Logam – Pengertian, Sifat, Jenis dan Fungsinya

Posted on

Logam

4WinMobile.com – Logam merupakan salah satu unsur kehidupan yang paling sering kita temukan di sekitar kita. Bahkan logam bisa dengan mudah kita temukan di sekitar kita. Mulai dari perabotan rumah tangga hingga barang elektronik yang ada di rumah kita.

Tapi mungkin materi ini kurang banyak dibahas, oleh sebab itu kami akan mencoba membahasnya berikut ini.

 

Pengertian Logam

Dalam bahasa Yunani logam adalah Metallon yang merupakan sebuah unsur kimia yang siap membuat ion (kation) dan memiliki sebuah ikatan logam. Berdasarkan sifat ionisasi dan ikatan terdapat tiga unsur yaitu : metal, metalloid dan nonlogam.

Logam yaitu unsur kimia yang memiliki sifat-sifat yang kuat, keras, liat, panas, penghantar listrik dan memiliki titik cair yang tinggi.

Logam mempunyai kekerasan dan kepadatan yang tinggi maka sulit untuk ditembus oleh cahaya dan mempunyai ketahanan yang kuat maka dapat ditempa dalam berbagai bentuk.

Biji logam yang ditambang dalam bentuk murni seperti emas, perak, platina, bismut serta ada juga yang bercampur dengan unsur-unsur lain seperti sulfur, fosfor,  karbon, silikon, tanah liat, pasir dan tanah.

 

Unsur-unsur Dalam Logam

Logam terdiri dari unsur logam, non logam dan semi logam dan jenis-jenisnya dibedakan menjadi berikut ini :

1.) Unsur Logam

Material pada unsur logam ini sifatnya sangat mengkilap dan dapat dijadikan sebagai penghantar panas dan listrik yang sangat baik. Logam ini umumnya berbentuk padat padasuhu dan tekanan normal, kecuali raksa.

Logam dapat ditempa dengan mudah dan dibentuk menjadi berbagai macam bahan untuk membuat alat-alat yang kita lihat di kehidupan sehari-hari kita.

Contohnya : alumunium, besi, kalsium, nikel, kronium, natrium, mangan dan magnesium.

 

2.) Unsur Non Logam

Unsur ini tentu saja tidak memiliki sifat logam dan memiliki ciri fisik yang berbeda karena terbentuk dari gas seperti oksigen. Namun ada juga yang wujudnya cair seperti bromin. Ada juga unsur non loga yang teksturnya getas dank eras.

Contohnya : oksigen, iodine, neon, silicon, karbon, nitrogen, klorin, hydrogen, belerang, helium.

 

Baca Juga  ZAKAT – Pengertian, Hukum dan Benda yang wajib dizakati

3.) Unsur Semi Logam

Unsur semi logam umumnya memiliki sifat logam meskipun hanya sedikit, semi logam juga bisa disebut dengan istilah metalloid. Sifat semi konduktor pada non logam ini tidak bisa menghantarkan listrik jika berada di suhu rendah.

Namun jika berada di suhu yang lebih tinggi maka dapat digunakan sebagai penghantar listrik yang baik.

Contohnya : terllurium, polonium, geranium, antimon, boron, arsen dan silicon.

 

Sifa-sifat Logam

Sementara itu, logam memiliki beberapa sifat, di antaranya adalah :

1.) Memiliki Tingkat Kekuatan dan Kekerasan Berbeda

Setiap jenis loga mempunyai tingkat kekerasan yang berbeda dan kekerasannya bisa ditingkatkan dengan cara mencampurkan jenis logam satu dengan logam yang lainnya. Logam sendiri merupakan salah satu unsur yang paling kuat di muka bumi, kecuali air raksa.

 

2.) Dapat Dengan Mudah Untuk Ditempa

Meskipun loga dikenal dengan unsur terkuat di bumi namun dengan cara yang tepat logam bisa dibentuk dengan mudah. Caranya dengan ditempa dan direnggangkan dengan sebuah elektron valensi yang membuat logam mudah bergerak dalam kristal.

Maka sesuai dengan sifatnya logam pun bisa dibentuk atau ditempa menjadi lempengan tipis dan ditarik mau pun dibengkokkan.

 

3.) Menjadi Sebuah Konduktor Listrik yang Baik

Salah satu sifat terbaik dari logam adalah mampu mengjadi penghantar listrik yang sangat baik. Sehingga jika logam

Mampu menjadi penghantar daya listrik yang sangat baik. Apabila suatu logam dialirkan listrik, maka elektronnya akan membawa suatu muatan valensi ke seluruh bagian logam. Sehingga mampu menimbulkan aliran listrik dalam logam.

 

4.) Mampu Menghantarkan Panas

Elektron valensi yang bergerak bebas tidak hanya bisa membuat logam sebagai penghantar listrik namun juga sebagai penghantar panas yang baik. Jika suatu jenis logam yang satu sisinya dipanaskan sehingga elektron menerima panas dan membuat logam dapat menjadi penghantar listrik.

