Cara Partisi Harddisk – Menambah, Menghapus dan Mengurangi Partisi

Posted on

Cara Partisi Harddisk – Menambah, Menghapus dan Mengurangi Partisi

Harddisk adalah salah satu bagian dari perangkat keras yang bertindak sebagai media penyimpanan data. Dengan berkembangnya jaman dan kemajuan teknologi, kapasitas harddisk yang digunakan pada PC kini semakin besar. Ini karena pengguna komputer atau laptop yang membutuhkan kapasitas harddisk yang lebih besar lagi untuk menyimpan file data yang dimiliki.

Selain itu, harga jual yang ditawarkan cukup murah untuk kapasitas penyimpanan yang besar. Sekarang ada banyak harddisk di pasaran, menawarkan kapasitas penyimpanan hingga puluhan Terra dan harga murah. Namun dalam konteks ini, kami tidak akan membahas mengenai harga harddisk, tetapi kami akan memberikan informasi tentang cara partisi harddisk di komputer atau laptop Anda.

Bagi mereka yang tidak mengerti atau belum tahu apa itu partisi harddisk, kami akan segera menjelaskannya. Partisi harddisk itu sendiri adalah operasi yang dirancang untuk membagi volume atau menjadi kapasitas penyimpanan harddisk dengan bagian yang berbeda dan memiliki kapasitas yang sama atau berbeda tergantung pada kebutuhan kita. Tetapi untuk pemula atau mereka yang tidak pernah mempartisi harddisk mungkin akan mengalami masalah dalam melakukannya. Berikut adalah cara partisi harddisk dengan baik dan benar.

Cara Partisi Harddisk

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari my computer di menu Start terlebih dahulu.
  2. Kemudian Anda klik kanan pada my computer tersebut, lalu pilih Manage.
  3. Pada tampilan Manage tersebut, maka Anda disana memilih Computer Management.
  4. Kemudian Anda klik Storage, lalu pilih Disk Management.
  5. Lalu pilih bagian yang akan di partisi sesuai keinginan Anda.
  6. Setelah itu klik kanan drive, lalu tekan Shirink Volume.
  7. Kemudian Anda atur kapasitas drive yang diinginkan.
  8. Apabila sudah, maka Anda tekan tombol next sampai proses partisi tersebut selesai.
  9. Harddisk sudah dipartisi, prosesnya selesai dan sudah dapat Anda nikmati.
Baca Juga  Hardware - Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Cara Menambah Partisi

Hal ini penting dan perlu diketahui bahwa untuk memperbesar partisi baru, Anda hanya perlu menggunakan unallocated space (ruang yang tidak terisi), karena free space (ruang kosong) tidak dapat digunakan. Jadi, Anda perlu mengubah free menjadi unallocated, berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti :

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan mengklik kanan free space / partisi yang telah menjadi free space, lalu klik Delete Partition terlebih dahulu.
  2. Jika ada pemberitahuan cukup pilih Yes (ya) dengan catatan, jika Anda telah melakukan backup. Namun, apabila Anda belum backup, maka Anda klik No (tidak) dan kemudian backup terlebih dahulu.
  3. Setelah itu, free space akan secara otomatis menjadi “unallocated space”, yang harus dilakukan selanjutnya adalah tambahkan partisi ke partisi lain.
  4. Lalu Anda klik kanan pada partisi yang sudah menjadi unallocated space tadi / perbesar dan cukup pilih “Extend Volume”.
  5. Setelah itu, Tab welcome extend wizard muncul akan, maka cukup Anda klik next.
  6. Selanjutnya yaitu Anda tentukan ukuran unallocated space yang ingin ditambahkan ke partisi. Apabila sudah sesuai keinginan maka klik next, apabila ingin mengubah, sesuaikan saja dengan keinginan Anda sendiri.
  7. Langkah terakhir yaitu tinggal Anda klik Finish (selesai).

Cara Menghapus Partisi

Sebelum menghapus partisi, Anda harus terlebih dahulu backup data pada harddisk agar data tidak terhapus. Sehingga partisi yang Anda hapus dapat memiliki free space dan digunakan untuk tujuan lainnya. Cara menghapusnya juga sangat mudah dilakukan, berikut adalah cara-caranya :

  1. Langkah pertama yaitu Anda pilih partisi yang ingin Anda hapus, lalu pada partisi tersebut pilih Delete Volume.
  2. Kemudian, pemberitahuan akan muncul jika data Anda telah di backup, cukup klik Yes/Ya. Tetapi jika Anda belum backup, pilih No/Tidak dan backup data Anda terlebih dahulu.
  3. Apabila langkah-langkah tersebut sudah dilakukan, partisi yang sebelumnya akan menjadi free space dapat digunakan untuk membuat partisi baru atau menambahkan partisi lainnya lagi.
Baca Juga  Cara Setting Bios Secara Lengkap

Cara Mengurangi Partisi

Untuk mengurangi partisi dengan mudah, Anda simak caranya dibawah ini :

  1. Silahkan Anda pilih partisi yang ingin dikecilkan volumenya, lalu klik kanan dan pilih Shrink Volume.
  2. Apabila sudah, maka isi berapa size partisi dari partisi awal yang akan dipisahkan / dipecah, isi sesuai dengan keinginan Anda.
  3. Apabila sudah pas dan cocok, klik saja “shrink”.
  4. Ketika semua langkah di atas telah selesai, partisi akan secara otomatis berkurang dari sebelumnya dan partisi yang tadi di shrink akan terpecah dan bernama “Unallocated Space”.

Itulah beberapa informasi mengenai Cara Partisi Harddisk yang dapat Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan juga bisa menjadi salah satu referensi bagi Anda saat akan melakukan partisi harddisk. Selamat mencoba dan terimakasih!

Artikel Lainnya :