Jaringan Komputer – Pengertian, Jenis dan manfaatnya

Posted on

Jaringan Komputer – Pengertian, Jenis dan manfaatnya

jaringan-Komputer
jaringan-Komputer

 

Mungkin Anda pernah mendengar istilah LAN atau WAN sebelumnya. Apakah Anda tau bahwa ini adalah jaringan komputer ? Pada artikel ini, kami akan menjelaskan pemahaman tentang jaringan komputer, jenis, dan manfaatnya.

 

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer yaitu terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling berhubungan dan digunakan untuk berbagi data. Jaringan komputer terdiri dari kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak. Untuk membuat jaringan komputer, switch dan router menggunakan protokol dan algoritma yang berbeda untuk bertukar informasi dan membawa data ke titik akhir yang diinginkan. Setiap titik akhir (kadang-kadang disebut host) dalam jaringan memiliki pengidentifikasi unik, seringkali alamat IP atau alamat kontrol akses media, yang menganalisis tujuan transmisi. Titik akhir dapat berupa server, PC, telepon, dan berbagai jenis perangkat keras jaringan.

Jaringan komputer juga dapat dibuat menggunakan kombinasi teknologi kabel dan nirkabel. Perangkat jaringan berkomunikasi melalui media transmisi berkabel atau nirkabel. Untuk jaringan yang menggunakan kabel, Anda mungkin memerlukan serat optik, kabel koaksial atau kabel tembaga. Sementara itu, jalur jaringan nirkabel mencakup jaringan komputer yang menggunakan tautan data nirkabel untuk menghubungkan titik akhir. Titik akhir ini termasuk transmisi, ponsel, microwave, dan satelit. Jaringan dapat bersifat pribadi atau publik. Di jaringan pribadi, pengguna umumnya perlu memasukkan kredensial untuk mengakses jaringan. Biasanya, ini ditentukan secara manual oleh administrator jaringan atau langsung oleh pengguna menggunakan kata sandi atau kredensial lain. Jaringan publik seperti Internet tidak membatasi akses.

 

Jenis – Jenis Jaringan Komputer

Jaringan komputer dikategorikan ke dalam 5 kelompok yaitu Jaringan berdasarkan jangkauan geografis, Jaringan berdasarkan distribusi sumber data, Jaringan berdasarkan media transmisi data, Jaringan berdasarkan peran dan hubungan masing-masing komputer dalam memproses data, dan Jaringan berdasarkan jenis topologi yang digunakan. Berikut penjelasannya dibawah ini :

Baca Juga  Peraturan Sepak Bola

Berdasarkan Jangkauan Geografis

LAN
LAN

1. LAN

Jaringan area lokal, atau sering disingkat LAN, adalah jaringan yang hanya mencakup area kecil, seperti kafe internet, kantor atau sekolah. Secara umum, area LAN tidak jauh dari 1 kilometer persegi. Secara umum, jaringan LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet dengan kecepatan data sekitar 10, 100 atau bahkan 1000 MB / s. Selain teknologi Ethernet, beberapa juga menggunakan teknologi nirkabel seperti Wi-Fi untuk jaringan LAN.

2.MAN

Metropolitan Area Network atau MAN adalah jaringan yang mencakup kota-kota dengan kecepatan data tinggi. Dalam arti tertentu, jaringan MAN adalah kombinasi dari beberapa jaringan LAN. Jangakauan dari jaringan MAN berkisar antara 10 dan 50 km. MAN hanya memiliki satu atau dua kabel dan tidak dilengkapi dengan elemen switching yang menyederhanakan desain.

3. WAN

Wide Area Network atau WAN adalah jaringan yang mencakup area geografis yang luas, seperti negara atau bahkan benua. WAN umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan area lokal, yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan pengguna lain di lokasi lain.

Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/ Data

jaringan terpusat dan terdistribusi
jaringan terpusat dan terdistribusi

1. Jaringan pusat

Jaringan terpusat adalah jaringan yang terdiri dari komputer klien dan komputer server, komputer klien bertindak sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi / data dari komputer server. Dalam jaringan terpusat, ada istilah “terminal bisu” di mana terminal ini tidak memiliki perangkat pengolah data.

2. Jaringan terdistribusi

Jaringan ini adalah hasil dari kombinasi beberapa jaringan terpusat sehingga beberapa server dan komputer klien yang terhubung bersama dapat membentuk sistem jaringan tertentu.

