Kelenjar Tiroid – Pengertian Lengkap dengan Struktur, Fungsi, dan Kelainannya

Posted on

Kelenjar Tiroid: Pengertian lengkap dengan Struktur, Fungsi dan Kelainannya 

 

Istilah Kelenjar Tiroid mungkin sudah sering didengar oleh kebanyakan orang. Akan tetapi kebanyakan orang belum tentu mengetahui apa pengertian kelenjar tiroid, struktur, fungsi dan kelainannya. Karena itu untuk mengetahui apa itu kelenjar tiroid, mari kita simak penjelasan dibawah ini secara lengkap.

 

tiroid
tiroid

 

Pengertian Kelenjar Tiroid

Kelenjar Tiroid  yaitu salah satu kelenjar  endokrin yang posisinya di dalam leher manusia, pada bagian bawah dekat pada dinding laring, di sebelah kanan depan trakea, terletak di bawah jakun.  Secara umum kelenjar tiroid terdiri dari 2 lobus yaitu lobus bagian kiri dan lobus bagian kanan ( lobus ekstra dan lobus sinistra) yang saling berhubungan dan memiliki panjang kira kira 5 cm, lebar 3 cm dan tebal 2 cm.

 

Struktur Kelenjar Tiroid

Struktur kelenjar tiroid mempunyai tiga penyusun yaitu folikel tiroid, sel folikuler dan sel parafolikuler. Berikut penjelasannya :

  • Folikel Tiroid

Folikel tiroid yaitu sel kecil yang berfungsi sebagai komponen utama dalam menjalankan fungsi tiroid dengan diameter 0,02-0,9 mm. Didalam inti folikel tiroid terdapat pembuluh darah, pembuluh saraf dan pembulu limpa yang mengelilingi intinya. Folikel tiroid biasa di kenal sebagai protein prekurser dan thygroglobullin.

  • Sel Folikuler

Sel Folikuler yaitu sel inti dari folikuler tiroid dan bentuk dari sel folikuler bersifat dinamis atau sangat bervariasi tergantung tingkat keaktifan bisa berbentuk kulumnar atau datar kuboid. Jika sel folikuler tiroid distimulasi oleh thyroid stumlating hormone (TSH) maka akan menimbulkan atau mensekresikan hormon tiroid T3 dan T4.

  • Sel Parafolikuler
Baca Juga  Logam - Pengertian, Sifat, Jenis dan Fungsinya

Sel parafolikuler yaitu sel minoritas dari sel parafolikuliner yang menghasilkan kalsitonin yang ikut serta dalam homeostasis kalsium dan biasa disebut dengan sel C.

 

Mekanisme Kerja Kelenjar Tiroid Dalam Mensekresikan Hormon

Kelenjar Tiroid butuh yodium untuk mensekresikan hormon tiroid dalam skala normal. Yodium sangat dibutuhkan untuk bahan dasar atau awal membuat hormon tiroid. Di dalam tubuh manusia mempunyai mekanisme atau proses unik untuk menyesuaikan kadar hormone tiroid dalam tubuh. Awal proses hipotalamus akan menghasilkan tyrotropin Releasing Hormone (TSH) untuk menstimulasi kelenjar tiroid yang akan mensekresikan hormone tiroid dalam darah. Dalam hal ini untuk menjaga kestabilan atau keseimbangan hormon dalam tubuh. Dimana keadaan hormone tiroid rendah disebut Hipotiroid sedangkan dalam keadaan tubuh mempunyai banyak hormone tiroid disebut Hipertiroid.

Terdapat dua hormone yang ditemukan didalam tubuh sebagai berikut :

  • Tiroksin (T4)

Tiroksin yaitu hormone yang ditimbulkan oleh kelenjar tiroid yang mempunyai efek lebih ringan pada kecepatan metaboolisme tubuh secara langsung dan tiroksin (T4) akan dirubah menjadi Tiroksin (T3) supaya kerjanya menjadi efektif dan efisien.

  • Tri-iodothyronin (T3)

Tri-iodothyronin (T3) yaitu bentuk dari hormone tiroksin bentuknya aktif dan kerja tiroksin lebih efektif dan efisien. Perubahan tiroksin (T4)  menjadi tiroksin (T3) terjadi didalam hati dan beberapa organ lain dalam tubuh.

Selain dua hormon diatas, kelenjar tiroid juga memproduksi hormone kalsitonin yang berfungsi untuk mengatur kadar kalsium dalam darah. Sel tiroid yang mempunyai kewajiban untuk memproduksi ini yaitu parafolikuler sel sedangkan kalsitonin dapat menurunkan pelepasan protein dari tulang dengan cara menurunkan aktivitas osteoklas di tilang tersebut.

 

Fungsi Kelenjar Tiroid

Fungsi utama dari kelenjar tiroid yaitu untuk memproduksi atau menghasilkan hormone yang dapat mengatur kecepatan metabolisme dalam tubuh manusia. Selain itu terdapat beberapa fungsi kelenjar tiroid dalam tubuh sebagai berikut :

  • Meningkatkan konsumsi oksigen dalam tubuh dan tingkat pengeluaran energy dalam tubuh
  • Meningkatkan laju denyut jantung, curang jantung dan laju pernapasan
  • Meningkatkan penyerapan glukosa oleh usus  dan meningkatkan produksi glukosa oleh hati
  • Mempercepat pembersihan kolestrol dari plasma
  • Mempunyai peran penting dalam pertumbuhan dan pematangan system saraf pusat
  • Mempengaruhi siklus menstrurasi bagi kaum perempuan.
Baca Juga  Mandi Wajib - Pengertian, Niat, Tata Cara, Sunnah dan Penyebabnya

 

Kelainan Kelenjar Tiroid

Walaupun kelenjar tiroid memiliki peran penting dalam tubuh kita, akan tetapi kelenjar tiroid ini tidak bisa bebas dari kelainan yang diakibatkan oleh kelenjar tiroid ini. Berikut ini Terdapat beberapa kelainan kelenjar tiroid diantaranya sebagai berikut :

  • Munculnya penyakit hashimoto
  • Munculnya penyakit grave
  • Timbulnya trauma
  • Timbulnya bodul tiroid

 

Oleh karena itu buat temen temen semuanya ada baiknya kita menjaga kesehatan dengan teratur dengan gaya hidup sehat akan mempengaruhi nantinya terhadap komponen atau organ tubuh yang ada dalam tubuh kita serta berbagai sel kelenjar dalam tubuh kita. Demikianlah informasi tentang Kelenjar Tiroid: Pengertian Kelenjar Tiroid lengkap dengan struktur, fungsi dan kelainannya. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat buat anda semua. Terima kasih sudah mempunyai waktu mengunjungi web ini  untuk membaca artikel ini. Salam hangat selalu dari penulis.

Artikel Lainnya :