Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV) yang Baik dan Benar

Posted on

Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV) yang Baik dan Benar

Apakah Anda pernah membuat curriculum vitae untuk melamar suatu pekerjaan? Namun sebelum itu, Anda harus tahu bahwa curriculum vitae sering kali disebut sebagai daftar riwayat hidup. Nah, jika Anda belum pernah membuatnya, maka disini kami akan membagikan contoh daftar riwayat hidup (CV) yang baik dan benar. Silahkan Anda simak artikel dibawah ini hingga tuntas.

Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV)

Curriculum vitae yang merupakan singkatan dari CV ialah daftar riwayat hidup yang berisi informasi tentang calon pelamar kerja. Didalam contoh daftar riwayat hidup, biasanya akan berisi dengan informasi seperti biodata, keahlian, pendidikan, riwayat pekerjaan dan lain-lainnya. Saat Anda akan melamar pekerjaan, maka perusahaan akan meminta beberapa berkas persyaratan dan salah satu berkas yang wajib ada yaitu daftar riwayat hidup.

Sebenarnya dalam membuat daftar riwayat hidup adalah hal yang mudah, akan tetapi bagi mereka bagi yang lulusan baru (fresh graduate) atau yang belum pernah melamar pekerjaan tentu akan kebingungan dengan cara membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar. Oleh karena itu, kami akan memberikan contoh cara membuat CV dengan baik dan juga benar.

Dokumen yang akan dilihat pertama kali oleh pihak perusahaan dalam proses seleksi calon karyawan yaitu daftar riwayat hidup atau curriculium vitae. Oleh sebab itu, daftar riwayat hidup atau curriculum vitae adalah hal yang paling berpengaruh dan sangat penting dalam menentukan apakah calon karyawan tersebut cocok atau tidak untuk dipanggil interview. Agar Anda bisa diterima kerja, maka Anda harus melihat contoh daftar riwayat hidup yang benar.

Baca Juga  Pengertian Kewirausahaan

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Daftar Riwayat Hidup (CV)

Agar surat cv Anda mendapat nilai lebih di mata perusahaan yang ingin Anda lamar, maka dalam mengisi cv daftar riwayat hidup tersebut Anda harus mengetahui beberapa materi penting tentang itu terlebih dahulu. Dibawah ini adalah beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan saat akan membuat daftar riwayat hidup, antara lain yaitu :

Identitas Diri

Identitas diri merupakan hal yang paling utama dan juga penting yang harus Anda cantumkan dalam daftar riwayat hidup. Biasanya hal ini berisikan mengenai nama, alamat, jenis kelamin, tempat tanggal lahir, agama, kewarganegaraan, status pernikahan, nomor telepon serta e-mail yang masih terpakai.

Riwayat Pendidikan

Pendidikan yang pernah ditempuh yang berisikan mulai dari pendidikan awal hingga pendidikan yang terakhir merupakan riwayat pendidikan. Pada umumnya, hal ini terdiri dari dua jenis yakni pendidikan formal dan juga non-formal.

Pengalaman Kerja

Apabila si pelamar pernah bekerja di tempat kerja sebelumnya, maka pengalaman kerja bisa dituliskan agar meyakinkan perusahaan jika Anda memiliki pengalaman kerja sebelumnya. Namun bagi Anda yang belum mempunyai pengalaman, maka data ini tak perlu untuk dituliskan.

Pengalaman Organisasi

Apabila Anda sebelumnya belum pernah mempunyai pengalaman kerja sama sekali sama dengan lulusan baru (fresh graduate) dan akan melamar pekerjaan, maka jangan panik dan bingung karena pengalaman kerja dapat Anda ganti dengan pengalaman organisasi yang pernah diikuti sebelumnya.

Keahlian Khusus

Anda juga perlu mencantumkan keahlian khusus yang berhubungan dengan posisi kerja yang akan dilamar, hal tersebut juga sangat penting karena bisa dikatakan menjadi lirikan oleh HRD perusahaan dan menjadi suatu pertimbangan. Tidak semua para pelamar kerja memiliki keahlian khusus yang sama dengan posisi bidang pekerjaan perusahaan.

Baca Juga  Pengertian Wawancara

Misalnya seperti : Ahli dalam menggunakan komputer dan mengoperasikan Ms.Office, Ms.exel dengan baik.

Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar

DATA PRIBADI

Nama : Ahmad Sofyan
Jenis Kelamin : Laki–laki
Tempat, Tanggal Lahir : Bondowoso, 17 Februari 1996
Kewarganegaraan : Indonesia
Status Perkawinan : Belum Menikah
Agama : Islam
Kesehatan : Sangat Baik
Alamat Lengkap : Jl. Trunojoyo No. 35 Kel. Pasarejo Kec. Wonosari Kota Bondowoso 68282
Nomor Telepon : 08122243332

PENDIDIKAN FORMAL

2003 – 2009 : SDN Pasarejo 2
2009 – 2011 : MTsN Bondowoso I
2011 – 2014 : MAN Bondowoso
2014 – 2018 : Program S1 Perbankan Syariah di IAIN Jember

PENGALAMAN KERJA

Bekerja di PT. Jasmarket Sebagai Staff operasional Januari 2019 – Agustus 2019
Bekerja di KSP Makmur Jaya sebagai Admin Oktober 2019 – Maret 2020

PRESTASI

Juara 1 Bulu Tangkis Piala Gubernur (2012)

Demikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya.

Hormat saya,

Ahmad Sofyan

Itulah beberapa informasi tentang membuat daftar riwayat hidup (CV) yang dapat Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Anda saat akan membaut daftar riwayat hidup, terimakasih!

Artikel Lainnya :