Fungsi Organ Tubuh Manusia – Pembahasan lengkapnya

Posted on

Fungsi Organ Tubuh Manusia

Kita sebagai manusia tentu memiliki yang namanya organ tubuh manusia. Akan tetapi, apakah Anda tahu fungsinya masing-masing? Nah, bagi Anda yang belum mengetahuinya, silahkan langsung saja simak artikel dibawah ini secara seksama.

 

 

Organ tubuh manusia merupakan suatu kumpulan jaringan yang mempunyai peran khusus dan tiap jaringan tersebut mempunyai tugas masing-masing yang saling berkaitan satu sama lain. Ada berbagai sistem organ dalam tubuh manusia, masing-masing dengan peran berbeda yang bekerja dalam kelangsungan hidup manusia. Dibawah ini merupakan beberapa organ dan juga fungsinya, yaitu :

Hati

Fungsi dari hati yaitu sebagai kelenjar pencernaan yang menghasilkan getah empedu.

Ginjal

Peran ginjal yaitu untuk mengatur keseimbangan elektrolit dan juga mengeluarkan limbah keluar dari tubuh melalui proses ginjal mengekskresikan urin ke ureter.

Jantung

Jantung memiliki fungsi yaitu untuk membagikan darah beroksigen pada seluruh organ tubuh dan juga untuk memompa darah dalam tubuh lewat pembuluh darah.

Paru-paru

Fungsi paru-paru yaitu untuk membantu pernapasan dan bekerjasama dengan organ lain yakni jantung untuk menjadi organ yang sangat penting dari sistem pernapasa. Paru-paru juga mengeluarkan kotoran dan juga gas karbon dioksida dari vena darah.

Lambung

Lambung memiliki fungsi yaitu untuk menghilangkan asam lambung, asam klorida dan untuk mempertahankan nilai pH yang mempengaruhi proses pencernaan.

Usus Halus

Fungsi usus halus yaitu untuk menyerap nutrisi yang ditemukan sebagian besar dalam makanan. Secara mekanis makanan dipecah menjadi cairan saat dicerna mencapai usus halus.

Baca Juga  Jaringan Hewan - Pengertian, Jenis, Fungsi dan Gambar Contohnya

Darah

Peran darah yaitu mengangkut oksigen yang dibutuhkan oleh sel-sel pada semua tubuh manusia. Salah satu fungsi darah yakni mengirim jaringan tubuh dengan nutrisi.

Pankreas

Pada sistem pencernaan bagian integral yaitu pankreas. Fungsi dari kepala pankreas yakni untuk mengeluarkan insulin dan juga cairan pankreas.

Otak

Otak memiliki fungsi untuk mengkordinir dan mengatur sebagian besar perilaku, gerakan serta fungsi tubuh homeostasis misalnya tekanan darah, detak jantung, suhu tubuh serta keseimbangan cairan tubuh.

Tenggorokan

Fungsi tenggorokan dalah tempat untuk jalannya makan ke kerongkongan dan tempat untuk keluarnya udara atau pernapasan ke paru-paru.

Hidung

Peran hidung dalam organ tubuh manusia yaitu untuk menyaring udara, menghangatkan udara pernapasan dan juga menghirup udara pernapasan. Selain itu, peran hidung juga dalam resonansi suara.

Mulut

Fungsi mulut yaitu awal tempat masuknya minuman, makanan dan juga berbicara.

Kelenjar Pineal

Kelenjar pineal merupakan kelenjar endokrin penting yang ada di dalam otak dengan warna abu-abu kemerahan. Ukuran kelenjar pineal sangat kecil sama dengan sebutir beras dan terdiri atas sel-sel khusus yang disebut sebagai pinealocytes dalam bahasa ilmiahnya.

Hipotalamus

Peran dari bagian otak manusia yaitu untuk mengontrol pelepasan hormon utama oleh kelenjar hipofisis yaitu hipotalamus.

Faring

Organ tubuh manusia yang memiliki kegunaan untuk menyaring udara yaitu faring. Faring merubah udara menjadi hangat, melewati dan membasahi ini melembabkan udara pada paru-paru.

Laring

Laring memiliki fungsi yaitu untuk memberikan nada suara saat sedang berbicara dan sering dikenal dengan kotak suara.

Kelenjar Tiroid

Letak kelenjar tiroid ini yaitu pada kelenjar endokrin terbesar dalam tubuh dan di pangkal leher. Kelenjar tiroid juga mengeluarkan 2 hormon penting yakni triiodothyronine (T3) dan juga tiroksin (T4).

Baca Juga  Jaringan Ikat - Pengertian, Ciri - Ciri, Jenis, Fungsi, dan Gambarnya

Empedu

Fungsi dari empedu yaitu tempat untuk menyimpan empedu yang dibutuhkan oleh pencernaan dan disekresikan oleh hati. Peran kantung empedu juga membantu dalam pencernaan lemak.

Rectum

Rektum atau disebut juga poros usus yaitu organ pencernaan yang memiliki fungsi menyediakan tempat untuk menyimpan pup atau feses.

Kelenjar Ludah

Fungsi kelenjar ludah yaitu untuk mengeluarkan air liur untuk membasahi makanan ke dalam mulut. Kelenjar ludah pun memulai suatu pencernaan dan juga membantu melindungi gigi dari penyakit.

Kerongkongan

Fungsi dari kerongkongan yaitu dari mulut ke lambung menjadi jalan bolus melalui kerongkongan yang disebabkan oleh adanya gerakan, nama gerakan ini disebut peristaltic di dinding otot kerongkongan.

Usus Besar

Fungsi usus besar adalah menyerap elektrolit dan air dari sisa-sisa pencernaan serta menyimpan kotoran hingga diekskresikan lewat BAB.

Diafragma

Partisi otot antara rongga dada dengan perut dan pada bagian bawah tulang rusuk meluas disebut sebagai diafragma. Salah satu fungsinya yakni untuk membantu dalam sistem pernapasan.

Limpa

Fungsi limpa yaitu untuk menyaring darah, trombosit, lalu disimpan dalam limpa bersama sel darah putih.

Ovarium

Ovarium adalah bagian dari sistem reproduksi wanita yang berada di lateral pelvis (dinding samping panggul) dan melekat pada rahim wanita. Kedua ovarium terhubung satu sama lain dengan saluran tuba (tuba fallopi).

Itulah beberapa informasi tentang organ tubuh manusia yang dapat Anda ketahui. Semoga dapat menambah ilmu pengetahuan serta wawasan Anda dan juga bermanfaat, terimakasih!

Artikel Lainnya :