daur..
daur..

Daur Hidup Nyamuk

Posted on

Daur Hidup Nyamuk

 

daur..
daur..

 

Dalam kehidupan sehari hari kita semua pasti sudah sangat familiar dengan binatang jenis serangga yang bernama Nyamuk, hewan kecil yang biasanya muncul dengan jumlah banyak pada saat musim penghujan atau diwilayah wilayah tertentu seperti dihutan atau pinggiran sungaiz maupun didalam rumah kita, namun apakah kamu semua faham bagaiamana cara nyamuk berkembang biak ? untuk jawaban rasa penasaran kalian maka simaklah penjelasan berikut ini.

Pengertian

Nyamuk adalah hewan termasuk jenis serangga, dan memiliki siklus hidup yang tertata baik. Saat ini, ada 2.700 spesies nyamuk di dunia. dengan cirri memiliki sayap panjang, kaki panjang dan kait panjang. Bentuk mulut nyamuk betina mirip dengan bentuk jarum suntik, yang digunakan untuk menyerap darah sebagai makanan mereka pada hewan mamalia dan manusia.

Hal ini berbeda dari nyamuk jantan dengan mulut yang lebar, namun nyamuk, laki-laki tidak menyerap darah. Berbeda dengan nyamuk betina yang mengkonsumsi tidak hanya darah, tetapi juga buah dan sayuran. Nyamuk menghisap darah ketika ada kebutuhan protein. Selain itu, nyamuk betina menghisap darah untuk memberi makan diri mereka sendiri jika mereka telah siap untuk hamil.

Perkawinan

Hal pertama yang akan dibahas adalah proses nyamuk kawin. Nyamuk betina kawin hanya sekali dalam seumur hidup mereka. hidup nyamuk tergantung pada air, dan jika air tidak tersedia, maka nyamuk akan mati. Setelah pembuahan nyamuk betina akan menghisap darah kemudian betina akan bertelur di air.

Telur

Nyamuk meninggalkan telur direndam dalam air, karena jika telur keluar dari air, maka telur dapat dihancurkan dan dibunuh. Itulah mengapa nyamuk lebih memilih meninggalkan telur nya dalam air. Bagaimana proses nyamuk bertelur, hal itu tergantung pada masing-masing spesies.

Baca Juga  Sistem Reproduksi Wanita

Tapi untuk jenis anafely nyamuk bertelur satu per satu. Tempat di mana mereka bertelur, bisa di kolam renang, rawa atau daerah air lain. Jika kering maka indukan kan dapat menggunakan bagian bawah perut sebagai reseptor, sementara mereka dapat menemukan tempat yang lembab yang paling basah. Satu indukan nyamuk dapat memproduksi hingga 300 telur nyamuk. telur nyamuk sangat halus dengan ukuran kurang dari 1 mm.

 

daur.
daur.

Jentik

Setelah telur nyamuk menetas, itu menjadi jentik nyamuk atau larva nyamuk. Bentuknya menyerupai benang hitam. Proses larva biasanya membutuhkan waktu sekitar 8-10 hari, tergantung pada suhu udara dan jumlah predator. Nyamuk larva harus hidup di atas air, sebelum menjadi nyamuk dewasa karena jika tidak maka jentik jentik nyamuk itu akan mati.

Nyamuk Kecil

Langkah selanjutnya setelah larva nyamuk berbentuk seperti kepompong, yang berlangsung selama 1-2 hari. Tahap ini merupakan tahap terakhir dari nyamuk di dalam air, dan mereka bernapas menggunakan cabang toraks, terletak di dada. Begitu sayap nyamuk tumbuh maka mereka mulai pergi dari air dan mulai terbang. proses terbang ini relative cepat baik bagi nmyamuk jantan dan nyamuk betina.

Nyamuk Dewasa

Langkah ini adalah tahap terakhir dari nyamuk menjadi nyamuk yang sempurna, akan segera siap untuk menjelajah dunia dengan sayap mereka. Biasanya, nyamuk ditata dalam waktu 1-2 hari dan Ini adalah proses yang sangat cepat.

Cara Berkembang Biak

Nyamuk betina bertelur di tempat yang berbeda tergantung pada jenis nyamuk. Ada beberapa spesies nyamuk yang bertelur di air tawar, dan ada yang bertelur di pepohonan atau pada wadah wadah air yang menggenang disekitar rumah rumah atau bangunan, seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi bahwa setelah proses perkawinan maka nyamuk betina akan menghisap darah lalu kemudian bertelur ditempat yang sesuai dengan jenis nya.

Baca Juga  Fungsi Organ Tubuh Manusia - Pembahasan lengkapnya

Menyebabkan Penyakit

Hewan ini adalah hewan nomor satu yang dapat menyebabkan penyakit terhadap manusia. Ada beberapa spesies nyamuk, seperti Aedes Egepti yang dapat menyebabkan  demam berdarah. Hal itu bisa saja terjadi karena jika nyamuk menghisap darah dari tubuh binatang alin yang mengidap penyakit lalu kemudian nyamuk berpindah menghisap darah manusia.

Maka secara langsung nyamuk telah menularkan penyakit dari darah yang dibawanya dalam tubuhnya, bahkan saat ini ada beberapa daerah yang terinfeksi malaria, seperti Nusa Tenggara, Papua, dan pulau-pulau Indonesia timur lainnya. Selain itu nyamuk juga dapat menyebabkan penyakit kaki gajah. Penyakit kaki gajah ini sangat berbahaya dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Nyamuk dapat hinggap pada tubuh manusia, hal ini karena nyamuk menggunakan sensor untuk suhu tubuh, bau badan dan gerakan, sehingga mudah untuk menemukan sasaran. kemudian nyamuk menempatkan mulutnya yang mirip jarum pada area tertentu dari kulit yaitu pori pori, kemudian nyamuk melukai kulit dan sebagainya dengan mulutnya sampai mereka menemukan pembuluh darah dan menghisap darah, Ketika dia selesai, maka bekas hisapan nya tadi akan menyebabkan gatal pada kulit.

 

 

daur
daur

 

Cara Membunuh Nyamuk

Membunuh nyamuk dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti menyemprot dengan asap atau fogging dan memberi aroma yang menyengat yang tidak disukai oleh nyamuk. Ada beberapa tanaman yang bisa digunakan sebagai pembasmi nyamuk, termasuk kayu putih, lavender, kulit jeruk, bunga geranium, bunga marigold, Ageratum, rosemary, dan sebagainya.

Namun langkah yang terbaik adalah mencegah pertumbuhan nyamuk disekitar lingkungan hidup kita dengan tidak membiarkan mereka berkembang biak, mengeringkan genangan genangan air disekeliling rumah adalah salah satu alternative baik untuk mencegah nyamuk tumbuh berkembang biak.

Baca Juga  Pengertian Jaringan Tumbuhan - Lengkap Dengan Struktur Beserta Gambar

Demikian uraian tentang Daur Hidup Nyamuk, semoga ini dapat memberi manfaat bagi kalian semua dan sampai jumpa pada artikel berikutnya, terima kasih.

 

Artikel Lainnya :