Hardware – Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Posted on

Hardware – Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya

 

Hardware sering kali disebut sebagai perangkat komputer, karena komputer terdiri dari hardware (perangkat keras) dan (software) perangkat lunak. Bagi mereka yang sudah mengenal komputer atau laptop, secara alami mereka telah memahami apa itu hardware dan contoh yang bisa dilihat secara langsung. Namun bagi orang awam, mereka tentu tidak tahu dan bingung ketika ditanya tentang hardware (perangkat keras) ini. Nah, bagi yang belum mengerti tentang Hardaware, dibawah ini adalah beberapa penjelasan yang sangat lengkap.

 

Pengertian Hardware

Hardware adalah kumpulan komponen fisik yang membentuk perangkat komputer. Apabila dalam bahasa lain hardware merupakan komponen komputer atau elektronik yang memiliki bentuk fisik yang dapat berkaitan dengan sistem komputer.

Kini hardware dibagi menjadi tiga macam diantaranya yaitu input hardware, process hardware, output hardware. Hardaware adalah bagian yang saling berhubungan dari sofware dan brainware di komputer. Jika tidak ada perangkat keras, maka tidak akan ada komputer. Oleh karena itu, hardware, sotware dan brainware harus ada. Karena apabila salah satunya tidak berfungsi? Maka tidak ada satu perangkat yang ada pada komputer yang dapat digunakan .

 

Fungsi Hardware

Dengan Adanya hardware, ia memiliki fungsi yang membuat para pengguna komputer lebih mudah untuk bekerja dan sistem komputer dapat bekerja dengan baik karena adanya hardware. Fungsinya pun sudah sesuai dengan jenis-jenis yang ada. Oleh karena itu, silahkan simak dibawah ini untuk jenis-jenisnya.

 

Jenis Hardware

Hardware Input (Input Device)

Baca Juga  Harddisk - Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Hardaware Input atau Input Device adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data ke komputer dan kemudian data masuk ke suatu proses. Terdapat berbagai jenis perangkat untuk mengontrol dan juga mengiput sebuah komputer.
Contohnya : Keyboard, Mouse, Mouse pen, Disk Drive, Joystick, Tracball, Scanner.

Hardware Process (Process Device)

Perangkat pemrosesan atau yang disebut process device adalah untuk mengolah dan memproses data pada komputer. Perangkat yang satu ini juga disebut sebagai otak komputer karena merupakan perangkat yang sangat penting dalam memproses suatu data yang di input maupun dimasukkan. Contohnya yaitu : CPU, Ram, VGA dan lain sebagainya.

Hardware Output (Output Device)

Hardware Output merupakan perangkat keras yang gunanya untuk menampilkan dan juga mencetak data dari Hardware input yang telah melewati suatu proses. Contohnya : speaker, monitor dan juga printer.

 

Contoh Hardware

Contoh Hardware Input Device

Keyboard : Perangkat ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan simbol dan angka di komputer. Berbentuk seperti papan, ia memiliki beberapa tombol huruf, angka dan juga simbol.
Mouse : Perangkat yang memiliki fungsi untuk memindahkan kursor di layar komputer dan juga memudahkan Anda untuk memilih berbagai menu pada komputer.
Scanner : Perangkat keras ini berfungsi melakukan pekerjaan mengubah dokumen hard copy menjadi soft copy. Perangkat ini sangat penting untuk dokumen yang telah distempel maupun ditandatangani.

Contoh Hardware Process Device

VGA : Hardaware (Perangkat) keras yang memiliki fungsi untuk memproses suatu informasi grafis dan hasil dari proses tersebut nantinya akan ditampilkan di layar komputer.
CPU : Merupakan otak komputer yang memonitor semua proses kerja komputer Anda dari instruksi, pemrosesan hingga pencetakan.
RAM : Random Access Memory (RAM) adalah perangkat keras komputer yang benar-benar menentukan seberapa cepat komputer digunakan.

Baca Juga  Pemrograman - Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Contoh Hardware Output Device

Monitor : Komponen utama yang harus dimiliki setiap bisnis untuk melakukan berbagai informasi dan tugas dokumen.
Printer : Seperti yang dijelaskan dalam konsep perangkat keras sebelumnya, sebagai komponen output dalam bentuk implementasi perintah. Printer menyediakan semua dokumen yang diperlukan.
Proyektor LCD : Fitur-fitur proyektor LCD membantu Anda memutar gambar atau video dari komputer Anda ke layar LCD. Banyak presentasi dapat disampaikan lebih jelas menggunakan LCD.

Contoh Hardware Storage Device

Flashdisk : Salah satu alat yang memiliki fungsi untuk menyimpan suatu data dari komputer dan mempunyai konektor USB yang terhubung ke komputer Anda atau media lainnya. Flashdisk biasanya digunakan untuk mentransfer data antar komputer.
Harddisk : Fungsinya yaitu menyimpan suatu data pada komputer yang memiliki kapasitas tinggi.
Optical Disk : Media penyimpanan data fungsinya yaitu untuk dibaca / ditulis dengan sinar laser. Contohnya yaitu CD (Compact Disk) serta DVD (Digital Versatile Disk).

Contoh Hardware Periferal

Modem : Suatu media komunikasi yang dapat merubah suatu sinyal dari sinyal digital menjadi sinyal analog, begitu pula sebaliknya. Selain itu, modem juga memiliki fungsi yaitu dapat menghubungkan suatu komputer ke jaringan Internet.

Itulah beberapa informasi tentang Hardaware yang dapat Anda ketahui. Semoga artikel yang kami bagikan ini dapat menambah wawasan Anda dan bermanfaat.

Artikel Lainnya :