teks diskusi
teks diskusi

Contoh Teks Diskusi

Posted on

Contoh Teks Diskusi

 

teks diskusi
teks diskusi

 

Dalam kehidupan kita tak jarang kita sering melakukan aktifitas atau kegiatan yang berkenaan tentang diskusi, entah itu dalam lingkungan lokal kita sendiri dalam keluarga maupun melibatkan orang banyak atau masyarakat lainnya, tentunya dalam berdiskusi kita akan bertukar fikiran dengan orang lain dalam membahas sesuatu yang menurut kita penting untuk didiskusikan bersama.

Hal ini tentu saja menuntut kita untuk mendengarkan pendapat orang lain dan gagasan gagasan orang lain yang terlibat dalam kegiatan diskusi tersebut, sesuai dengan artinya bahwa Diskusi adalah Pertemuan Ilmiah dari beberapa orang untuk bertukar fikiran dalam mengulas suatu permasalahan.

Namun apakah kalian pernah mendengar apa yang dimaksud dengan Teks Diskusi ? jika kalian belum mengetahui apa itu teks diskusi maka pada artikel kali ini kami kembali akan menerangkan dan menjelaskan secara rinci tentang makna dari teks diskusi tersebut, untuk itu ada baiknya kalian baca dan simak dengan seksama artikel ini dari awal sampai akhir, Berikut ulasannya,

Makna Teks Diskusi

Teks Diskusi adalah sebuah Teks yang memberikan dua opininatau pendapat yang berbeda mengenai satu perihal ( Kontra dan Pro ) dimana karena adanya perihal tersebut kemudian kedua belah pihak saling berbicara tentang permasalahan yang terjadi atau disebut dengan diskusi.

Atau dapat juga diartikan sebagai sebuah tulisan yang membahas sebuah isu masalah disertai gagasan yang baik untuk mendukung atau menentang isu tersebut yang diakhiri rekomendasi oleh penulis.

Baca Juga  Pengertian UMKM

 

teks diskusi.
teks diskusi.

 

Susunan Teks Diskusi

Dalam Teks Diskusi terdapat empat susunan diantaranya ialah isu, argument mendukung, argument menolak, dan kesimpulan, yang penjabarannya sebagai berikut :

  1. Isu

Berisi masalah atau persoalan yang kemudian akan Diskusikan secara bersama.

  1. Argumen Mendukung

Berisi pendapat atau alasan yang berbentuk dukungan pada suatu permasalahan pokok yang didiskusikan, dalam hal ini penulis bisa menyampaikan pendapat pendukung yang disertai bukti dan alasan untuk mendukungnya.

  1. Argumen Menentang

Berisi pendapat atau alasan yang berbentuk menetang argument yang mendukung, dalam hal ini penulis menjabarkan pendapat disertai pula dengan bukti dan alasan dari pandangan berlawanan.

  1. Kesimpulan

Adalah sebagai tahap atau hasil terakhir dan rekomendasi mengenai isu yang telah dibahas yang memuat jalan tengah antara Kontra dan pro.

Maksud Teks Diskusi

Teks Diskusi ini mempunyai tujuan atau maksud mencari kemufakatan atau kesepakatan pendapat, sementara diskusi yang dilakukan oleh beberapa orang disebut dengan diskusi kelompok dan terdapat seorang pemimpin dalam diskusi tersebut.

Macam Macam Teks Diskusi

  1. Seminar

  2. Sarasehan

  3. Simposium

  4. Diskusi Panel

  5. Muktamar

  6. Kongres

  7. Lokakarya

Aturan Bahasa Teks Diskusi

Dalam teks diskusi perlu diperhatikan unsur bahasa yang akan dipakai, dalam hal ini terdapat beberapa ciri dari kebahasaan yang umum atau lazim dipakai dalam teks diskusi yang mudah kita mengerti, antara lain :

  1. – Sedangkan
  2. – Tetapi
  3. – Melainkan…..Bukan
  4. – Tetapi……Tidak
  5. – Memakai kohesi gramtikal dan kohesi leksikal
  6. – Awalan memakai kalimat Tanya
  7. – Memakai kata modalitas

Guna Teks Diskusi

Teks Diskusi diketahui berguna atau berfungsi untuk memandang suatu permasalahan dari berbagai segi persfektif sebelum mengakhiri atau membuat kesimpulan atas satu permasalahan yang didiskusikan.

