Jaringan Hewan – Pengertian, Jenis, Fungsi dan Gambar Contohnya

Posted on

Jaringan Hewan – Pengertian, Jenis, Fungsi dan Gambar Contohnya

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai pengertian jaringan hewan, jenis, fungsi dan juga contohnya. Namun, apakah Anda sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan jaringan hewan? Bagi Anda yang belum mengetahuinya, mari simak artikel dibawah ini secara seksama.

Pengertian Jaringan Hewan

Hewan adalah makhluk hidup yang memiliki berbagai macam jenis dan hewan ini berada di jaringan dan memiliki fungsi serupa. Yang dimaksud dengan jaringan hewan yaitu kumpulan beberapa sel yang sama. Selain itu, ia juga mempunyai fungsi yang sama yang membentuk jaringan organ hewan. Bukan hanya pada satu sel, akan tetapi berbagai sel dalam aksi yang sama dalam kasus yang sama pada organ hewan tertentu. Struktur jaringan hewan pada dasarnya sama dengan jaringan manusia, tetapi dengan bagian yang berbeda.

Jenis dan Fungsi Jaringan Hewan

Berikut ini adalah beberapa jenis jaringan hewan dan juga fungsinya, antara lain yaitu :

Jaringan Epitel

Jaringan yang menutupi dan membatasi pemukaan batang tubuh dalam bentuk organ, rongga dan juga saluran di ada dalam tubuh disebut sebagai jaringan epitel. Fungsi dari epitel pipih adalah untuk melindungi dan membungkus jaringan yang ada di bawahnya.

Adapun fungsi dari jaringan epitel yaitu :

  • Penyerapan (Absorpsi) gas maupun nutrisi seperti di paru-paru atau pencernaan.
  • Perlindungan terhadap iritasi mekanis, trauma, dehidrasi, dan toksisitas.
  • Pengangkutan cairan, lendir, nutrisi atau partikel lainnya.
  • Sekresi produk yang sudah di sintetis seperti enzim, hormon dan kulit di hasilkan oleh epitel glandular.
Baca Juga  Sistem Reproduksi Wanita

Jaringan Ikat

Jaringan yang saling berhubungan adalah jaringan berdasarkan bentuk, lokasi, dan strukturnya. Dia memiliki peran dalam fusi jaringan, dukungan tubuh dan peran dalam suhu tubuh dan mekanisme regenerasi. Jaringan ikat ini memiliki ciri yang sangat mendasar yaitu terdiri dari bahan interseluler, yang mana antara sel-sel itu disebut dengan matriks. Matriks ini menyerupai serat yang bentuknya fleksibel.

Fungsi jaringan ikat:

  • Mengikat jaringan yang berbeda untuk tetap bersama dan menyediakan materi pembungkus antar bagian-bagian tubuh.
  • Memberi penunjang dan bentuk bagi tubuh.
  • Zat dasarnya adalah penghambat penyebaran penyakit.
  • Bahan dasar jaringan ikat sangat kuat.

Jaringan otot

Sel dan juga serat yang diatur dan menggerakkan anggota tubuh disebut dengan jaringan otot. Tahap pergerakannya ada yang sadar dan beberapa tidak menyadarinya. Serat otot tersebut mengandung myosin dan juga flamen aktin. Miosin dan aktin ini bersifat kontraktil dan mampu memperpanjang dan memperpendek otot.

Fungsi dari jaringan otot yaitu alat untuk gerakan aktif. Jaringan otot bisa melakukan fungsi tersebut karena mempunyai suatu kemampuan untuk mempersingkat otot ketika mereka berkontraksi dan tumbuh lebih lama saat bersantai. Kontraksi otot terjadi ketika otot terlibat, sementara relaksasi otot terjadi ketika otot beristirahat.

Jaringan Saraf

Jaringan yang membangun sistem saraf disebut dengan jaringan saraf. Hewan juga memiliki sifat gugup yang merangsang mereka, sehingga mereka memiliki keinginan untuk bergerak seperti manusia. Sistem saraf sangat sensitif terhadap situasi di sekitarnya, sehingga saraf mengontrol otot-otot tempat hewan bergerak. Untuk bertahan hidup, sel-sel saraf menerima makanan melalui neuroglia dekat. Neuron mempunyai dendrit, tubuh sel dan juga neurit (akson).

Fungsi dari jaringan saraf yaitu untuk menyesuaikan organ maupun alat tubuh agar ada keserasian kerja untuk menerima dan menyampaikan, sehingga mereka bisa dengan cepat menemukan kondisi dan perubahan yang dapat dengan cepat ditemukan. Selain itu, terdiri dari sel-sel yang disebut neuron (sel saraf) dan neuroglia (sel pendukung).

Baca Juga  Daur Hidup Nyamuk

Gambar Contoh Jaringan Hewan

Itulah beberapa informasi tentang Jaringan Hewan yang dapat Anda ketahui. Semoga apa yang kami bagikan ini dapat bermanfaat dan juga menambah wawasan pengetahuan Anda. Ikuti terus update artikel dari kami dan jangan lupa share kepada yang lainnya untuk berbagi informasi dan terimakasih.

Artikel Lainnya :