Cara Membuat Daftar Pustaka

Posted on

Cara Membuat Daftar Pustaka

 

daftar pustaka,
daftar pustaka,

 

Cara Membuat Daftar Pustaka – Mungkin bagi seorang jurnalis atau dengan kata lain seorang penulis hal ini bukanlah sesuatu yang asing atau sulit untuk dimengerti, karna memang dalam sebuah karya ilmiah Daftar Pustaka menjadi sesuatu yang wajib untuk dibuat dalam urutan atau format sebuah tulisan dengan tujuan yang jelas sangat beralasan untuk hal terkait dengan ini, tetapi bagaimana dengan orang yang awam atau belum mengerti  apa yang dimaksud dengan Daftar Pustaka namun mempunyai keinginan untuk membuat sebuah karya ilmiah dalam bentuk tulisan ? tentu saja ini diharuskan dan wajib untuk dipelajari, karna memang Daftar Pustaka ini adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan dalam karya tulis berformat itu tadi.

Seperti yang dikatakan pada kalimat awal tadi bahwa Daftar Pustaka ini wajib dicantumkan dalam setiap tulisan seperti hal nya artikel atau semacamnya yang didalamnya berisikan susunan format tulisan terkait, untuk menjelaskan apa yang dimaksud dengan Daftar Pustaka tersebut, kali ini akan coba kami sampaikan secara detail dan gamblang hal terkait dengan maksud dan tujuan untuk berbagi informasi bagi kalian semua yang memang menyimpan banyak pertanyaan soal Daftar Pustaka atau bagaimana cara membuatnya dengan cara yang baik dan benar, tentu  saja hal itu menjadi perlu ketika kalian menetapkan pilihan untuk menjadi seorang penulis berkemampuan di atas rata rata, untuk itu kami sarankan pada kalian untuk membaca dan menyimak penjelasan berikut ini sampai selesai.

Baca Juga  Karangan – Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat dan Unsurnya

Makna Dari Daftar Pustaka

Daftar Pustaka, ialah sebuah daftar yang wajib dibuat dalam tiap tiap karya ilmiah berbentuk tulisan berformat yang diketahui bahwa didalam nya  berisikan tentang semua karya tulisan yang kemudian akan dijadikan suatu rujukan atau referensi dalam setiap penelitian atau analisa yang biasanya dicantumkan pada bagian akhir dari karya ilmiah tersebut yang ditulis dengan urutan Abjad dimulai dari nama si penulis kemudian tahun terbit, judul, biodata penulis, sampai lokasi atau tempat nya.

Fungsi Dari Daftar Pustaka

Daftar Pustaka, berfungsi atau bertujuan sebagai bantuan atau membantu pembaca mencari informasi detail dari satu karya tulisan atau dengan kata lain karya ilmiah yang biasanya diabaca untuk menggali sumber lain berkaitan dengan topic suatu karya yang dibuat oleh penulisnya, tidak hanya itu saja fungsi atau guna Daftar Pustaka yang lainnya ialah sebagai sebuah penghargaan seorang penulis karya ilmiah kepada penulis yang sudah lebih dahulu atau dengan kata lain penulis terdahulu yang karyanya dijadikan sumber acuan oleh penulis yang lainnya, hal ini dilakukan umunya untuk menghindari karya tulis yang menjiplak atau plagiat.

Maksud Dicantumkan Daftar Pustaka

Bukan tidak beralasan mengapa dalam karya ilmiah menjadi suatu keharusan bagi seorang penulis untuk mencantumkan apa yang disebut Daftar Pustaka tadi, berikut ini beberapa maksud dari dicantumkannya Daftar Pustaka.

  • Sebagai Etika Sebuah Karya Ilmiah Atau Tulisan
  • Sebagai Satu Tanda Terima Kasih Dari Penulis Untuk Sumber Karyanya
  • Sebagai Bentuk Sebuah Dukungan Terhadap Karya Ilmiah Yang Dibuat
  • Sebagai Arahan Atau Informasi Kebenaran Untuk Penelitian Sumber Tulisan
  • Sebagai Sebuah Petunjuk Dari Halaman Sumber Yang Diambil Oleh Penulis

Tujuan Dibuatnya Daftar Pustaka

  1. Bertujuan Untuk Menghindari Jiplakan Atau Tiruan Persis Dari Sebuah Karya Tulisan
Baca Juga  Interjeksi – Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contoh

Hal ini dilakukan seorang penulis agar sesuatu yang menjadi karya nya dalam bentuk tulisan tidak terkena Plagiat atau dengan kata lain Jiplakan dari semua sumber yang dijadikan sebagai  referensi dalam membuat karya tulisan agar kedepan hal tersebut  tidak menjadi masalah mengenai mencuri atau menjiplak karya orang lain.