Contoh Teks Diskusi

 

Baca Juga  Doa Bangun Tidur Dan Artinya
teks diskusi..
teks diskusi..

 

  1. Tentang Penyalahgunaan Narkoba

Isu

Narkoba banyak dikenal masyarakat dan diketahui sangat berbahaya. Namun pada kenyataannya, saat ini masih ditemukan.

Narkoba adalah obat-obatan berbahaya, termasuk obat yang memiliki dampak bahaya yang besar pada pengguna dan dapat menyebabkan dampak negatif pada kesehatan tubuh jika digunakan untuk jangka panjang terlalu tinggi.

Argumen Mendukung

Risiko penggunaan narkoba termasuk:

  1. Intervensi jantung
  2. Kerusakan pada pembuluh darah menyebabkan peningkatan tekanan darah
  3. Kerusakan saraf dan otak
  4. Masalah paru-paru
  5. Performa reproduksi buruk
  6. Mengurangi selera makan
  7. Mual dan muntah terus-menerus.
  8. AIDS

Argumen Menentang

Tetapi tidak semua obat buruk jika digunakan dengan benar. Zat psikoaktif ini sering digunakan dalam pengobatan.

Seperti untuk membius pasien dan mereka yang menggunakan obat tertentu. Tetapi dalam dosis yang sangat kecil, maka tidak menimbulkan risiko apa pun.

Kesimpulan

Ketika sudah tahu bahaya narkoba, ada baiknya untuk menghindari narkoba dan Anda perlu berhati-hati untuk hal ini.

 

  1. Contoh Diskusi Kenakalan Kaum Muda

Saat ini, kita sering mendengar tentang penyakit kelenjar getah bening. Komitmen ini berasal dari eksploitasi kenakalan anak muda. Eksploitasi kenakalan sering ditemukan dalam gambar besar dan rekaman video.

Dengan menonton gambar yang tidak pantas dalam video, remaja akan menganggap bahwa perbuatan negatif adalah hal yang wajar. Terburuk dari semua, ada beberapa orang yang akhirnya akan menggunakan obat-obatan, merokok, minum alkohol.

Berdasarkan asumsi di atas, tema kali ini akan membahas tentang kenakalan remaja.

Mengetahui dan memahami masalah yang dihadapi remaja, diharapkan untuk mencegah mereka melakukan hubungan negatif dan konsekuensi yang ditimbulkannya. Untuk memahami hal ini, perlu untuk memberi informasi dan bimbingan dari berbagai bidang yang dianggap mampu mengubah perilaku yang terkait dengan kenakalan remaja tersebut.

Baca Juga  Jaringan Komputer - Pengertian, Jenis dan manfaatnya

 

  1. Contoh Diskusi tentang Limbah

Limbah menjadi hal yang dianggap sangat mengganggu karena memberikan dampak negatif terhadap lingkungan. Sampah yang rusak dapat menyebabkan berbagai penyakit dan bahkan dapat menyebabkan banjir. Mengelola limbah dipandang sebagai masalah penting di beberapa daerah. Padahal, masalah sampah sudah lama diperdebatkan.

Beberapa orang berpikir bahwa sampah seharusnya tidak lagi diperlukan, dan sampah itu harus dihancurkan dengan cara dibakar. Tetapi bagi mereka yang mencintai alam, pendekatan ini tidak dianggap sebagai solusi, tetapi sebuah tragedi baru. Limbah yang terbakar akan menciptakan bau yang tidak sedap pada polkusi udara, dan bahkan dapat meruak lapisan ozon.

Orang yang menyukai lingkungannya, tentu saja, lebih suka mendaur ulang sampah. Sebagai contoh, sampah organik seperti daun kering, batang pohon dan sejenisnya dapat digunakan sebagai pupuk kompos. Di sisi lain, sampah yang tidak ramah lingkungan dapat didaur ulang.

 

Demikianlah penjelasan tentang Teks Diskusi yang sudah kami jelaskan dengan detail, semoga ini bermanfaat untuk kalian dan terimakasih.

 

Artikel Lainnya :