Manfaat Mandi Subuh

Posted on

Manfaat Mandi Subuh

Aktivitas membersihkan badan menggunakan air dan sabun agar kotoran yang menempel pada tubuh hilang yang pada umumnya dilakukan dua kali sehari yaitu mandi. Akan tetapi, apakah Anda pernah mencoba untuk mengganti waktu jam mandi pagi Anda lebih awal, mungkin lebih tepatnya sebelum subuh?

Sebagian orang, mandi saat subuh itu lebih menyegarkan dibandingkan mandi pagi. Sebenarnya, apakah ada manfaat mandi subuh? Atau mandi subuh merupakan hal yang memiliki efek berbahaya bagi kesehatan Anda secara keseluruhan?

Mandi subuh bisa dilakukan ketika matahari belum terbit. Apabila merujuk pada waktu shalat Subuh yang dilakukan orang Islam, maka mandi subuh bisa Anda lakukan sekitar jam 5 pagi.

Manfaat Mandi Subuh

Ternyata, mandi subuh tidak jauh beda dengan mandi pagi yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat mandi subuh yang bisa Anda rasakan antara lain yaitu :

Menghilangkan kantuk

Mandi subuh bisa menghilangkan kantuk sehabis bangun tidur, hal tersebut sudah menjadi rahasia umum. Bahkan manfaat mandi subuh yang satu ini membuat orang tidak perlu lagi untuk minum kopi atau teh di pagi harinya.

Saat kantuk hilang, maka secara otomatis kewaspadaan Anda pun akan meningkat. Untuk kembali produktif dan beraktivitas di tempat kerja pun akan lebih siap.

Menghilangkan stres dan depresi

Manfaat dari mandi subuh juga mampu dalam menangani masalah stres dan juga depresi. Stres pada umumnya dapat terjadi karena banyaknya pikiran dan untuk mengatasi hal ini, terkadang orang banyak cenderung untuk makan sebanyak-banyaknya yang pada ujungnya hanya akan menambah permasalahan pada kesehatan tubuhnya. Oleh karena itu, Anda bisa meninggalkan cara tersebut mulai dari sekarang dan mengantinya dengan cara mandi sebelum subuh.

Baca Juga  Pengertian Kewirausahaan

Menurut sebuah penelitian, mandi subuh bisa menstimulasi titik biru terhadap otak yang notabene sebagai sumber utama noradrenaline secara kimiawi yang bisa membantu untuk mengurangi depresi. Selain itu, mandi subuh ternyata dapat merangsang pelepasan hormon endorphin, yang dapat bekerja melawan hormon stres dan juga menghasilkan serotonin (yaitu zat kimia di dalam otak) yang bisa meredakan stes dan depresi.

Membuat wajah segar dan bersih

Dengan Anda mandi subuh akan membersihkan keringat yang keluar selama Anda tidur, termasuk yang keringat di wajah. Selain itu, mandi subuh juga memiliki manfaat yang lebih dari sekadar memperindah penampilan fisik mengingat wajah terasa segar dan bersih, membuat Anda akan lebih percaya diri sepanjang hari.

Mencegah berbagai macam penyakit

Pada umumnya, mandi dapat mencegah Anda terkena berbagai macam penyakit, terutama yang berhubungan dengan kebersihan tubuh, contohnya gatal-gatal akibat infeksi jamur dan juga bakteri. Mandi bersih pun dapat sedikit meringankan Anda yang menderita gejala penyakit kulit, contohnya psoriasis dan eksim.

Kerja organ tubuh menjadi lebih optimal

Terdapat beberapa pernyataan dari para ahli medis bahwa mandi pagi sebelum subuh layaknya seperti membangunkan sebuah mesin yang tidak menyala. Mandi pagi sebelum subuh ternyata dapat menaikkan suhu tubuh sampai mencapai kestabilan. Apakah Anda bingung dengan maksud tersebut?

Saat Anda sedang mandi, maka jantung akan terpacu untuk bekerja, meningkatnya adrenalin dan juga melancarkan aliran darah. Sama halnya dengan pendapat para ahli medis yang lain juga mengatakan jika mandi pagi dapat merangsang sistem peredaran saraf dan darah menjadi lebih efektif.

Memperbaiki mood

Untuk menghilangkan stres dan juga memperbaiki mood, maka Anda juga bisa mencampur air dengan minyak esensial yang beraroma lavender. Wanita yang hormonnya lagi tidak seimbang saat mengalami premenstrual syndrome atau lebih dikenal PMS, maka dengan mandi subuh ini akan sangat berguna bagi Anda.

Baca Juga  Pengertian UMKM

Untuk meredakan masalah kesehatan seperti wasir, maka mandi menggunakan campuran minyak lavender atau pun minyak esensial lainnya juga sangat dipercaya. Apabila Anda akan melaksanakan presentasi misalnya dan merasakan gugup, cobalah untuk mandi subyj menggunakan sabun yang beraromaterapi agar Anda merasa lebih rileks.

Itulah beberapa informasi tentang manfaat mandi subuh yang dapat Anda ketahui. Semoga artikel yang kami bagikan ini bermanfaat dan bisa Anda praktekkan untuk merasakan semua manfaatnya, terimakasih.

sehatq.com
idntimes.com

Artikel Lainnya :

Hukum Mencukur Bulu Kemaluan Untuk Wanita yang Belum Menikah Dalam Islam

Sistem Reproduksi Wanita

Struktur Ginjal