Pengertian Iklan Baris – Ciri-ciri, Cara Membuat dan Contohnya

Posted on

Pengertian Iklan Baris – Ciri-ciri, Cara Membuat dan Contohnya

4WinMobile.com – Iklan baris merupakan salah satu jenis iklan yang sudah populer sejak dulu hingga sekarang. Umumnya iklan baris bisa ditemukan di media cetak seperti surat kabar dan majalah.

Iklan baris juga sering muncul di televisi mau pun internet, tapi mungkin generasi sekarang tidak begitu mengenal jenis iklan ini. Untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai iklan baris.

 

Pengertian Iklan Baris

Iklan baris merupakan sebuah informasi yang ditujukan untuk mendorong atau membujuk khalayak ramai supaya tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan. Penulisanya menggunakan singkatan-singkatan untuk menghemat biaya dan juga tempat, dalam kolom yang sangat terbatas berbentuk beberapa baris.

Iklan biasanya diterbitkan dalam bentuk cetak, terutama di surat kabar. Jika dibandingkan dengan iklan yang lain, tentunya iklan baris ini lebih murah. Karena hanya terdapat kolom serta baris yang terbatas sekali.

Selain itu, untuk mempermudah konsumen, maka dikelompokan berdasarkan jenis barang atau jasa yang ditawarkan dan penempatanya juga berada di lembar khusus.

 

Ciri-ciri Iklan Baris

Iklan baris ini sendiri memiliki banyak sekali perbedaan dibandingkan dengan iklan lainnya, karena iklan baris memiliki ciri-ciri seperti di bawah ini :

1.) Tidak membutuhkan ilustrasi grafis.

2.) Terdapat opini serta fakta iklan.

3.) Berisi informasi penting, menjadikan ditulis seringkali mempunyai 2 sampai 3 baris dan juga dengan secara singkat.

4.) Diterbitkan secara berkelompok sesuai yang ditawarkan jenis barang maupun jasanya, misalnya : tanah, mobil, rumah dan juga jasa.

5.) Karena hanya membutuhkan tempat yang kecil dalam surah kabar, jadi pemasangannya murah.

6.) Dilengkapi juga dengan nomer telepon yang bisa untuk dihubungi.

7.) Menggunakan singkatan dalam bentuk kalimat pendek, ada juga iklan tidak berwarna dengan ukuran yang sangat kecil, tapi lengkap dengan gambarnya.

 

Baca Juga  Teks Debat– Pengertian , Unsur, Struktur, Ciri, Jenis dan Tata Caranya

Tujuan Iklan Baris

Iklan baris tidak hanya memiliki tujuan untuk mempromosikan barang, namun banyak memiliki beberapa tujuan lainnya seperti :

1.) Memperkenalkan merk atau produk.

2.) Mengkomunikasikan merk atau produk.

3.) Mengajak publik untuk mencoba menggunakan sebuah produk yang dikenalkan.

4.) Membina loyalitas konsumen.

5.) Mendukung terjadinya penjualan.

6.) Meningkatkan citra perusahaan atau produk.

 

Fungsi Iklan Baris

Iklan baris berfungsi sebagai salah satu jalan untuk memperkuat dorongan kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap suatu barang atau produk. Selain itu, iklan baris juga memiliki banyak fungsi, di antaranya adalah :

1.) Sumber informasi

2.) Memperlancar kegiatan ekonomi

3.) Sebagai pembagi bebas biaya.

4.) Menjadi sumber dana media.

5.) Menjadi identitas produsen.

6.) Menjadi saran control kualitas barang.

 

Struktur Iklan Baris

Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat iklan baris yang baik dan benar beserta dengan contohnya, terlebih dahulu kita akan memberikan struktur iklan baris. Agar lebih mudah saat membuat iklan baris nantinya :

1.) Judul (Headline atau Kepala Tulisan)

Judul diletakkan di bagian paling atas teks iklan meski begitu tidak semua iklan barus meletakkan judulnya di bagian atas, bahkan ada beberapa iklan yang tidak memiliki judul. Akan tetapi sebagian besar iklan baris menggunakan judul sebagai nama produk dan diletakkan di paling atas dan dibuat dengan font besar serta tebal.

Hal ini bertujuan agar iklan baris dapat mudah dikenali oleh pembaca.

 

2.) Sub Judul (Sub Headline)

Subheadline digunakan untuk memberikan informasi yang sangat penting karena berisikan keunggulan dari produk yang ditawarkan. Sehingga diharapkan dapat memikan calon pembeli.

