunakan dan menggunakan Microsoft Access untuk mengembangkan aplikasi dengan cepat (digunakan sebagai alat pengembangan aplikasi / RAD yang cepat), terutama untuk membangun prototipe untuk program yang lebih besar. Aplikasi independen untuk penjual.

Akses ke Microsoft juga tidak terlalu baik jika digunakan dengan jaringan Internet, sehingga aplikasi yang banyak digunakan pengguna cenderung menggunakan solusi sistem manajemen basis data yang bersifat klien / server.

 

Demikianlah pembahasan tentang Microsoft Acces, sejarah, fungsi dan manfaatnya. semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua. terima kasih atas kunjungannya.salam manis dari penulis.

Artikel Lainnya :