Contoh Surat Lamaran Kerja – yang Baik dan Benar

Posted on

Contoh Surat Lamaran Kerja – yang Baik dan Benar

Format dari contoh surat lamaran pekerjaan sangat mempengaruhi Anda saat akan melamar pekerjaan disuatu perusahaan diterima atau tidaknya lamaran Anda tersebut. Banyak surat lamaran yang hanya menjadi tumpukan kertas belaka, itu karena dari para pelamar kerja yang terkadang mengabaikan format surat lamaran kerja yang baik menurut HRD perusahaan.

Sering kali kita membuat surat lamaran kerja dan salah satu kesalahannya yaitu dari struktur dan juga bahasanya. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda, khusunya para pemohon atau pelamar agar melihat contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar terlebih dahulu agar tidak kebingungan dan juga dipusingkan lagi dengan bahasa yang digunakan serta struktur penulisan lamaran kerja.

Anda hanya tinggal menyesuaikan beberapa hal dengan cara mengganti nama, identitas sesuai dengan data diri Anda masing-masing, posisi jabatan yang akan dilamar dan juga pengalaman kerja atau bahkan latar belakang pendidikan yang Anda miliki. Jika Anda akan membuat surat lamaran kerja, maka buatlah dengan sebaik-baiknya, karena surat lamaran juga dapat menunjukan kualitas serta karakter seseorang.

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Surat yang akan dibuat untuk melamar kerja atau bergabung pada salah satu perusahaan yang memiliki pekerjaan atau posisi sesuai dengan kebutuhan perusahaan menyediakan lowongan pekerjaan disebut dengan surat lamaran kerja.

Untuk memenuhi kriteria standart surat lamaran, Anda harus benar-benar membuat dengan sebenar-benarnya. Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan supaya lamaran Anda diterima dengan baik oleh HRD yakni sebelum membuat dan mengirim berkas surat lamaran Anda silahkan simak format dan tips dalam membuat surat lamaran kerja yang benar dibawah ini agar surat lamaran Anda tidak terbuang begitu saja (sia-sia).

Baca Juga  Surat - Pengertian, Jenis, Ciri, Fungsi dan Contohnya

Format Surat Lamaran Kerja

Terdapat beberapa format penulisan yang haru Anda perhatikan saat akan membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar sebagai berikut :

  1. Tanggal dan juga Tempat Penulisan
  2. Nama beserta Alamat Lengkap Perusahaan yang Dituju
  3. Salam Pembuka atau Salam Hormat
  4. Menulis Kata Pengantar yang Baik
  5. Lengkapi Biodata Diri Anda
  6. Cantumkan Pengalaman Kerja maupun Keahlian yang Anda Miliki
  7. Penutup dan salam

Tips dalam Membuat Surat Lamaran Kerja

Berikut ini adalah beberapa tips dalam membuat surat lamaran kerja yang bisa Anda perhatikan, antara lain :

  • Gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar serta pilih bahasa yang formal atau resmi.
  • Karena Anda akan membuat surat secara resmi pada sebuah perusahaan, maka gunakanlah kata-kata yang sopan namun tetap resmi. Jangan sekali-kali Anda menggunakan bahasa daerah yang tidak dimengerti dan juga bahasa gaul.
  • Gunakan format penulisan sesuai dengan ketentuan surat lamaran kerja yang tersusun rapi dan jangan bertele-tele.
  • Perusahaan akan lebih menilai tulisan tangan Anda, oleh karena itu, bisa Anda tulis secara manual.
  • Silahkan data pribadi atau data asli Anda lengkapi dengan data-data lainnya sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan tersebut nantinya.
  • Lampirkan juga surat pendukung yang lain, misalnya sertifikat pengalaman kerja atau sertifikat seminar yang mungkin berhubungan dengan pekerjaan yang Anda tuju.
  • Sertifikat-sertifikat tersebut menunjukan jika Anda mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Itulah beberapa informasi tentang contoh surat lamaran pekerjaan yang dapat Anda ketahui. Semoga bisa pahami dan dipraktekkan dengan baik dan benar saat Anda akan melamar pekerjaan yang Anda inginkan. Jangan lupa untuk terus membaca artikel-artikel terbaru dari kami, semoga bermanfaat dan terimakasih!

Baca Juga  Pengertian Iklan Baris - Ciri-ciri, Cara Membuat dan Contohnya

Artikel Lainnya :