Microsoft Word 2010 : Fungsi Icon pada Tab References

Posted on

Microsoft Word 2010 : Fungsi Icon pada Tab References

Mungkin dari Anda semua sudah tahu apa itu microsoft word, karena kebanyakan orang sudah mulai menggunakannya, entah untuk pekerjaan, tugas dll. Namun dalam microsoft word terdapat yang namanya Tab References. Tab References ini terdiri dari 6 group, antara lain : Table of Contens, Footnotes, Citation dan Bibliography, Captions, Index serta Table of Authorities. Untuk mengetahui fungsi dari icon tersebut, mari simak artikel dibawah ini.

Group Table of Contens

Berikut adalah beberapa icon perintah group Table of Contens terdapat 3 icon, yaitu :

Table of Contens : Dilakukan dalam pengelolaan daftar isi. Menu ini memungkinkan pengguna untuk secara otomatis membuat daftar isi halaman dokumen. Jika mode otomatis dipilih, fitur ini secara otomatis mencari judul dan subjudul dalam file dokumen yang sedang Anda kerjakan.

Karena itu, sebelumnya Anda harus memformat heading style maupun format judul dalam dokumen yang sedang diproses. Anda juga dapat menggunakan menu ini untuk mengelola daftar isi yang sudah ditambahkan/disisipkan.

Add Text : Fungsi dari icon ini yaitu mengelola suatu paragraf yang sudah terpilih, kaitannya sebagai entry pada daftar isi yang telah dibuat. Jarang, di tengah penulisan, paragraf reguler membaca seperti judul. Dalam kasus lain, Anda mungkin ingin memasukkan judul di Level 2 (subjudul), tetapi sistem akan membuat judul (Level 1) sebagai gantinya.

Ketika Anda mengklik, menu ini berisi beberapa opsi yang mendukung penyisipan. Anda bisa memilih, ingin menambahkan judul (level 1) atau subjudul (level 2) dll.

Baca Juga  Perakitan Komputer – Pengertian, Komponen dan Langkah Langkahnya

Update Table : Berfungsi memperbarui daftar isi, perubahan pada sebuah dokumen.

Group Footnotes

Semua icon perintah dalam grup Footnotes biasanya memiliki referensi untuk penulisan. Grup ini mempunyai flyout pada bagian kanan yang di bawahnya berisi properti detail mengenai referensi dokumen. Grup ini terdiri dari 4 ikon perintah:

Insert Footnote : Digunakan untuk menambahkan catatan kaki (referensi di bagian bawah halaman sebagai footer). Atau, sisipkan catatan kaki untuk mempelajari lebih lanjut tentang istilah yang digunakan. Sistem akan membawa sebuah kursor pada bagian bawah halaman serta memungkinkan Anda untuk menulis sebuah catatan kaki, apabila Anda mengaktifkan kursor di sebelah kanan kata itu, kemudian klik ikon ini.

Insert Endnote : Digunakan untuk menambahkan/menyisipkan suatu catatan pada akhir bab.

Next Footnote : Fungsinya adalah untuk memeriksa footnote dan juga endnote. Ikon ini memiliki panah ke bawah.

Show Notes : Digunakan untuk menunjukkan lokasi catatan, entah itu footnote ataupun endnote. Jika perintah ini Anda aktifkan, sistem menampilkan lokasi catatan pada halaman dokumen yang aktif. Klik icon perintah Show Notes sekali lagi untuk menonaktifkan tampilan tersebut.

Group Citation dan Bibliography

Icon perintah Citation dan Bibliografi digunakan untuk mengelola kutipan dan daftar pustaka. Dalam satu kasus, penulis masih perlu membuat catatan dalam buku khusus, tetapi keberuntungan tidak lagi memihak, karena byuka yang disimpan dibawa oleh teman lainnya. Untuk mengantisipasi kasus seperti ini, Citation & Bibliography dapat membantu Anda dalam pengelolaan ini. Grup ini terdiri dari 4 ikon perintah:

Insert Citation : Digunakan untuk memasukkan kutipan langsung ke area kursor aktif. Anda tidak akan melakukan pemformatan tradisional dengan ikon ini. Atur posisi kursor Anda, klik ikon ini, Anda akan diberikan beberapa opsi untuk memasukkan kutipan Anda.

Baca Juga  Bios - Pengertian, Fungsi, Komponen dan Jenisnya

Manage Sources : Fungsinya yaitu untuk mengelola semua sumber kutipan yang sudah ditambahkan/disisipkan ke semua file dokumen. Klik ikon ini untuk fokus pada pengaturan sembarang sumber kutipan untuk ditambahkan.

Style : Fungsinya yang memungkinkan Anda memilih bibliography yang diinginkan. Anda tidak perlu membuat bibliografi sendiri yang mungkin tidak Anda mengerti.

Bibliography : Fungsinya untuk menambahkan daftar pustaka pada file dokumen yang sedang aktif. Seperti dijelaskan di atas, daftar pustaka berhubungan erat dengan bahan kutipan yang ditambahkan.

Group Captions

Insert Caption biasanya digunakan untuk menambahkan informasi tentang gambar atau gambar ke dokumen. terdiri dari 4 ikon perintah:

Insert Caption : Digunakan untuk menambahkan informasi tentang gambar atau gambar yang dimasukkan. Faktanya, kami menyadari bahwa gambar tersebut cukup untuk mengaburkan subjek. Tetapi sedikit informasi tentang gambar juga harus diarahkan ke gambar. Jika tidak, memahami gambar dapat sedikit berubah. Jika gambar menunjukkan seorang gadis cantik, pembaca dapat menempel pada wajah gadis itu.

Insert Table of Figures : Berfungsi untuk menambahkan daftar isi gambar yang sudah ditambahkan dalam dokumen. Secara umum, buku perlu mendaftar buku bergambar sehingga pembaca dapat menavigasi semua gambar dalam buku.

Update Table : Fungsinya adalah melakukan pembaruan pada daftar katalog gambar. Perubahan pada segmen gambar mungkin tidak mengubah daftar yang dimasukkan sebelumnya. Misalnya, kami akan menambah atau menghapus gambar yang diilustrasikan. Dalam kasus lain, nomor daftar gambar mungkin kacau ketika memasukkan gambar baru di antara gambar lain. Ikon Refresh Table mengurutkan nomor indeks gambar.

Cross-reference : Dilakukan dalam menambahkan referensi silang. Lalu bagaimana jika hal tersebut diulang dengan ratusan kali? Disinilah fungsi icon Cross-reference yang sebenarnya.

Group Index

Group Index biasanya berfungsi untuk mengontrol daftar kata dalam buku. Grup ini terdiri dari 3 ikon perintah:

Baca Juga  Gopher : Pengertian, Fungsi, Cara Kerjanya

Mark Entry : Dilakukan dalam menandai entri baru pada dokumen. Ikon perintah Mark Entry membantu Anda mengelola dokumen baru.

Insert index : Digunakan untuk menambahkan daftar kata (indeks) ke dokumen. Indeks menggambarkan kata-kata sebagai istilah yang dibahas saat Anda mengetik. Dalam direktori, pembaca memiliki navigasi untuk melihat sekilas harta karun buku. Ikon Indeks membantu Anda mengelola index dokumen kerja Anda.

Update Index : Fungsi dari icon ini yaitu untuk memperbarui daftar indeks yang paling terkini.

Itulah beberapa informasi tentang Fungsi Icon pada Tab References pada Microsoft Word 2010 yang dapat Anda ketahui. Semoga bermanfaat serta menambah pengetahuan Anda, terimakasih!

Artikel Lainnya :