Data : Fungsi, Sumber, Jenis dan Contohnya

Posted on

Data : Fungsi, Sumber, Jenis dan Contohnya

Data adalah elemen awal yang dipertimbangkan untuk menghentikan kebijakan. Sederhananya, data adalah kumpulan fakta yang dapat memberikan gambaran luas tentang suatu situasi atau keadaan. Data dikumpulkan dengan cara tertentu, lalu diproses supaya menghasilkan informasi yang mudah untuk dipahami dan jelas.

Data dibutuhkan di berbagai macam bidang entah dari penjualan, pergudangan, penelitian, kependudukan dan sebagainya. Jika data semakin kompleks, maka pengolahannya semakin rumit.

Mungkin bagi sebagian orang mengetahui tentang apa itu data, akan tetapi sebagian yang lain belum mengetahuinya. Oleh karena itu, kami akan membagikan seputar fungsi, sumber, jenis beserta contoh data. Data merupakan kumpulan informasi maupun keterangan–keterangan. Supaya Anda mengetahui penjelasannya secara lengkap, maka simak artikel dibawah ini secara seksama.

Fungsi Data

Terdapat beberapa fungsi data yang bisa diketahui, yakni :

Dasar Membuat Suatu Keputusan

Data yang bisa digunakan untuk membuat solusi terbaik bagi masalah yang ada. Informasi membuat keputusan lebih mudah dan lebih bertanggung jawab

Dasar Perencanaan

Saat membuat rencana, diperlukan parameter yang tepat. Informasi di sini harus menjadi parameter dan referensi saat membuat rencana. Data juga akan memungkinkannya untuk menilai situasi di masa depan sehingga rencana itu lebih fokus dan tingkat keberhasilannya lebih tinggi.

Acuan Implementasi Suatu Kegiatan

Data dapat digunakan sebagai referensi dalam melakukan aktivitas atau suatu kegiatan.

Bahan Evaluasi

Untuk meningkatkan kualitas atau mutu, evaluasi diperlukan dalam organisasi atau institusi. Informasi ini di sini sebagai bahan untuk mengevaluasi kinerja atau operasi organisasi.

Baca Juga  Blog : Pengertian, Fungsi, Sejarah, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Sumber Data

Sumber data adalah topik dari mana data dapat diperoleh. Terdapat dua jenis sumber data antara lain yaitu :

Sumber data primer yaitu sumber data yang didapatkan secara langsung oleh sang peneliti. Sedangkan sumber data sekunder merupakan sumber data yang masih belum diperoleh oleh sang peneliti secara langsung, namun sumber data tersebut terkadang diperoleh dari pihak lain.

Jenis Data

Data Berdasarkan Cara Memperolehnya

Data Primer merupakan data asli serta data baru yang dikumpulkan langsung oleh peneliti.
Data sekunder merupakan data yang tersedia dikumpulkan dari beberapa sumber sebelumnya. Contohnya : dokumen penelitian sebelumnya, perpustakaan dan lainnya.

Data Berdasarkan Sumbernya

Data eksternal adalah data yang didapatkan dari luar organisasi yang bisa memengaruhi kinerja organisasi yang menggambarkan berbagai macam faktor. Contohnya : informasi tentang perubahan kebiasaan masyarakat, daya beli masyarakat dan lain-lain.
Data internal merupakan suatu organisasi yang menggambarkan keadaan atau situasi organisasi itu atau data yang diperoleh dari internal. Contohnya : informasi tentang jumlah karyawan, jumlah produksi, jumlah modal dan lain sebagainya.

Data Berdasarkan Sifatnya

Data kualitatif merupakan suatu data yang dapat dinyatakan dalam bentuk simbol, verbal maupun gambar. Contohnya : kuesioner tentang tingkat kepuasan pelanggan dengan layanan perusahaan.
Data kuantitatif merupakan data yang bisa dinyatakan dalam bentuk bilangan maupun angka. Contohnya : nilai pendapatan, harga saham, dan lainnya.

Data Berdasarkan Waktu Pengumpulannya

Data Cross Section adalah data yang dikumpulkan hanya pada waktu yang ditentukan untuk menentukan situasi. Contohnya : Data yang menggunakan kuesioner.
Data Berkala merupakan suatu data yang dikumpulkan secara berkala untuk menentukan perkembangan suatu peristiwa pada periode tertentu dari waktu ke waktu. Contohnya : Data harga makanan/sembako.

Baca Juga  Doa Masuk Kamar Mandi Latin dan Artinya

Contoh Data

Dibawah ini adalah salah satu contoh data, yaitu :

  • Terjadinya suatu kecelakaan di jalan raya
  • Seorang karyawan bernama A dalam waktu satu bulan hanya masuk selama 15 hari
  • Harga ayam potong
  • Cina kini berhasil menjadi juara umum ASIAN GAMES 2018
  • Mahasiswa sekolah tinggi
  • Pembangunan jalan
  • Kenaikan harga BBM
  • Harga laptop smartphone terbaru
  • Minuman jus wortel
  • Harga sayuran
  • Persebaya telah menang

Itulah beberapa informasi tentang data yang dapat Anda ketahui. Semoga dengan artikel yang kami bagikan ini, apat menjadi referensi bagi Anda, bermanfaat pula dan terimakasih!

Artikel Lainnya :

Informasi : Pengertian, Fungsi, Konsep Dasar & Jenisnya

UPS : Pengertian, Komponen, Jenis dan Cara Kerjanya

Brainware : Pengertian, Fungsi, Komponen, Jenis dan Contohnya