Maka semakin besar energi kinetisnya dan bergerak cepat maka logam dapat menghantarkan panas semakin baik.

Baca Juga  Majas - Pengertian, Jenis dan contohnya

 

5.) Bersifat Mengkilap

Semua jenis logam memiliki bentuk yang mengkilap terutama saat terkena cahaya, sehingga logam disebut memiliki sifat mengkilap. Sebab mampu memancarkan kembali energi cahaya yang didapatkan dari gelombang tertentu ke permukaan logam.

 

6.) Kerapatan Relatif Tinggi

Logam dikenal dengan kerapatannya yang relatif tinggi dan sifat ini menjadi penentu struktur yang ada pada logam. Pada tipe a menunjukkan struktur kubus yang sederhana sedangkan pada tipe b menunjukkan strukturnya berpusat penuh. Sementara pada tipe c  strukturnya berpusat di permukaan logam.

 

Jenis-jenis dan Fungsi Logam

Jenis-jenis logam dapat dibedakan menjadi empat kelompok sebagai berikut :

1.) Logam Berat

Jenis logam yang pertama adalah logam berat yang terdiri dari : besi, timah hitam, seng, tembaga dan lain-lain.

Fungsi dari logam berat adalah :

1.) Besi yaitu jenis logam yang memiliki warna abu-abu keputihan, besi berfungsi sebagai bahan utama pembangunan seperti bidang teknik dan pembuatan aloi baja.

2.) Timah Hitam atau Timbal (Pb) yaitu logam lunak yang memiliki racun sistematik yang bisa masuk dalam tubuh melalui makana, air, udara dan asap. Logam ini berfungsi untuk digunakan sebagai bahan pembuatan baterai, bensin, atap, perisai radiasi sinar X.

3.) Seng (Zn) yaitu logam yang mirip perak yang biasa digunakan dalam industri, tapi dalam kadar tinggi membuat logam ini bisa menjadi racun. Fungsi utamanya adalah digunakan sebagai pelapis besi agar tidak berkarat. Biasanya dikenal dengan istilah galvanisasi dan digunakan untuk baterai.

4.) Tembaga yaitu logam yang berwarna kemerah-merahan dan mudah untuk dibentuk. Fungsi dari tembaga adalah digunakan untuk membuat kabel, tangki air panas hingga aloi kuningan dan perunggu beserta dengan kurpronikel.

 

2.) Logam Ringan

Logam ringan di antaranya adalah alumunium, natrium, magnesium dan lainnya. Fungsi dari logam ringan ini antara lain :

1.) Alumunium yaitu logam yang berwarna putih keperakan dan memiliki sifat sangat ringan juga tahan terhadap karat. Logam ini berfungsi sebagai bahan pembuatan kabel listrik lintas udara, mobil, pesawat hingga kaleng minuman.

2.) Magnesium yaitu logam yang berwarna perak keputihan dan memiliki berat yang ringan dan jika dibakar akan menyala api putih terang. Logam ini biasanya digunakan untuk membuat kembang api bahkan digunakan sebagai bahan pembuatan suar penyelamat.

3.) Natrium yaitu logam yang berwarna putih keperakan, bersifat sangat reaktif dan lunak. Fungsi natrium adalah sebagai bahan utama dalam industry kimia karena di dalamnya mengandung garam dapur.

 

Baca Juga  Pendidikan Karakter – Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Pentingnya

3.) Logam Mulia

Logam mulia adalah jenis logam yang sangat berharga karena bernilai jual tinggi, contohnya : Emas, perak dan platina.

1.) Emas yaitu logam yang berwqarna kuning terang dan bersifat lunak. Fungsinya untuk digunakan sebagai perhiasan.

2.) Perak yaitu Logam yang berwarna putih abu-abu dan mudah dibentuk. Perak merupakan penghantar panas dan listrik yang bagus. Fungsinya untuk digunakan sebagai perhiasan dan peralatan-peralatan perak

3.) Platina yaitu logam yang berwarna putih keperakan dan biasanya mudah untuk dibentuk. Fungsinya untuk digunakan sebagai perhiasan, barang-barang elektronik dan sebagai katalisator.

 

4.) Logam Tahan Api

Salah satu contoh logam tahan api di antaranya adalah : wolfram dan sirkonium. Fungsi logam ini antara lain :

Wolfram sendiri adalah logam dengan warna paduan putih dan kelabu dengan sifatnya yang sangat keras. Biasanya jenis logam ini akan digunakan untuk membuat barang-barang elektronik.

 

 

Jadi sekarang sudah tahu kan, ulasan lengkap mengenai logam mulai dari pengertian, sifatnya hingga jenis-jenis logam beserta dengan fungsinya. Sampai jumpa di 4WinMobile.com untuk ulasan lainnya yang lebih bermanfaat.

Artikel Lainnya :