Berdasarkan Media Transmisi Data yang Digunakan

1. Jaringan kabel

Cara transfer data yang digunakan dalam jaringan ini adalah kabel. Kabel digunakan untuk menghubungkan satu komputer ke komputer lain untuk bertukar informasi / data atau menghubungkan ke Internet. Salah satu cara transmisi yang digunakan dalam jaringan kabel adalah kabel UTP. Untuk informasi lebih lanjut tentang kabel UTP, lihat artikel:  Kabel UTP – Pengertian, Jenis, Fungsi, Cara Membuat, Kelebihan dan Kekurangannya

Baca Juga  Software - Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya

2. jaringan nirkabel

Dalam jaringan ini, gelombang elektromagnetik diperlukan sebagai sarana transmisi data. Tidak seperti jaringan kabel, tidak ada kabel yang digunakan dalam jaringan ini untuk bertukar informasi / data dengan komputer lain. Sebaliknya, gelombang elektromagnetik digunakan untuk mengirim sinyal informasi / data antar komputer. Adaptor nirkabel, salah satu media transmisi yang digunakan dalam jaringan nirkabel.

Berdasarkan Peran dan Hubungan Tiap Komputer untuk Memproses Data

Model client-server
Model client-server

1. jaringan client-server

Jaringan ini terdiri dari satu atau lebih komputer server dan klien. Biasanya terdiri dari satu komputer server dan beberapa komputer klien. Komputer server bertanggung jawab untuk menyediakan sumber daya data, sedangkan komputer klien hanya dapat menggunakan sumber daya data ini.

2. Jaringan peer-to-peer

Di jaringan ini, setiap komputer, baik server dan klien, memiliki lokasi yang sama. Komputer server dapat menjadi komputer klien, dan sebaliknya, komputer klien juga dapat menjadi komputer server.

 Berdasarkan Topologi Jaringan yang Digunakan

Topologi-Bus
Topologi-Bus

Topologi jaringan komputer adalah bentuk / struktur jaringan yang menghubungkan komputer. Untuk informasi lebih lanjut tentang topologi jaringan, lihat artikel tentang Topologi Jaringan Komputer – Pengertian, Jenis, Kelebihan dan Kekurangannya

 

Manfaat Jaringan Komputer

Ada beberapa alasan mengapa kita perlu membangun jaringan komputer. Pertimbangan ini juga merupakan keunggulan jaringan komputer.

  1. Resource Sharing

Dengan jaringan komputer, berbagi sumber daya atau resoursce dapat dilakukan tanpa kendala jarak. Pembagian resource meliputi:

  • Pertukaran Data: Dengan jaringan komputer, kami dapat dengan mudah berbagi data seperti dokumen, gambar, video, dll. Dengan kolega di lokasi terpencil, bahkan di berbagai negara.
  • Berbagi Perangkat Keras: Ketika komputer menghubungkan printer ke jaringan komputer, printer dapat digunakan oleh banyak komputer secara bersamaan. Kami tidak hanya dapat berbagi printer tetapi juga memori dan banyak perangkat keras lainnya.
  • Berbagi Akses Internet, jaringan komputer kecil, memungkinkan banyak komputer berbagi koneksi Internet. Perangkat khusus, seperti Misalnya, router dapat dengan mudah memberikan kata sandi kepada pengguna yang membutuhkannya.
  1. Konektivitas dan komunikasi
Baca Juga  Contoh Lamaran Kerja

Individu dalam suatu bangunan atau kelompok kerja dapat dihubungkan ke jaringan LAN. Beberapa LAN situs jarak jauh yang terhubung ke jaringan WAN. Ketika jaringan dibuat dan terhubung, misalnya, komunikasi antara pengguna dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi email.

  1. Keamanan dan manajemen data

Di dunia bisnis, jaringan memudahkan administrator untuk mengelola data perusahaan yang penting. Daripada menyimpan data penting ini pada perangkat komputasi masing-masing karyawan, yang dapat dikelola secara sewenang-wenang, itu menjadi lebih aman dan lebih mudah untuk menyimpan data secara terpusat di server bersama. Ini memudahkan karyawan untuk menemukan data. Administrator juga dapat memastikan bahwa data dicadangkan secara teratur dan dimungkinkan untuk menerapkan keamanan dengan menentukan siapa yang dapat membaca atau menulis data penting.

  1. Peningkatan kinerja dan kompensasi

Dalam keadaan tertentu, jaringan dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja beberapa aplikasi dengan mendistribusikan tugas komputer di beberapa komputer dalam jaringan.

  1. hiburan

Jaringan komputer, terutama Internet, biasanya menawarkan banyak jenis hiburan dan permainan. Seperti game multi-pemain yang dapat dimainkan oleh banyak pengguna secara bersamaan, atau hanya menonton video.

 

Demikianlah pembahasan artikel tentang jaringan komputer, jenis dan manfaatnya. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih atas kunjungannya. Salam manis dari penulis

Artikel Lainnya :