Cara Mudah Mengganti Alamat IP Address di Android Permanen

Posted on

Cara Mudah Mengganti Alamat IP Address di Android Permanen

Cara Mudah Mengganti Alamat IP Address di Android Permanen
Cara Mudah Mengganti Alamat IP Address di Android Permanen

Cara mudah mengubah alamat IP di Android – Dengan adanya internet, pengguna juga sangat membutuhkan, terutama untuk mencari informasi terkini. Untuk menautkannya ke sumber informasi ini, ada beberapa komponen penting yang tidak bisa Anda tinggalkan begitu saja.

Karena alamat IP sudah menjadi bagian penting dari browsing. Komponen ini juga memungkinkan perangkat seperti PC, ponsel, dan laptop dapat terhubung ke Internet.

Apakah Anda sudah tahu apa itu alamat IP? Dan bagaimana cara mengubah alamat IP? Untuk kamu yang ingin tahu, simak ulasannya berikut ini.

 Apa Itu Alamat IP?

Tentunya sebelum kita membahas bagaimana cara mengubah alamat IP, Anda harus tahu apa itu alamat IP. Kebanyakan orang beralih ke media sosial, terutama media komunikasi. Tentu saja, Anda tetap membutuhkan nomor telepon.

Tujuannya agar Anda dapat terhubung dengan orang yang Anda inginkan, baik itu keluarga, teman, atau mitra bisnis. Bayangkan pengguna telepon adalah perangkat komputasi dan alamat IP dari setiap nomor telepon pengguna.

Artinya IP address adalah nomor yang pasti dimiliki ponsel, smartphone, komputer yang akan terkoneksi dengan internet. Jadi bagaimana orang bisa mengakses situs web di Internet? Anda harus tahu bahwa semua situs di Internet memiliki kumpulan file dan data yang dikelola oleh server host.

Jadi masuk akal jika setiap situs memiliki alamat IP yang berbeda. Namun, alamat IP situs web seseorang mungkin sama dengan alamat webmaster lain. Pada dasarnya alamat IP adalah kumpulan bilangan biner yang terdiri dari 1 dan 0.

Namun karena rumit akhirnya dibuat dengan format angka yang terbagi menjadi 4 buah kode yang dipisahkan titik-titik. Contoh alamat IP adalah 192.168.1.1. Bagaimana cara menemukan alamat secara manual? Anda kemudian dapat memeriksa melalui panel kontrol pada perangkat komputer dan melalui CMD.

Baca Juga  Linux - Pengertian, Fungsi, Sejarah, Manfaat, Jenis, Contoh

 Cara Mudah Untuk Mengubah Alamat IP Anda di Android

Cara Mudah Mengganti Alamat IP Address di Android Permanen
Cara Mudah Mengganti Alamat IP Address di Android Permanen

Android benar-benar telah menjadi salah satu perangkat pintar yang paling banyak digunakan di komunitas dunia. Bergantung pada Android, penggunaannya dapat mengakses Internet tanpa batasan. Kami selalu dan di mana-mana mencari informasi dan berita terbaru sesuai dengan ide Anda.

Jika Anda tersambung ke Internet melalui jaringan operator atau Wi-Fi, perangkat Android Anda masih memerlukan alamat IP. Anda dapat memperoleh alamat IP mesin ini secara otomatis segera setelah Anda terhubung ke situs web tertentu.

Karena disediakan secara otomatis, tidak semua orang tahu jika alamat IP yang ditentukan memiliki batasan akses ke situs tertentu. Jika demikian, sangat penting untuk mengubah alamat IP Android tanpa menggunakan atau dengan aplikasi. Berikut beberapa cara termudah untuk mengubah alamat IP Anda tanpa menggunakan aplikasi:

Restart Ponsel

Cara pertama untuk mengubah alamat IP Android adalah dengan merestart ponsel setiap pengguna. Dengan melakukan restart handphone maka handphone akan bekerja dari awal salah satunya adalah status IP yang anda gunakan sebelumnya.

