teks berita
teks berita

Contoh Teks Berita

Posted on

Contoh Teks Berita

teks berita
teks berita

 

Dalam kehidupan sehari hari kita, pasti sering mendengar berbagai Berita melalui media elektronik atau media cetak, namun apakah kalian pernah memahami tentang apa yanmg terkandung atau apa maksud dari berita tersebut, pada artikel ini kalian dapat menyimak pengertian tentang Teks Berita dengan membacanya sampai selesai.

Makna Teks Berita

Item berita adalah deskripsi konten dari suatu peristiwa atau fakta yang telah terjadi atau sedang terjadi. Informasi dari item berita harus menjadi sumber yang jelas sehingga kebenaran dapat diukur. Sumber teks berita dapat datang dari mana saja, seperti dari media cetak dan elektronik. Dalam banyak program televisi, Skrip dirancang untuk mempermudah pesan media mengirim informasi yang lebih akurat dan terbaru.

Khususnya dalam hal ini pengiriman berita harus dapat memberikan informasi yang akurat kepada audiens yang dituju. Dalam praktiknya, sebuah berita dapat didiskusikan dengan topik lain seperti berbicara ke situs atau konten lain yang ada hubungannya dengan berita.

Pengertian Teks Berita

Teks Berita merupakan teks yang berisi informasi yang terkait dengan peristiwa tertentu di seluruh dunia atau di sekitar kita, yang diinformasikan melalui berbagai media elektronik maupun cetak. Berita harus didasarkan pada informasi faktual sehingga informasi yang diterima dari masyarakat didasarkan pada fakta di lapangan. Dengan demikian informasi yang dikirimkan oleh seorang jurnalis dapat dipercaya oleh penerima berita.

Teks Berita 5W + 1H

 

Contoh Teks Berita .
Contoh Teks Berita .

 

Berita berisi elemen 5W + 1H dapat dikatakan baik dan bagus. 5W + 1H adalah kumpulan pertanyaan yang jawabannya memberikan informasi kepada pembaca. Untuk memperjelas pemahaman Anda tentang 5W +1H pada subjek berita, Anda perlu mempelajari apa yang dimaksud dengan 5W + 1H tersebut :

  1. What = Apa
  2. When = Kapan
  3. Where = Dimana
  4. Who = Siapa
  5. Why = Mengapa
  6. How = Bagaimana
Baca Juga  Data : Fungsi, Sumber, Jenis dan Contohnya

Contoh Berita 5W + 1H

  1. Contoh Berita Kebakaran

Rumah Terbakar Karna Lilin

Peristiwa tak terduga terjadi di Pusat Perumahan Griya Aksen di Bekasi, Indonesia Bagian Barat, pada 22.14 malam tadi malam. Yang tak terduga terjadi pada keluarga Pak Lukman, di mana rumah mereka terbakar. Diduga penyebab kebakaran itu karena pemilik rumah meletakkan lilin di atas Meja kayu.

Untungnya bagi tidak ada korban jiwa. Pada saat kebakaran, Pak Lukman sedang menghadiri Hajatan di rumah tetangganya. Sementara itu, istrinya tidak ada di rumah. Meskipun tidak ada kematian atau korban jiwa, insiden itu masih menelan biaya sekitar 600 juta rupiah.

  1. Contoh Berita Kecelakaan

Mobil Mewah Menabrak Pembatas Jalan

Kecelakaan lain terjadi di Jalan Tol Sipali pada malam 6 Maret 2018. Mobil mewah yang dikendarai oleh seorang pria muda bernama Akasy terlibat dalam kecelakaan itu. Penyebab utama kecelakaan adalah pengemudi melaju dengan kecepatan 130 km / jam.

Saat mengemudi dengan kecepatan tinggi, pengemudi tidak dapat mengendalikan mobil karena remnya rusak atau blong. Hasilnya, mobil Ferrari Nomor B 1234 YY menabrak pembatas jalan. Untungnya pengemudi itu bisa diselamatkan segera dan dibawa ke rumah sakit terdekat untuk perawatan medis.

  1. Contoh Berita Politik

Suasana Hangat Pemilihan Gubernur

Penduduk Jakarta akan segera mengadakan pemilihan umum untuk memilih gubernur dan wakil mereka. Pemilihan gubernur dan wakil-wakilnya tahun ini dipastikan akan memanas karena nominasi berasal dari berbagai partai politik dan independen. Salah satu kandidat gubernur adalah Fawzi Bowo.

Selain itu, faktor lain yang menghangatkan persaingan dari kandidat gubernur ini adalah perang terhadap gagasan dan visi serta misi untuk kebangkitan Jakarta. Seperti kita ketahui, ibu kota Negara Kesatuan Republik Indonesia ini diganggu dengan banyak masalah yang memerlukan penanganan serius

  1. Contoh Berita Banjir
Baca Juga  Pengertian Wawancara

Jakarta Direndam Banjir

Banjir bandang melanda beberapa wilayah di ibu kota Jakarta. Banjir di Sungai telah menyebabkan bencana tahunan ini karena hujan terus berlanjut. akibat banjir tersebut beberapa wilayah tenggelam dan beberapa keluarga mengungsi ke tempat lain.

Menurut data, sekitar 200 keluarga kehilangan rumah karena banjir. Pada saat yang sama, pemerintah menanggapi dengan cepat kebutuhan para pengungsi dengan menyediakan obat-obatan, air bersih, makanan, minuman, dan pakaian. Tragedi serupa terjadi dua tahun lalu di tempat yang sama. Namun, dampak banjir di tahun ini tidak begitu parah. Banjir tahunan ini disebabkan oleh kebiasaan membuang sampah sembarangan.

Demikianlah Penjelasan tentang Contoh Teks Berita yang sudah kami infokan pada kalian semua, semoga ini dapat menjadi acuan bagi kalian yang berprofesi sebagai pencari Berita atau Penulis Berita, kami berharap ini bermanfaat dan terima kasih.

 

Artikel Lainnya :