Doa Masuk Kamar Mandi Latin dan Artinya

Posted on

Doa Masuk Kamar Mandi Latin dan Artinya

Kegiatan rutin yang selalu dilakukan semua orang di dunia yaitu mandi. Apalagi bagi umat muslim, hukumnya sunnah bahkan bisa menjadi wajib aktifitas mandi tersebut. Mengapa begitu? Sebab dengan Anda melakukan kegiatan mandi, itu artinya Anda sudah membersihkan diri Anda dari hadast kecil maupun besar seperti halnya mandi haid, mandi junub dll.

Adab ketika akan memasuki kamar mandi sudah jelas terdapat dalam islam. Salah satu adab yang dimaksdud yaitu dengan cara membaca doa masuk kamar mandi, selain itu juga dianjurkan membaca doa keluar kamar mandi apabila telah selesai.

Apakah Anda bingung dan masih bertanya-bertanya mengapa harus membaca doa sebelum masuk kamar mandi? Karena seperti yang Anda ketahui bahwa jin atau setan akan selalu mengikuti manusia kemana saja manusia itu pergi, jadi Anda harus senantiasa untuk membaca doa sebelum memasuki kamar mandi. Terutama saat memasuki tempat yang tidak suci seperti jamban atau WC dan juga kamar mandi.

Jangan lupa untuk membaca doa terlebih dahulu yaitu membaca doa masuk kamar mandi jika Anda ingin setan dan jin kafir tidak mengganggu dan juga menjauh dari Anda saat sedang melakukan aktivitas di kamar mandi.

Doa Masuk Kamar Mandi

Doa masuk kamar mandi merupakan doa yang bisa Anda baca dan praktekkan setiap hari saat melakukan aktifitas mandi atau ingin buang hajat di kamar mandi atau WC. Doanya seperti yang dibawah ini.

Baca Juga  Ekosistem : Pengertian, Komponen, Jenis & Contohnya

Adab Masuk dan Keluar Kamar Mandi

Jika Anda sudah paham mengenai doa masuk kamar mandi dan doa keluar kamar mandi, alangkah baiknya jika Anda juga memahami adab saat berada dikamar mandi. Jika Anda adalah seorang muslim yang baik seharusnya mempunyai adab dan juga sopan santun dalam berbagai hal pada kegiatan sehari-hari.

Dibawah ini adalah salah satu adab ketika masuk kamar mandi dan keluar kamar mandi yang dapat Anda lakukan, antara lain :

  1. Saat akan masuk kamar mandi, hendaknya membaca basmalah supaya saat sedang berada di kamar mandi, Anda akan terhindar dari gangguan jin maupun setan.
  2. Jangan lupa untuk membaca doa sebelum masuk ke kamar mandi terlebih dahulu seperti yang telah dijelaskan diatas.
  3. Usahakan untuk mendahulukan kaki kiri terlebih dahulu saat akan melangkah masuk ke kamar mandi. Karena kamar mandi merupakan salah satu tempat yang najis dan tempatnya para setan berada.
  4. Saat berada di WC atau kamar mandi, gunakanlah alas kaki seperti sandal plastik atau sandal jepit.
  5. Saat berada di WC atau kamar mandi, usahakan jangan berbicara keras atau bernyanyi.
  6. Jangan sekali-kali mengucap maupun menjawab salam dari kamar mandi.
  7. Jika Anda tidak ingin aurat Anda terlihat oleh orang lain dari luar. Maka usahakan agar Anda menutup pintu kamar mandinya tersebut.
  8. Jika sedang PUP atau BAB didalam kamar mandi, usahakan jangan menghadap atau membelakangi kiblat.
  9. Dilarang keras membaca ayat suci Al Qur’an atau membawa ayat-ayat Al Qur’an.
  10. Apabila telah selesai buang hajat atau mandi, berhati-hati lah dengan najis. Saat selesai PUP atau BAB, maka siram lah atau aliri hingga benar-benar bersih.
  11. Saat Anda akan keluar kamar mandi, usahakan agar mendahulukan kakinya yang sebelah kanan kemudian diiringi dengan membaca doa (ghufraanaka) غُفْرَانَكَ yang artinya “aku meminta ampun pada-Mu”.
Baca Juga  Pengertian UMKM

Manfaat Ketika Masuk Kamar Mandi

Tentu, Anda akan melepas semua pakaian atau bahkan mengeluarkan auratnya saat Anda ingin buang air kecil atau ingin mandi. Oleh karena itu, aurat Anda tidak akan terlihat oleh setan maupun jin kafir ketika Anda berdoa. Selain itu, juga akan terhindar dari perbuatan buruk selama Anda di WC kamar atau mandi dengan membaca doa.

Apakah Anda telah mengetahu, kapan Anda akan wafat atau meninggal dunia? Anda pun tidak bisa mengetahuinya. Oleh karena itu, ketika sedang sedang buang hajat di WC atau mandi di kamar mandi saat itu juga terkadang ajal menghampiri.

Usahakan lah agar Anda membaca doa masuk kamar mandi terlebih dahulu sebelum Anda masuk WC atau masuk kamar mandi. Sehingga jika ada kejadian samapai meninggal dunia, insyaAllah akan meninggal dalam keadaan yang husnul khotimah.

Itulah beberapa informasi tentang doa masuk kamar mandi yang dapat Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk mempraktekkannya dimanapun Anda berada, terimakasih.

Referensi :
wisatanabawi.com
yuksinau.id

Artikel Lainnya :

Hukum Mencukur Bulu Kemaluan Untuk Wanita yang Belum Menikah Dalam Islam

ZAKAT – Pengertian, Hukum dan Benda yang wajib dizakati

Riba – Pengertian, Macam, dalil dan Hukumnya