Sebelum merestart ponsel, catat alamat IP sebelumnya dan bandingkan dengan yang baru. Cara ini juga relatif sederhana dan tidak memakan banyak waktu bagi semua pengguna. Kemudian Anda mendapatkan akses yang lebih lancar ke Chrome atau mesin telusur lainnya.

Merubah DNS

Cara lain untuk merubah alamat IP Anda adalah dengan merubah DNS Anda. DNS adalah sistem nama domain, yang berarti penerjemah IP dalam domain atau sebaliknya. Tentu saja, mengubah bagian DNS akan mengubah IPS nanti.

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk menggantinya adalah dengan membuka menu pengaturan pada perangkat.
  • Lalu pergi ke jaringan seluler di perangkat Anda.
  • Kemudian pilih profil Internet yang saat ini digunakan, seperti 3GPRS.
  • Kemudian klik pada profil internet dan akan ada pilihan untuk mengubah DNS.
  • Selanjutnya adalah mengubah DNS dan kemudian menyimpannya.
Baca Juga  Hotspot : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Jenis & Tips Menggunakannya

Merubah IP Address Secara Manual

Cara Mudah Mengganti Alamat IP Address di Android Permanen
Cara Mudah Mengganti Alamat IP Address di Android Permanen

Jika Anda ingin merubah alamat IP, Anda dapat mengubahnya secara manual. Cara ini memakan waktu lama, tetapi sangat akurat, karena dapat memberikan hasil yang baik. Berikut instruksinya :

  • Langkah pertama adalah membuka menu atau pengaturan setup pada setiap perangkat.
  • Setelah memasukkan pengaturan, pilih menu koneksi dan ubah alamat IP.
  • Ada beberapa alat yang berhubungan dengan koneksi dalam opsi koneksi, seperti Bluetooth, WiFi, mode pesawat, jaringan seluler, dll. Untuk mengubah alamat IP menggunakan WiFi, klik menu WiFi dan ikuti perintah di bawah ini.
  • Di bagian Wi-Fi yang sudah terhubung ke perangkat Anda, Anda dapat mengklik dan menahan sebuah jaringan Wi-Fi. Kemudian jendela baru akan muncul. Cukup pilih Kelola Pengaturan Jaringan dan lanjutkan ke langkah berikutnya.
  • Untuk berikut ini, pilih opsi Opsi Tampilan Lanjutan. Dari menu ini terdapat beberapa pilihan yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya, atur alamat IP di bagian bawah halaman ini.
  • Anda kemudian dapat mengatur alamat IP sesuai kebutuhan dalam pengaturan IP. Anda juga dapat mengubah DHCP menjadi statis atau serupa. Ingatlah untuk menyimpan perubahan Anda.
  • Kemudian tunggu koneksi Wi-Fi dibuat kembali. Jika iya, maka IP address Android sudah berhasil diubah sesuai dengan keinginan anda.

Matikan Data

Cara kedua ini sangat mudah untuk Anda dan Anda tidak perlu membuka menu pengaturan di setiap perangkat. Untuk mencobanya, sebaiknya cek dulu apakah data yang Anda miliki masih aktif atau aktif. Setelah memastikan koneksi data aktif, matikan data dari bilah status.

Kemudian biarkan koneksi data terputus selama beberapa detik, setidaknya 10 detik. Kemudian aktifkan kembali data tersebut. Dengan cara ini, alamat IP di Android berubah tanpa menggunakan aplikasi lain. Cara ini sangat sederhana untuk dilakukan banyak orang.

Baca Juga  Jaringan Komputer - Pengertian, Jenis dan manfaatnya

Demikianlah sahabt Gramsci, pembahasan kita kali ini adalah tentang cara mudah mengganti alamat IP di Android, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua. Terima Kasih

 

Baca Juga Artikel Kami Lainnya :