Logam – Pengertian, Sifat, Jenis dan Fungsinya

Posted on

Logam – Pengertian, Sifat, Jenis dan Fungsinya

 

logam
logam

Mungkin dalam kehidupan sehari-hari kita sudah biasa melihat unsur-unsur logam yang ada di benda dalam rumah. Seperti barang elektronik yang mempunyai unsur logam. Untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasan tentang pengertian logam, sifat-sifat logam, jenis-jenis logam, fungsi logam dan contoh logam dibawah ini.

 

Pengertian Logam

Dalam bahasa Yunani logam adalah Metallon yang merupakan sebuah unsur kimia yang siap membuat ion (kation) dan memiliki sebuah ikatan logam. Berdasarkan sifat ionisasi da ikatan terdapat tiga unsur yaitu. Metal, metalloid dan nonlogam.

Logam yaitu unsur kimia yang memiliki sifat-sifat yang kuat, keras, liat, panas, penghantar listrik dan memiliki titik cair yang tinggi. Logam mempunyai kekerasan dan kepadatan yang tinggi maka sulit untuk ditembus oleh cahaya dan mempunyai ketahanan yang kuat maka dapat ditempa dalam berbagai bentuk. Biji logam yang ditambang dalam bentuk murni seperti emas, perak, platina, bismut serta ada juga yang bercampur dengan unsur-unsur lain seperti sulfur, fosfor,  karbon, silikon, tanah liat, pasir dan tanah.

 

Sifat-Sifat Logam

Sifat-sifat logam sebagai berikut.

  1. Berwujud padat kecuali raksa atau merkuri (akan berwujud cair). Untuk meningkatkan kekerasan dan kekuatan logam bisa dengan mencampurkan logam dengan logam lainnya atau non logam.
  2. Bisa ditempa atau dibentuk menjadi lempengan atau lembaran dan bisa direnggangkan juga tidak mudah hancur.
  3. Konduktor atau penghantar listrik yang baik. Dimana elektron valensi yang bergerak membuat muatan negatif dari luar mendorong lautan elekron. Maka listrik akan mengalir melalui logam.
  4. Penghantar panas yang baik dimana ada bagian logam yang dipanaskan akibatnya elektron-elektron pada logam bisa menghasilkan energi dan energi kinetik logam  akan bertambah jika gerakannya semakin cepat. Kemudian elektron yang bergerak cepat ini akan memberikan sebagian energi kinetiknya ke elektron yang lain dan akan menyebabkan semua bagian logam naik suhunya menjadi panas.
  5. Mempunyai sifat mengkilat jika terkena cahaya atau logamnya digosok.
  6. Mempunyai kerapatan relatif tinggi yang menunjukkan struktur logam.
Baca Juga  Rumus Deret Aritmatika - Barisan, Bentuk, Contoh Soal Dan Jawabannya

 

Jenis-Jenis dan Fungsi Logam

 

logam emas dan perak
logam emas dan perak

 

Jenis-jenis logam dapat dibedakan menjadi empat kelompok sebagai berikut :

1. Logam berat  seperti : besi, timah hitam, seng, tembaga dan lain-lain

  • Besi yaitu jenis logam yang memiliki warna abu-abu keputihan. Fungsinya untuk digunakan pada bangunan, bidang teknik dan bisa untuk membuat aloi baja
  • Timah Hitam atau Timbal (Pb) yaitu logam lunak yang memiliki racun sistematik yang bisa masuk dalam tubuh melalui makana, air, udara dan asap. Fungsinya untuk digunakan dalam baterai, atap, bensin dan perisai radiasi dari sinar X
  • Seng (Zn) yaitu logam yang mirip perak yang biasa digunakan dalam industri. Zn diperlukan tubuh dalam proses metabolism tetapi dalam kadar rendah jika dalam kadar tinggi bisa menjadi racun. Fungsinya untuk melapisi besi supaya tidak berkarat biasa dikenal dengan galvanisasi dan bisa digunakan pada baterai-baterai listrik tertentu.
  • Tembaga yaitu logam yang berwarna kemerah-merahan dan mudah untuk dibentuk. Fungsinya untuk membuat kabel, tangki air panas dan aloi kuningan, perunggu serta kupronikel.

2. Logam ringan seperti : alumanium, magnesium, natrium dan lain-lain.

  • Alumunium yaitu logam yang berwarna putih keperakan dan memiliki sifat sangat ringan juga tahan terhadap karat. Fungsinya untuk digunakan pada kabel-kabel listrik lintas udara, pesawat terbang, mobil dan bisa juga untuk kaleng minuman.
  • Magnesium yaitu logam yang berwarna perak keputihan dan memiliki berat yang ringan dan jika dibakar akan menyala api putih terang. Fungsinya untuk digunakan sebagai suar penyelamatan dan pembuatan kembang api.
  • Natrium yaitu logam yang berwarna putih keperakan, bersifat sangat reaktif dan lunak. Fungsinya untuk lampu jalanan dalam industri kimia dan terdapat juga dalam garam dapur.
Baca Juga  Trigonometri - Pengertian, Identitas, Jenis, Fungsi, Rumus dan Contoh Soalnya

3. Logam mulia seperti : emas, perak dan platina

  • Emas yaitu logam yang berwqarna kuning terang dan bersifat lunak. Fungsinya untuk digunakan sebagai perhiasan.
  • Perak yaitu Logam yang berwarna putih abu-abu dan mudah dibentuk. Perak merupakan penghantar panas dan listrik yang bagus. Fungsinya untuk digunakan sebagai perhiasan dan peralatan-peralatan perak
  • Platina yaitu logam yang berwarna putih keperakan dan biasanya mudah untuk dibentuk. Fungsinya untuk digunakan sebagai perhiasan, barang-barang elektronik dan sebagai katalisator.

4. Logam tahan api seperti : wolfram, sirkonium dan lain-lain

  • Wolfram yaitu logam yang berwarna putih kelabu dan mempunyai sifat sangat keras. Fungsinya untuk digunakan pada barang-barang elektronik.

 

Demikianlah pembahasan tentang pengertian logam, sifat logam, jenis logam dan fungsi logam. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih atas kunjungannya. Salam manis dari penulis.

Artikel Lainnya :