Informasi : Pengertian, Fungsi, Konsep Dasar & Jenisnya

Posted on

Informasi : Pengertian, Fungsi, Konsep Dasar & Jenisnya

Siapa sih yang tidak tahu tentang informasi? Tentu saja semua orang tahu bahkan setiap harinya pasti ada berbagai macam informasi disekitar kita. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas lengkap tentang pengertian, fungsi, konsep dasar serta jenis infomasi dibawah ini.

Pengertian Informasi

Yang dimaksud dengan informasi yaitu kumpulan fakta atau data yang telah diproses dan juga dikelola, hingga nantinya menjadi mudah dipahami dan bermanfaat bagi para penerima.

Dari pemahaman diatas maka dapat dipahami bahwa kata (informasi) memiliki arti yang berbeda dari kata (data). Data merupakan fakta yang bisa dikatakan masih mentah atau belum diproses, setelah diolah atau diproses dapat menjadi informasi yang berguna.

Tidak semua fakta atau data dapat dikomunikasikan kepada penerima. Jika data yang akan diproses tidak bermanfaat bagi penerima, itu tidak dapat disebut informasi.

Kata “informasi” berasal dari bahasa Latin yang bertuliskan “Informatinem” yang berarti ide, kode maupun garis besar. Informasi dapat disajikan dalam berbagai format, penulisan, tabel, gambar, bagan, video, audio, dan lainnya.

Fungsi Informasi

Setidaknya ada tujuh kegiatan penjangkauan untuk orang-orang. Berikut adalah beberapa fungsi informasi, antara lain :

Menjadi Sumber Pengetahuan Baru

Berbagai macam informasi valid yang di terima mungkin informasi baru dan juga tambahkan informasi dari bidang tertentu. Misalnya, informasi yang diperoleh dari konten Internet untuk menyelesaikan masalah kesehatan.

Mungkin informasinya adalah sesuatu yang umum dan dikenal luas. Namun, mungkin ada seseorang yang tidak mengetahui informasi tersebut.

Baca Juga  Contoh Soal Psikotes

Menghapus Ketidakpastian

Penyebab dari suatu ketidakpastian yaitu kurangnya suatu infomasi. Diperlukan informasi yang lengkap dan valid dari sumber yang dapat diandalkan untuk menghapus ketidakpastian ini.

Sebagai Media Hiburan

Fungsi informasi lainnya yaitu sebagai sarana hiburan untuk masyarakat. Misalnya, informasi tentang atraksi di tempat dengan bahasa dan gambar yang menarik.

Sebagai Sumber Berita

Informasi tentang subjek tertentu dapat digunakan sebagai sumber berita kepada publik. Misalnya, informasi tentang permainan Asia dari TV, radio, dan situs berita online.

Sosialisasi Kebijakan

Bagian penting dari sebuah informasi yaitu berkomunikasi dengan pihak lain. Salah satunya adalah pengalihan kebijakan pemerintah kepada publik melalui sosialisasi.

Mempengaruhi Khalayak

Informasi tersebut dikirim melalui media massa, biasanya untuk mempengaruhi publik. Misalnya, informasi produk untuk mengetahui dan tertarik menggunakan TV.

Menyatukan Pendapat

Untuk mengekspresikan suatu pendapat kepada publik saat ini sangatlah mudah karena era media sosial. Namun, tidak semua pendapat konsisten dengan fakta.

Keberadaan informasi yang valid yang terkandung dalam sumber yang dapat dipercaya sangat membantu dalam menilai opini opini publik terhadap informasi ini.

Konsep Dasar Informasi

Definisi atau pemahaman informasi tidak dapat dipisahkan sehingga menjadi konsep dasar informasi, yang berarti hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang bermanfaat untuk penerima. Bahwa data adalah sumber informasi. Kenyataan yang menggambarkan suatu peristiwa yang terjadi pada waktu-waktu tertentu disebut dengan Data.

Informasi pun mempunyai siklus. Untuk menghasilkan informasi, maka bahan mentah yang berupa data kini diolah dengan metode tertentu. Disampaikan lah informasi tersebut, lalu digunakan oleh penerima untuk melakukan tindakan atau keputusan yang menghasilkan informasi baru lagi.

Karena diproduksi oleh pemrosesan dengan metode tertentu, informasi mungkin juga mengalami bias. Sehingga bias informasi tersebut bisa terjadi salah satunya karena hal-hal seperti dibawah ini.

  • Kesalahan atau pun kegagalan dalam sebuah pemrosesan.
  • Data tidak ada atau mentah.
  • Menggunakan metode pengumpulan dan juga pengukuran yang salah.
  • Sistem tidak berfungsi.
  • Terjadi kesalahan saat menyimpan atau memperbaiki data Anda.
Baca Juga  Pengertian Kewirausahaan

Informasi yang bias mungkin tidak berfungsi dengan baik dan jika digunakan, juga akan hasilnya juga bias. Oleh karena itu, penting sekali agar memastikan bahwa informasi yang digunakan mempunyai kualitas yang tinggi dan dicirikan oleh tiga karakteristik berikut ini.

  1. Akurat: Informasi harus didasarkan pada fakta yang sesungguhnya, bukan opini, isu, atau dugaan yang menyesatkan
  2. Tepat Waktu : Ini berarti bahwa penerima tidak terlambat untuk menerima informasi karena informasi yang sudah usang tidak lagi berharga, terutama ketika informasi tersebut digunakan untuk membuat keputusan.
  3. Relevan : Berarti informasi tersebut bermakna dan langsung bermanfaat bagi penerima. Informasi yang relevan dengan satu orang mungkin tidak relevan bagi orang lain.

Jenis Informasi

Absolute Information adalah “pohon” informasi, sejenis informasi yang dibenarkan dan tidak memerlukan penjelasan lebih lanjut.
Philosophic information merupakan sejenis pengetahuan konsep yang menggabungkan pengetahuan dengan pengetahuan dan politik.
Subjective information adalah sejenis pengetahuan yang berhubungan dengan emosi dan pengetahuan manusia.
Substitusional Information merupakan informasi yang meyatakan pada kasus, dimana berbagai macam informasi menggunakan konsep pengetahuan. Komunikasi merupakan pengganti dari istilah infomasi.
Objective information merupakan jenis data yang merujuk pada sifat logis dari informasi yang diberikan.
Cultural information merupakan informasi yang menekankan dimensi cultural (budaya).

Itulah beberapa pengertian mengenai informasi yang dapat Anda ketahui. Semoga dapat menambah pengetahuan dan juga wawasan Anda serta bermanfaat, terimakasih.

Artikel Lainnya :

E-Book : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Formatnya

Pencemaran Air : Pengertian, Penyebab, Dampak & Contohnya

Ekosistem : Pengertian, Komponen, Jenis & Contohnya