Animasi : Pengertian, Jenis, Bentuk dan Proses Pembuatannya

Posted on

Animasi : Pengertian, Jenis, Bentuk dan Proses Pembuatannya

Siapa sih yang tidak tahu dengan Animasi? Bagi Anda yang belum mengetahuinya, maka disini kami akan membagikan artikel mengenai Animasi yang meliputi pengertian, jenis, bentuk dan juga proses pembuatannya. Oleh karena itu, silahkan simak artikel dibawah ini hingga tuntas.

Pengertian Animasi

Yang dimaksud dengan animasi yaitu suatu gambar bergerak yang berasal dari banyaknya kumpulan benda dengan secara khusus diatur sampai bergerak sesuai dengan jalan yang sudah di tentukan pada setiap hitungan waktunya. Yang dimaksud objek disini yaitu gambar binatang, gambar tumbuhan, gambar manusia, tulisan teks, bangunan dll.

Ada juga beberapa orang yang mendefinisikan animasi dari pemrosesan gambar tangan ke film komputer. Saat proses pembuatan suatu konten animasi dibutuhkan sekali gambar tangan yang terdiri dari halaman. Akan tetapi, animasi tidak lagi dibuat di atas kertas, yaitu langsung pada komputer karena adanya kemajuan teknologi komputer saat ini.

Bagi kita, terutama bagi anak-anak kini istilah animasi sudah tak asing lagi. Ini karena biasanya konten animasi ditemukan dalam tipe karakter seperti kartun.

Produser konten animator disebut animator. Banyak sekali perusahaan yang sukses saat ini dalam produksi film animasinya seperti contoh film Pixar, Walt Disney, DreamWorks dan lain sebagainya.

Jenis Animasi

Dibawah ini adalah beberapa jenis animasi, antara lain yaitu :

Jenis animasi berdasarkan bentuk karakter

Stop Motion Animation / Claymation

Sekitar tahun 1906, seorang Blakton menemukan teknik untuk membuat animasi ini dan dikenal sebagai claymation. Dia menggunakan tanah liat (clay) sebagai objeknya. Teknik animasi tanah liat sering digunakan untuk mencapai efek visual film pada 1950-an dan 1960-an.

Baca Juga  Pengertian UMKM

Animasi 2Dimensi / 2D

Suatu kartun merupakan animasi 2D. Kartun / cartoon dapat didefinisikan sebagai gambar lucu, banyak gambar lucu ditampilkan dan juga menghibur, contohnya termasuk Tom & Jerry.

Animasi 3Dimensi / 3D

Hasil pengembangan dari animasi 2D merupakan Animasi 3D. Dalam animasi 3D, objek hidup seperti benda nyata. Terdapat berbagai macam contoh film dengan teknik animasi 3D serta CGI (Computer Generated Imagery).

Animasi Jepang

Mungkin diantara Anda semua sudah banyak yang tahu dengan Animasi jepang disebut dengan Anime. Saat ini, banyak film anime yang sangat disukai oleh anak muda. Berbagai macam contoh film anime seperti halnya yaitu Dragon Ball, Naruto dan lainnya.

Jenis animasi berdasarkan teknik pembuatannya

Animasi Cel

Animasi cel merupakan lembaran yang membentuk satu animasi. Pada setiap cel merupakan suatu bagian yang terpisah, yakni seperti latar belakang dan juga objeknya yang terpisah hingga dengan sendirinya dapat bergerak.

Animasi Frame

Animasi frame dapat disebut teknik kreasi yang sangat sederhana, seperti gambar / objek dalam brosur, di mana buku tersebut dengan cepat dibuka dengan jari Anda untuk menunjukkan gambar anime saat bepergian.

Animasi Path

Animasi path adalah teknik yang digunakan untuk membuat animasi yang berasal dari objek yang dipindahkan. penulis menentukan gerakan untuk mengikuti garis. Aplikasi Macromedia Flash dapat menggunakan teknik animasi jalur menggunakan lapisan terpisah sebagai jalur objek.

Animasi Sprite

Animasi sprite ini memungkinkan objek bergerak sendiri, jadi objek selain latar belakang hanyalah latar belakang yang tidak bisa bergerak.

Animasi Spline

Teknik dalam pembuatan animasi spline tidak melacak objek bergerak di sepanjang jalur lurus, dengan teknik ini, objek dapat bergerak seperti lintasan kurva.

Baca Juga  Doa Masuk Kamar Mandi Latin dan Artinya

Animasi Clay

Subjek dari animasi ini adalah tanah liat (clay). Tentu saja, tanah liat biasa tidak digunakan di sini, tetapi biasanya menggunakan palasin, yang merupakan bahan yang fleksibel.

Animasi Vektor

Animasi vektor merupakan teknik untuk menggambar objek dalam membuat animasi dengan menggunakan rumus matematika.

Animasi Karakter

Animasi 3D merupakan salah satu contoh animasi ini yang sering kali digunakan dalam membuat film. Dalam animasi karakter, setiap objek memiliki properti dan gerakan yang berbeda, tetapi setiap objek bergerak secara bersamaan.

Itulah beberapa informasi tentang animasi yang dapat Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan juga dapat menambah pengetahuan serta wawasan Anda, terimakasih!

Artikel Lainnya :