  1. Bertujuan Untuk Menghargai Penulis Terdahulu Atau Penulis Yang Sebelumnya

Hal ini dilakukan yaitu untuk sebuah penghargaan secara tidak langsung kepada Penulis yang sudah lebih dahulu membuat karya terkait dan dijadikan acuan atau sumber untuk karya tulisan yang dibuat.

  1. Bertujuan Untuk Membantu Pembaca Mencari Sumber Yang Dijadikan Rujukan Dari Karya Tulisan

Hal Ini Dilakukan Untuk Menbantu Para Pembaca Dalam Mencari Atau Mengetahui Atau Menelusuri Kebenaran Dari Sumber Yang Dijadikan Rujukan Oleh Penulis Dalam Karya Ilmiah Atau Tulisannya

Sumber Kutipan

Didasari dari aturan dan cara cara yang lazim digunakan oleh penulis dalam karyanya Sumber Kutipan ini secara umum dibagi menjadi dua cara yaitu :

  1. Kutipan Secara Tidak Langsung

Ialah sesuatu yang dilakukan oleh penulis dalam mengambil sebuah ide atau gagasan dari sumber lain yang dikembangkan menjadi bentuk karya sendiri yang berarti penulis tersebut tidak secara langsung meniru dari sumber yang dijadikan acuan sebuah karya yang dibuat.

  1. Kutipan Secara Langsung

Ialah sesuatu yang dilakukan oleh penulis dalam mengambil sebuah sebuah idea tau gagasan dengan tehnik atau cara langsung ( Copy – Paste ) yang juga dijadikan acuan sebuah karyanya, dan untuk informasi bahwa Kutipan Secara Langsung ini kemudian dibagi menjadi dua yaitu :

  • Kutipan Secara Langsung Panjang
  • Kutipan Secara Langsung Pendek

 

daftar pustaka.
daftar pustaka.

Tehnik Atau Cara menulis Daftar Pustaka

Berikut ini adalah Beberapa tehnik penulisan Daftar Pustaka yang bisa dijadikan sampel atau contoh :

  1. Daftar Pustaka Yang Bersumber Dari Buku
  • Nama

Yang ditulis di awal dengan penulisan nama belakang dahulu, contoh : Badrus Saman Menjadi : Saman Badrus atau Hasan Tiro Menjadi : Tiro Hasan

Baca Juga  Majas - Pengertian, Jenis dan contohnya

namun jika terdapat dua penulis cukup nama penulis pertama saja yang di tulis nama belakang nya dahulu.

  • Tahun Penerbitan

Hal ini diperlukan untuk ditulis agar menjadi referensi

  • Judul Buku

Biasanya ini ditulis dengan tulisan miring dengan maksud mudah dicari

  • Nama Penerbit Dan Kota

Ini biasanya juga ditulis pada akhir tulisan

 

  1. Daftar Pustaka Yang Bersumber Dari Artikel Dan Lain Lain
  • Nama

Yang ditulis adalah nama dari Penulis Artikel terkait

  • Judul

Penulisan nya di dahulukan

  • Tahun
  • Nama Penerbit
  • Kota

 

daftar pustaka,
daftar pustaka

Beberapa Contoh Penulisan Daftar Pusataka

  1. Dari Sumber Buku :

Contoh : Arya, Iwan. 2004. Jendela Dunia. Magelang – Indonesia. Public House

  1. Dari Sumber Artikel :

Contoh : Azmie, Yanti. 2009. “Berita dan Informasi” dalam Sastra Karya : Berita dan Info Volume 4 ( hlm. 100 – 200 ) Bandar Lampung : Kantor Graha Karya Provinsi Lampung.

Demikian tadi penjelasan dari Daftar Pustaka, semoga dapat menjadi acuan atau minimal sebagai dasar apabila menemukan persoalan terkait hal ini, “perbanyak lah Ilmu Pengetahuan dan Amalkan untuk kebaikan” selamat mencoba dan sukses selalu.

 

Artikel Lainnya :