Magnet – Pengertian, Jenis, Fungsi, Sifat dan Contoh Lengkapnya

Posted on

Magnet – Pengertian, Jenis, Fungsi, Sifat dan Contoh Lengkapnya

Pada pembahasan kali ini, kami akan membagikan informasi mengenai magnet. Namun, apakah Anda sudah tahu apa yang dimaksud dengan magnet? Mungkin sebagian orang sudah mengetahui dan tidak untuk sebagian yang lainnya. Oleh karena itu, bagi Anda yang belum mengetahuinya, silahkan simak artikel dibawah ini hingga tuntas.

Pengertian Magnet

Magnet secara umum merupakan benda yang mampu dalam menarik suatu benda yang ada disekitarnya. Hal tersebut lah yang dinamakan dengan magnet yang mempunyai sifat kemagnetan. Secara etimologis, magnet berasal dari sebuah kata yang ditemukan di Asia bernama Magnesia.

Di daerah ini, orang-orang Yunani menemukan sifat magnetik batuan, yang dirancang untuk menarik bijih besi. Secara historis, menurut paradigma peneliti Cina, Cina adalah negara pertama yang menggunakan magnet atau memanfaatkannya sebagai kompas atau penunjuk arah.

Jenis Magnet

Magnet kini di bagi menjadi dua bagian, antara lain yaitu :

Magnet alam

Salah satu jenis magnet yang mempunyai sifat magnet secara alami disebut dengan magnet alam, yang artuinya magnet tersebut tanpa campur tangan dari manusia. Misalnya : gunung api magnesia yang dapat menarik benda-benda di sekitarnya.

Magnet buatan

Magnet buatan adalah salah satu jenis magnet buatan manusia. Magnet buatan ini terbuat dari bahan magnet yang kuat seperti besi dan baja. Magnet seni ini sekali lagi dibagi menjadi dua:

Magnet Permanen (permanen), yang merupakan jenis magnet yang memiliki sifat magnet permanen, bahkan jika proses berhenti selama pembuatan.
Magnet sementara (remanen) artinya sebuah magnet hanya mempunyai sifat magnet sementara, yang mana hanya akan terjadi pada saat proses pembuatannya saja.

Baca Juga  Daya : Pengertian, Rumus, Satuan dan Contoh Soal Lengkap

Fungsi Magnet

  • Terdapat pada bel listrik yang fungsinya untuk menggerakkan pemukul locengnya.
  • Di ujung sebuah gunting berfungsi dalam memudahkan mengambil jarum jahit.
  • Magnet pun dapat digunakan sebagai alat untuk mengangkut benda logam.
  • Pada papan catur yang fungsinya supaya catur itu tidak mudah terguling.
  • Ada di kompas yang fungsinya sebagai penunjuk arah antara selatan-utara.
  • Terdapat pada generator dan dinamo sepeda berfungsi untuk membangkitkan tenaga listrik.

Sifat Magnet

Dibawah ini adalah beberapa sifat magnet, antara lain :

Magnet dapat menarik benda

Sifat magnetik pertama adalah bahwa magnet dapat menarik benda-benda yang berasal dari logam lainnya. Akan tetapi, tidak semuanya suatu logam dapat tertarik oleh magnet. Bahan logam yang mempunyai daya tarik magnet yang tinggi ialah baja dan besi.

Medan magnet membentuk gaya magnet

Tahukah Anda bahwa gaya magnet tidak hanya di pergelangan tangan Anda. Akan tetapi, pada sekitar magnet juga terjadi gaya magnet. Daerah di sekitar magnet yang memiliki gaya magnet juga disebut medan magnet.

Magnet memiliki dua kutub

Selanjutnya yaitu sifat-sifat yang ada pada magnet terbagi menjadi dua kutub, yaitu kutub selatan dan kutub utara.

Kutub magnet tersebut tidak tarik menarik dan sama-sama akan menolak. Sama dengan gaya listrik, gaya magnet juga merupakan bentuk daya tolakan dan tarikan. Jika kutub yang sama lebih dekat, itu akan saling tolak menolak, dan jika kutub berbeda dibawa lebih dekat ke utara dan selatan, mereka akan saling menarik satu sama lain.

Sifat magnet dapat hilang

Beberapa sifat magnetik juga melemah atau hilang penyebabnya yaitu, seperti jatuh terus menerus, terbakar dan lain sebagainya.

Contoh Lengkap Magnet

  1. Media rekaman Magnetik : Biasanya, tape VHS mengandung kelompok tape magnetik. Data yang menghasilkan video dan audio dikodekan pada lapisan magnetik dari tape itu.
  2. Untuk menghasilkan sebuah audio, maka kaset audio yang ringkas mengandung magnet.
  3. Kartu Debit, Kartu Kredit dan juga ATM : Semua kartu tersebut mempunyai garis magnetik di setiap sisinya. Untuk mengakses lembaga keuangan pribadi dan menautkannya ke rekening bank, maka jalur ini sangat penting karena berisi informasi yang sangat Anda butuhkan.
Baca Juga  Gelombang Elektromagnetik : Pengertian, Sifat, Macam, Rumus dan Contoh Soalnya Lengkap

Itulah beberpa informasi tentang Magnet yang dapat Anda ketahui. Semoga apa yang kami bagikan ini dapat menambah wawasan pengetahuan Anda serta bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu baca artikel terupdate dari kami selanjutnya, terimakasih!

Artikel Lainnya :