Daya : Pengertian, Rumus, Satuan dan Contoh Soal Lengkap

Posted on

Daya : Pengertian, Rumus, Satuan dan Contoh Soal Lengkap

Apakah Anda sudah mendengar atau pun pernah tahu apa yang dimaksud dengan daya? Daya ini merupakan salah satu pembelajaran yang pernah kita pelajari di bangku SMP atau pun SMA khususnya fisika. Jika Anda belum pernah mengetahuinya, maka Anda sangat tepat sekali karena telah mengunjungi web kami yang akan membahas mengenai pengertian daya, rumus dan satuan beserta contoh soalnya.

Oleh karena itu, untuk memanfaatkan waktu, mari kita simak bersama-sama artikel dibawah ini untuk mengetahui lebih jelasnya tentang daya.

Pengertian Daya

Daya adalah kecepatan energi yang disuplai selama periode waktu tertentu. Satuan Internasional atau disingkat menjadi SI untuk daya adalah Joule per detik (J/d) : Watt (W). Satuan Watt digunakan untuk menghormati penemu mesin uap bernama James Watt. Satuan daya lain yang umum digunakan adalah Horse power atau Daya Kuda(hp), 1 hp = 746 watt. Besaran skalar yang bisa diukur karena daya itu sendiri mempunyai nilai dan tidak memiliki arah disebut dengan Daya.

Jika dilihat dari konsep fisika dasar, maka daya membutuhkan perubahan pada objek dan waktu saat terjadinya perubahan muncul. Dalam hal ini berbeda dari konsep kerja yang mana hanya mengukur perubahan keadaan benda. Sebagai contoh, pekerjaan seseorang sama dengan mengangkat beban, apakah mereka berjalan atau berlari, tetapi daya lebih besar untuk berlari karena kerja dilakukan dalam waktu yang lebih singkat.

Rumus dan Satuan Daya

Dalam fisika, kekuatan dilambangkan dengan persamaan berikut:

P : W / t

Kami juga dapat mengubah rumus daya dari perbandingan di atas :

Baca Juga  Momen Inersia - Pengertian, Penerapan, Rumus dan Contoh Soalnya

P : (F.s) / jam
P : F. v

Hasil ini diperoleh karena rumus bisnis (W) : gaya (F) kali jarak (t) dibagi dengan waktu (a)
Dan rumus kecepatan (v) : jarak (t) dibagi dengan waktu (t)

Keterangan

P : Daya (J/s dalam watt)
W : Usaha (Joule [J])
t : Waktu (Satuan kedua [s])
F : Gaya (Satuan Newton [N])
s : Jarak (Satuan meter [m])
v : Kecepatan (Satuan meter / detik [m/s])

Dari perbandingan fisika tersebut, bisa disimpulkan jika semakin tinggi kecepatan tumbukan, maka semakin tinggi pula kecepatan gaya. Sementara itu, semakin lama kekuatannya, semakin rendah pula kecepatannya.

Contoh Soal Lengkap Daya

Ada anak yang sedang memindahkan blok selama 5 menit dengan melakukan usaha mencapai 750 J. Lalu, berapakah daya dari seorang anak itu?

Penyelesaian

Di ketahui yaitu :

W : 750 J
t : 5 menit : 5 × 60 s : 300 s

Yang di tanya adalah P?

Di jawab

P : W / t
P : 750/300
P : 2,5 watt

Dengan demikian, kekuatan anak sama dengan 2,5 watt.

Itulah beberapa informasi tentang daya yang dapat Anda ketahui. Semoga apa yang kami bagikan ini bermanfaat untuk Anda semua dan jangan lupa untuk terus membaca artikel-artikel terbaru dari kami selanjutnya dengan berbagai macam pengetahuan lainnya. Terimakasih!

Artikel Lainnya :