Surat Pengunduran Diri ( Resignt ) : Pengertian, Tujuan, Alasan, Fungsi dan Contohnya

Posted on

Surat Pengunduran Diri ( Resignt ) : Pengertian, Tujuan, Alasan, Fungsi dan Contohnya

Terdapat berbagai macam alasan penyebab Anda mengundurkan diri dari perusahaan tempat Anda bekerja, contoh budaya dan lingkungan kerja yang tidak sesuai dengan karakter Anda, masalah kesehatan, banyaknya gaji yang tidak sesuai dengan pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan atau mempunyai pendapatan yang lebih besar dari gaji yang Anda terima dari tempat kerja.

Anda harus mempersiapkan surat pengunduran diri yang baik dan benar terlebih dahulu sebelum benar-benar keluar dari tempat Anda bekerja itu. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kemungkinan timbulnya sesuatu yang kurang baik dan supaya perusahaan bisa menerima keputusan Anda.

Anda perlu membuat surat pengunduran diri kerja apabila ingin mengundurkan diri atau resign dengan cara terhormat dan sopan dari pekerjaan. Hal tersebut sangatlah penting, karena adab yang baik perlu dilakukan oleh seorang pejabat, pegawai, guru dan lainnya bukan hanya sekadar formalitas saja.

Pengertian Surat Pengunduran Diri

Salah satu jenis surat yang penting saat Anda akan memutuskan untuk keluar dari sebuah pekerjaan ataupun instansi adalah surat pengunduran diri (resignt). Saat karyawan memutuskan untuk keluar dari perusahaan, maka surat pengunduran diri ini lah yang sering digunakan karena berbagai alasan tertentu. Saat Anda akan membuat surat pengunduran diri atau surat resign, maka usahakan agar berisi alasan yang masuk akal dan logis supaya perusahaan bisa menerima dengan baik.

Baca Juga  Cara Membuat Daftar Pustaka

Tujuan Surat Pengunduran Diri

Berikut ini adalah beberapa tujuan dalam membuat surat pengunduran diri dari pekerjaan, antara lain yaitu :

1. Agar Anda terlihat tetap profesional dalam bekerja

Apapun keputusan yang Anda ambil haruslah dibarengi dengan nilai-nilai dan adab kesopanan, jangan tiba-tiba pergi dan menghilang begitu saja. Terutama dalam dunia kerja, tentu setiap perusahaan memiliki peraturan dan etika perusahaan yang harus ditaati.

Nah, jika Anda mengundurkan diri dengan cara yang baik dan juga secara resmi, tentunya perusahaan akan menilai Anda sebagai orang yang mempunyai tata krama, pribadi yang terhormat dan juga bertanggung jawab. Beda dengan cara Anda apabila secara diam-diam minggat alias langsung kabur dari perusahaan Anda tanpa memberikan surat pengunduran diri.

2. Agar perusahaan bisa mencari kandidat baru untuk mengganti diri Anda

Surat pengunduran diri kerja atau surat resign biasanya diajukan sebelum waktu Anda mengundurkan diri. Misalnya, Anda berkeinginan resign pada tanggal 20 Agustus 2019, jadi Anda sudah harus mengajukan surat pengunduran diri sebelum tanggal tersebut.

Untuk menghargai tempat Anda bekerja, maka hal tersebut perlu dilakukan agar tidak meninggalkan kesan buruk kepada diri Anda dan tugas-tugas Anda selama ini tidak akan terbengkalai.

Alasan Mengapa Seseorang Ingin Resignt Kerja

Harus ada alasan yang jelas bagi Anda saat akan mengundurkan diri untuk menghindari kesalahpahaman. Berikut adalah beberapa alasan umum :

  • Honor atau upah yang jauh dari standar gaji atau tidak cukup.
  • Dalam lingkungan kerja membuat Anda tidak tenang dan nyaman.
  • Bosan, jenuh atau ingin observatif dengan tempat baru,
  • Jenjang karir di perusahaan tidak berkembang.
  • Akan memulai usaha sendiri.
  • Ingin melanjutkan studi pendidikan untuk menunjang karir yang lebih mempuni.
  • Keluarga pindah.
  • Memiliki anak yang tidak memungkinkan untuk ditinggalkan.
  • Terdapat beberapa aturan perusahaan yang merugikan para karyawan.
  • Kondisi fisik yang menuntut untuk resignt.
  • Persaingan yang tidak sportif atau tidak sehat.
  • Jam kerja lebih dari jam kerja pada umumnya.
Baca Juga  Karangan – Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat dan Unsurnya

Fungsi Surat Pengunduran Diri

  • Untuk mengakhiri proses Anda dalam bekerja.
  • Untuk menentukan status seseorang jelas atau tidaknya dalam sebuah instansi ataupun perusahaan.
  • Memberikan kesempatan untuk mencari pengganti Anda bagi perusahaan tempat Anda bekerja.
  • Sebagai sarana bagi Anda dalam rangka mengundurkan diri dari sebuah perusahaan secara resmi.
  • Sarana untuk menunjukkan pada perusahaan jika Anda loyal, datang dengan cara yang baik, keluar pun harus secara baik-baik.
  • Tunjukkan pada perusahaan apabila Anda adalah seseorang yang professional, baik etika, sikap dan juga moral.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Itulah beberapa onformasi tentang contoh surat pengunduran diri yang dapat Anda ketahui. Semoga bermanfaat, dapat dipelajari kembali dan bisa dijadikan referensi saat Anda akan resign dari pekerjaan Anda, terimakasih!

Artikel Lainnya :