Contoh Soal Psikotes

Posted on

Contoh Soal Psikotes

 

psikotest
psikotest

 

Contoh Soal Psikotes – Bagi kalian yang pernah mempunyai pengalaman dalam mencari pekerjaan pada Perusahaan Swasta atau pernah mendaftar pada instansi tertentu seperti mendaftar untuk menjadi Anggota TNI dan Polri, kami yakin kalian sudah sangat familiar dengan apa yang disebut Test Psikologi atau sering disebut dengan Psikotest, hal ini umum menjadi salah satu syarat apa bila kita menginginkan untuk bekerja pada jawatan atau kantor yang kita inginkan sesuai dengan bidang keahlian yang kita miliki.

Sebenarnya ini kerap dilakukan oleh pihak pihak penerima pekerjaan dengan maksud dan tujuan jelas terutama untuk menyaring dan mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan syarat dan kriteria yang sudah menjadi standart ketetapan dari  tempat terkait dan merupakan aturan dari pihak penerima.

Tujuan Test Psikologi ( Psikotest )

Bukan hanya pada Instansi atau jawatan Perusahaan saja yang kerap melakukan Psikotest ini dalam hal penerimaan Tenaga Kerja, namun saat ini bahkan pada sekolah sekolah dari tingkat yang paling dini sampai pada Perguruan Tinggi pun sudah memakai mekanisme semacam ini dalam upaya menyaring dan memilih calon Tenaga Kerja yang akan diterima untuk bekerja atau calon Siswa yang akan menempuh Pendidikan sesuai dengan keinginan pihak yang menerimanya.

Hal semacam ini pun menjadi  sesuatu yang lumrah dilakukan untuk mengetahui atau membaca karakter tiap tiap orang sebagai calon Tenaga Kerja atau Siswa agar sesuai dengan penempatan pada bidang yang kemudian akan ditentukan oleh pihak penerima itu tadi, jadi bukanlah sesuatu yang aneh jika kelak kalian menemukan test semacam ini.

Baca Juga  Mandi Bersih Setelah Haid yang Benar

Ketentuan Pemberi Materi Test Psikologi ( Psikotest )

Dalam melakukan test Psikologi atau Psikotest ini terdapat satu ketentuan yang menjadi syarat mutlak untuk pemberi materi yang akan di uji cobakan, jelas ini dikarenakan test ini berhubungan dengan kejiwaan seseorang yang akan diterima bekerja atau bersekolah nantinya, jadi memang diperlukan seseorang yang benar benar membidangi hal terkait  dengan ini yaitu seorang Psikolog ( Spesialist Bidang Psikologi ) yang memiliki sertifikat resmi atau tanda kelulusan dari bidangnya tersebut.

Itu artinya untuk tujuan baik dan jelas hal Psikotes ini Pemberi materinya tidak boleh asal tunjuk saja, yang jelas itu akan menjadi sesuatu yang tidak etis dan bisa saja terjadi sesuatu kesalahan yang mungkin bisa berdampak kurang baik antara pihak pelamar dan pihak penerima nya kelak dikemudian hari.

Pengertian Test Psikologi ( Psikotest )

Test Psikologi Atau Psikotest, adalah rangkaian ujian atau test yang biasanya dilakukan oleh Ahli Bidang Psikologi atau sering disebut dengan Psikolog yang berdasarkan permintaan dari pihak terkait ( Klien ) sebagai peminta ( Individu, Instansi, atau Perusahan ) dengan tujuan untuk memberi pandangan atau gambaran secara utuh mengenai aspek Psikologi dari seseorang yang kemudian akan disesuaikan dengan kebutuhan pihak ( Klien )peminta atau penerima.

Test tersebut dimaksudkan untuk menjadi sarana yang digunakan oleh ahli Psikologi dalam memahami Klien dengan aturan aturan yang menjadi ketetapan atau Kode Etik dari Psikolog supaya dapat memberi pandangan atau penilaian secara menyeluruh dari subjek yang diberi materi test ini.

Pembagian Tahap Test Psikologi ( Psikotest )

  1. Test ( Kepribadian ), biasanya dilakukan untuk mengetahui kepribadian atau kejiwaan seseorang
  2. Test ( I Q ), biasanya dilakukan untuk menguji tingkat kepintaran otak seseorang
  3. Test ( Kemampuan ), biasanya dialakukan untuk melihat kemampuan dalam fisik dan produktifitas seseorang
  4. Test ( Kreatifitas ), biasanya dilakukan untuk menguji kreatifitas seseorang
Baca Juga  Niat Mandi Junub

Macam Macam Test Psikologi ( Psikotest )

  1. Psikotest Kemampuan Verbal
  2. Psikotest Wartegg
  3. Psikotest Logika Aritmatika
  4. Psikotest Penalaran ( deret gambar )
  5. Psikotest Hafalan Kata
  6. Psikotest Gambar Manusia
  7. Psikotest Pauli
  8. Psikotest Menggambar Pohon
  9. Psikotest Edwards Personal Preference Schedule ( EPPS )
  10. Psikotest Army Alpha Intelegence

Tiga Contoh Soal Test Psikologi ( Psikotest )

  1. Test Kemampuan Verbal : Test ini biasanya diberi materi test sebanyak 40 macam ujian yang didalamnya terdapat Sinonim atau Antonim kata dengan tujuan untuk menilai kemampuan seseorang dalam mengahadapi satu kondisi dan menerka dan memecahkan satu permasalahan.
  • Contoh :

 

  1. Tinggi =………

 

  • Besar
  • Banyak
  • Satu
  • Rendah

 

Jawaban = Rendah

 

  1. Lapar =………

 

  • Minum
  • Hujan
  • Belum makan
  • Jalan

 

Jawaban = Belum Makan

 

  1. Test Wartegg : Test ini biasanya diberikan soal 8 kotak yang berisi pola yang berbeda seperti titik dan garis lengkung dengan tujuan mengetahui kemampuan seseorang dalam hal keuletan, cara beradaptasi, dll

 

Tips Mengerjakan

 

  1. Kertas ujian harus bersih
  2. Mulai dengan urutan 1-2-5-4-3-6-8-7
  3. Jangan terburu buru

–  Contoh Soal =

 

 

  1. Test Logika Aritmatika : Untuk mengerjakan test ini harus dilihat secara menyeluruh deretan angka dan membaca pola

 

  • Contoh =

 

1 48 10 32 12 =

 

  1. 8
  2. 12
  3. 4
  4. 6

 

Jawaban = 8

 

Demikian sedikit ulasan mengenai Psikotes yang sudah kami info kan pada anda semua semoga ini bermanfaat, selamat belajar dan good luck.

 

Artikel Lainnya :