Jenazah : Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Terhadap Orang Yang Baru Meninggal Dunia

Posted on

Jenazah : Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Terhadap Orang Yang Baru Meninggal Dunia

 

fiqih jenazah
fiqih jenazah

Kematian merupakan kepastian yang tak terhindarkan, walaupun kita berharap, kematian akan datang saat kita tidak menginginkannya, karena kematian adalah rahasia Allah dan itu tidak bisa ditunda dan bahkan tidak dapat dimajukan untuk sesaat. Apa yang terjadi jika seseorang meninggal dan kita di sisinya? Dan apa yang harus dilakukan  dengan orang yang baru saja menghembuskan nafas terakhir?. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.

 

Hal-Hal Yang Harus Dilakukan Terhadap Orang Yang Baru Meninggal Dunia

Ada 4 (Empat) Hal yang harus dilakukan terhadap orang yang baru meninggal dunia sebagai berikut :

  1. Matanya hedaklah di pejamkan, menyebut yang baik-baik, mendoakan, dan meminta ampunan atas dosanya.

Rosululloh Solallohu Alaihi Wasallam bersabda:

 

عَنْ شَدَّادِ بْنِ أَوْسٍ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا حَضَرْتُمْ مَوْتَاكُمْ فَأَغْمِضُوا الْبَصَرَ فَإِنَّ الْبَصَرَ يَتْبَعُ الرُّوْحَ وَقُوْلُوْا خَيْرًا فَإِنَّ الْمَلاَئِكَةَ تُؤَمِّنُ عَلَى مَا قَالَ أَهْلُ الْبَيْتِ

 

Dari Syaddad bin Aus ia berkata, Rasulullah saw berkata : Jika kamu menghadapi orang mati, hendaklah kamu tutupkan matanya, karena sesungguhnya mata itu mengikutkan roh. Dan hendaklah kamu mengucapkan yang baik (mendoakan), karena sesungguhnya para malaikat mengamini apa yang diucapkan oleh ahlinya.”Riwayat Ahmad dan Ibnu majah”

 

  1. Seluruh tubuh mayit hendaklah ditutupi kain, sebagai penghormatan & tidak terbuka auratnya

 

عَنْ عَائِشَةَ رَضِىَ اللهُ عَنْهَا زَوْجَ النَّبِىِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَخْبَرَتْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حِيْنَ تُوُفِّىَ سُجِّىَ بِبُرْدٍ حِبَرَةٍ

Baca Juga  Contoh Soal Psikotes

 

Dari Aisyah rdh istri Nabi saw menyampaikan  bahwa Rasulullah Solallohu Alaihi Wasallam ketika wafat ditutup dengan selimut dari Yaman.”Riwayat Buhari dan Muslim”

 

  1. Tidak ada halangan bagi keluarga atau sahabat terdekat si mayit untuk mencium si Mayit

 

عَنْ عَائِشَةَ قَبَّلَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عُثْمَانَ بْنَ مَظْعُوْنٍ وَهُوَ مَيِّتٌ حَتَّى رَأَيْتُ الدُّمُوْعَ تَسِيْلُ عَلَى وَجْهِهِ

 

Dari Aisyah : Rasulullah Solallahu Alaihi Wasallam telah mencium Usman bin Ma’zun ketika ia telah mati, sehingga aku lihat air mata mengalir di muka beliau. “Riwayat Ahmad dan Tarmizi”

 

  1. Hendak lah menyegerakan pembayaran hutang piyutang simayit jika ada, bagi keluarga atau ahli mayit yang mampu, dari harta peninggalan simayit atau pertolongan keluarga terdekat.

 

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَفْسُ الْمُؤْمِنِ مُعَلَّقَةٌ بِدَيْنِهِ حَتَّى يُقْضَى عَنْهُ

 

Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rosulullah Solallohu Alaihi Wasallam bersabda : Roh orang mati itu digantungkan pada hutangnya sehingga hutang itu terbayar. “ Riwayat Ahmad dan Tarmizi”

 

Kalaupun tidak mampu terserah kepada yang maha pemurah, menurut keadaan dan tujuan sipeminjam atau simayit ketika berhutang, sebagai mana yang telah di jelaskan dalam hadis dibawah ini.

Rosullah Solallahu Alaihi Wasallam Bersabda  yang artinya:

 

Dari Umar Rosullah Solallahu Alaihi Wasallam. Berkata, utang itu 2 (dua) macam barang siapa yang meninggalkan utang, sedang ia berniat akan membayar, maka saya yang akan mengurusnya. Dan barang siapa yang mati sedang ia tidak berniat  akan membayarnya, maka pembayaranya akan diambilkan dari kebaikannya, karena diwaktu itu tidak ada emas dan perak (sebagai pembayarnya). “ Riwayat Tabrani”.

Baca Juga  Riba – Pengertian, Macam, dalil dan Hukumnya

 

Demikianlah, kematian memang bagian dari rahasia Allah yang datang secara tiba-tiba dan tanpa disangka-sangka. Kematian itu bisa saja menjumpai siapa saja baik yang tua maupun yang muda, yang sehat dan yang sakit. Semoga pembahasan tentang 4 (Empat) Hal yang harus dilakukan terhadap orang telah meninggal bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih atas kunjungannya. Salam manis dari penulis.

Artikel Lainnya :