Brainware : Pengertian, Fungsi, Komponen, Jenis dan Contohnya

Posted on

Brainware : Pengertian, Fungsi, Komponen, Jenis dan Contohnya

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan brainware? Apabila Anda belum mengetahuinya, silahkan simak artikel dibawah ini, karena kami akan membagikan informasi tentang pengertian, fungsi, komponen, jenis dan juga contoh brainware.

Pengertian Brainware

Yang dimaksud dengan Brainware adalah orang yang sering kali mengoperasikan atau pun menggunakan perangkat komputer. Sementara beberapa adalah contoh brainware seperti  netter, programmer dan pengguna komputer seperti yang lain.

Perangkat spiritual yang menggunakan atau mengeksplorasi fitur hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) sering kali disebut juga dengan Brainware.

Fungsi Brainware

Programer

Orang yang dapat memprogram bahasa mungkin perlu membuat perangkat lunak yang diperlukan untuk sistem berbasis komputer.

Operator

Orang yang menjalankan program ataupun sistem operasi yang dijalankan pada perangkat komputer misalnya, menyiapkan data untuk diakses, merawat sistem operasi komputer atau yang lainnya. Dalam sistem informasi, otak sangat penting atau tidak dapat dipisahkan dari perangkat keras dan perangkat lunak. Kenapa begitu? Perangkat keras komputer tidak dapat berfungsi sempurna tanpa perangkat lunak, sedangkan tanpa perangkat lunak otak dan perangkat keras tidak dapat berfungsi.

Komponen Brainware

Operator

Operator komputer ini bertanggung jawab untuk memproses data pada sistem yang berhubungan dengan komputer. Instruksi yang sudah ditetapkan dalam runbook dan juga disusun oleh Programmer harus diikuti oleh operator tersebut. Pembatasan diperlukan untuk mencegah operator menyesuaikan program sebelum atau selama pelaksanaan program.

Teknisi

Teknisi ini adalah orang yang bertanggung jawab untuk memelihara semua jenis masalah komputer. Pengetahuan yang luas tentang troubleshooting atau juga sebagainya harus dimiliki oleh seorang Teknisi. Teknisi ini pun mempunyai spesialisasi yang berbeda tergantung pada bidang studi yang di alami.

Baca Juga  Hardware - Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Network Engineer

Adalah orang yang sedang merancang teknik baru di bidang neworking. Dalam mengembangkan metode baru untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk domain, maka ia lah yang bertanggung jawab.

Hardware Engineer

Orang yang bertanggung jawab untuk yang mengembangkan teknik baru atau metode dalam pembuatan perangkat keras (hardware) sehingga produk baru akan muncul dengan adanya teknologi sebelumnya yang lebih baik.

Software Engineer

Dalam mengembangkan teknik dan juga metode baru dalam pembuatan perangkat lunak (software), maka orang ini lah yang akan bertugas atau bertanggung jawab (Driver, Aplikasi dan juga sistem operasi).

Jenis Brainware

Operator Komputer

Untuk memproses data menjadi sistem yang dapat dihubungkan ke komputer, maka pengguna komputer bertanggung jawab dalam hal ini. Pembatasan diperlukan di sini untuk mencegah operator mengubah program sebelum atau selama eksekusi.

Teknisi

Orang yang bertanggung jawab untuk memelihara semua hal disebut dengan teknisi. Teknisi harus memiliki keterampilan, keterampilan, dan pengetahuan tentang pemecahan masalah, dll.

Trainer

Pelatih adalah Brainware yang memiliki lebih banyak pengetahuan ilmiah dan stabil secara ilmiah di bidang lain. Untuk mengajar di bidangnya, Brainware ini juga bertanggung jawab.

Konsultan

Perangkat lunak Brainware yang bertanggung jawab untuk menyediakan panduan yang andal di bidangnya disebut dengan konsultan.

Project Manager

Brainware yang bertanggung jawab atas proyek tertentu sebagai pemimpin atau komando disebut dengan project manager.

Programmer

Merupakan tugas programmer untuk membuat aplikasi komputer sehingga program yang dibuat akan meningkatkan kinerja manusia.

Graphic Designer

Pakar dalam membuat objek animasi atau akar Brainware yang memiliki pengalaman dalam dunia desain grafis disebut dengan perancang grafis.

Contoh Brainware

Programer

Orang dengan kemampuan untuk memprogram bahasa sering bertindak sebagai perangkat lunak yang diperlukan untuk sistem berbasis komputer.

Baca Juga  Bios - Pengertian, Fungsi, Komponen dan Jenisnya

Administrator

Dalam mengelola program dan juga sistem operasi yang digunakan pada komputer maupun jaringan komputer, maka orang yang bertanggung jawab di dalamnya adalah administrator.

Operator

Orang yang menggunakan sistem operasi dan perangkat lunak pada perangkat komputer, misalnya, menyediakan sistem operasi untuk komputer, menyiapkan informasi akses, dll.

Itulah beberapa informasi mengenai brainware yang dapat Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan juga menambah ilmu pengetahuan serta wawasan Anda, terimakasih.

Artikel Lainnya :

Software – Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Hardware – Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya

UPS : Pengertian, Komponen, Jenis dan Cara Kerjanya