Hikmah Puasa Ramadhan

Posted on

Hikmah Puasa Ramadhan

Seluruh umat Muslim di dunia tentu akan menjalankan ibadah puasa setiap tahunnya. Suatu kewajiban bagi setiap muslim yang sudah baligh dan juga memenuhi syarat, entah itu syarat syah maupun syarat wajib dalam menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan. Hukum bagi yang orang muslim tidak menjalankannya ialah berdosa, sehingga wajib untuk mengganti di lain waktu dan juga wajib untuk membayar fidyah.

Arti dari puasa yaitu menahan. Jadi dengan puasa, Anda harus menahan lapar, haus dan hawa nafsu. Anda akan menahan lapar, haus dan semua yang membatalkannya mulai dari waktu imsak hingga magrib. Selain menjalankan ibadah puasa, ternyata terdapat beberapa hikmah puasa Ramadan yang akan Anda dapatkan apabila Anda menjalaninya dengan benar.

Hikmah Puasa Ramadan

Dibawah ini adalah beberapa hikmah puasa Ramadhan, termasuk:

Melatih seseorang untuk tabah dan sabar

Jika Anda berpuasa, jangan hanya kelaparan dan haus. Namun, Anda bisa terlatih untuk terbiasa menahan amarah dan tidak suudzon (berburuk sangka) kepada orang lain dengan Anda menjalankan puasa. Selain itu, Anda tidak mudah untuk terpancing dari omongan–omongan orang lain yang tidak enak tentang Anda, hal tersebut akan membiasakan diri Anda untuk bersabar dalam menghadapi segala sesuatu.

Melatih menjadi lebih disiplin

Hidup Anda akan lebih teratur apabila menjalankan puasa. Misalnya yaitu Anda yang selama ini tidak terbiasa dengan bangun pagi, maka saat menjalankan puasa Anda terbiasa menjalankan makan sahur dan akan lebih teratur untuk bangun pagi. Bagi Anda yang sulit untuk makan dengan teratur, maka dengan berpuasa makannya bisa teratur yaitu pada saat berbuka puasa dan sahur. Jika dibulan ramadhan Anda sudah terbiasa bangun pagi, maka setelah selesai bulan ramadhan, insyaAllah hidupnya akan lebih teratur dan yang pasti tidak akan malas untuk bangun di pagi hari.

Baca Juga  Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV) yang Baik dan Benar

Melatih seseorang untuk lebih bersyukur

Anda akan tetap merasa bersyukur atas apa yang Anda makan sejauh ini jika Anda tidak berpuasa. Mengapa? Karena Anda hanya makan dua kali selama bulan Ramadhan, yaitu saat berbuka puasa dan juga sahur di pagi hari.

Tercapainya derajat ketaqwaan seseorang

Anda telah menjalankan syuatu kebaikan seperti apa yang telah Allah perintahkan dan juga menjauhi semua laranganNya dengan menjalankan ibadah puasa. Oleh sebab itu, seseorang bisa menjadi pribadi yang lebih bertaqwa lagi kepada Allah SWT karena telah menjalankan ibadah puasa.

Anda selalu merasa bahwa Anda berada di bawah kendali Allah dengan melakukan ibadah puasa, sehingga Anda ingin melakukan hal-hal yang telah diperintahkan Allah SWT dan juga untuk menjadi lebih dekat dengan-Nya.

Membiasakan diri agar berhati–hati dalam berbuat

Agar tidak mengurangi manfaat dan pahala puasa, Anda harus menjaga kata-kata, perbuatan, dan hati Anda. Karena itu, jika Anda terbiasa melakukan kebaikan saat berpuasa, Anda juga akan terbiasa berhati-hati dalam bertindak. Karena Anda ingat bahwa Allah tahu semua yang Anda lakukan.

Semua yang dilakukan adalah ibadah

Ramadhan adalah bulan di mana ganjaran Anda berlipat ganda, jadi dengan mengandalkan Ramadhan untuk melakukannya dengan baik, Anda juga cenderung memiliki kebiasaan baik di luar Ramadan.

Hikmah puasa bagi kesehatan

Puasa juga memiliki hikmah pada kesehatan. Manfaat ataupun hikmah yang bisa di dapat antara lain yaitu bisa mengurangi kadar diabetes, mengurangi tekanan darah, mengurangi resiko struk, mengurangi berat badan serta menjadi obat maag.

Itulah beberapa informasi tentang hikmah puasa ramadhan yang dapat Anda ketahui. Semoga dengan artikel yang kami bagikan ini, Anda bisa lebih semangat lagi untuk menjalankan puasa dibulan ramadhan karena ada banyak hikmah didalamnya dan ini hanya terjadi selama sebulan dalam setahun. Semoga bermanfaat dan terimakasih!

Baca Juga  Pengertian Kewirausahaan

Referensi :
popbela.com
seruni.id

Artikel Lainnya :

Mandi Bersih Setelah Haid yang Benar

Doa Masuk Kamar Mandi Latin dan Artinya

Niat Mandi Taubat