 

3.) Amplifikasi (Perluasan atau Penjelasan Tentang Produk)

Bagian ini biasanya digunakan untuk mendeskripsikan sebuah produk dan menjelaskannya. Misalya spesifikasi produk hingga bagaimana cara mendapatkan produk yang diiklankan, nomor telepon, alamat dari si pengiklan.

Baca Juga  Surat Pengunduran Diri ( Resignt ) : Pengertian, Tujuan, Alasan, Fungsi dan Contohnya

Keterangan ini sangat penting bagi pembeli agar mereka tahu di mana mereka bisa mendapatkan barang yang dipajang di iklan.

Naskah ini biasanya mengikuti headline shingga bisa juga disebut dengan bodycopy atau body text. Bagian ini merupakan penjelasan lebih rinci mengenai produk, barang atau jasa yang ditawarkan di iklan.

Barang-barang mahal seperti rumah, mobil dan barang elektronik biasanya membutuhkan amplifikasi saat membuat iklan baris.

 

Cara Membuat Iklan Baris

Sudah tahu kan, struktur iklan baris. Sekarang saatnya kita buat iklan baris dengan cara di bawah ini :

1.) Buat Hitungan Judul

Anda sebaiknya menghindari ruang kosong yang tidak ada tujuannya hanya untuk beberapa karakter. Satu hal yang harus menonjol dari setiap iklan yaitu membuat judul yang sangat menarik.

Jadi, Anda harus benar-benar memastikan jika judul yang digunakan membawa dampak positif. Manfaatkanlah karakter yang diberikan, karena karakter yang bisa Anda gunakan yaitu sebanyak 25 karakter.

 

2.) Menguji dan Membuat Beberapa Iklan yang Ada

Jika dibandingkan, iklan ini sama seperti makhluk sosial, yaitu tidak suka sendirian, hehe. Oleh karena itu, usahakan dalam membuat jenis iklan harus lebih dari 1. Anda dapat membuatnya 2 hingga 3 jenis iklan. Hal tersebut akan membuat Anda untuk menemukan cara iklan yang begitu efektif.

 

3.) Ditulis dengan Singkat

Jika Anda membuat iklan baris, maka tulislah secara singkat dengan singkatan yang sering digunakan. Hal tersebut dikarenakan iklan baris pembayaran pemasangannya bergantung pada jumlah baris.

Walaupun ditulis menggunakan banyak kata singkatan dan secara singkat, namun harus mudah dan bisa dipahami oleh para pembaca.

Tak ada kewajiban jika iklan harus disingkat sih, hal itu bergantung pada hak masing-masing pengiklan. Akan tetapi, dengan semakin banyaknya kata yang ditulis, maka harga pemasangan iklannya pun akan semakin mahal.

Baca Juga  Interjeksi – Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contoh

 

Jenis-jenis dan Contoh Iklan Baris

Iklan baris terdiri dari beberapa jenis dan berikut ini adalah jenis-jenisnya beserta dengan contoh :

1.) Iklan Pencarian

Iklan ini merupakan suatu iklan yang digunakan untuk melakukan pencarian, misalnya dicari ART, guru atau mekanik.

Contoh Iklan :

Cari calon guru B.Inggris Llsn SMA/D3/S1 syrt : ikut Test & training, Hadi Darsono – 5523664 Gatot Subroto 54

 

2.) Iklan Penjualan

Iklan ini merupakan iklan yang digunakan untuk menjuala suatu barang, biasanya iklan ini bersifat cepat dan terburu-buru.

Contoh Iklan :

Djl sgr. Lptop Acer. grnsi & kndisi bgs, 2jt nego Tlp. 081236786981

 

3.) Iklan Penawaran Barang dan Jasa

Iklan ini merupakan iklan yang memberikan penawaran produk dan jasa bagi konsumen.

Contoh Iklan :

Baca Juga  Surat Pengunduran Diri ( Resignt ) : Pengertian, Tujuan, Alasan, Fungsi dan Contohnya

 

Dsewakan Rmh Br Jl Mawar Full Furnished AC Grs 3Mbl 2KT H40jt/th Hub.Zaini 082223489645.

 

4.) Iklan Lowongan

Iklan ini khusus dibuat untuk memberikan informasi bagi mereka yang mencari pekerjaan.

Contoh Iklan :

Dbut penjaga tk A_en.a Florist min 17th jujur, brpnampiln mnrik, niat kerja. Hub: Rina 08970021885

 

Pada dasarnya iklan baris memiliki fungsi dan tujuan yang sama yakni untuk memperkenalkan produk dan jasa atau memberikan informasi bagi pembaca. Namun yang menarik dari iklan ini adalah bentuk dan cara pembuatannya yang tidak sama dengan iklan lainnya. Semoga ulasan 4WinMobile.com kali ini bermanfaat, sampai jumpa.

Artikel Lainnya :