Algoritma – Pengertian, Struktur, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Posted on

Algoritma – Pengertian, Struktur, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Apakah Anda sudah tahu apa yang di maksud dengan Algoritma? Jika Anda belum mengetahuinya, maka pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi mengenai pengertian algoritma, struktur, fungsi, jenis dan juga contohnya. Agar lebih memanfaatkan waktu, mari simak artikel dibawah ini.

Pengertian Algoritma

Algoritma adalah urutan beberapa langkah logis untuk menyelesaikan masalah. Jika kita memiliki masalah, kita harus bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan langkah-langkah logis.

Dalam matematika dan komputer, pengertian dari algoritma adalah prosedur perhitungan langkah demi langkah. Algoritma kini digunakan untuk perhitungan, penalaran otomatis dan juga pemrosesan data.

Susunan dari algoritma dimulai dengan kondisi awal dan input awal, instruksi menjelaskan perhitungan saat dijalankan dan diproses dengan melewati serangkaian kondisi terbatas yang ditentukan sehingga menghasilkan keluaran atau output dan berhenti dalam keadaan akhir yang telah ditentukan.

Algoritma dibutuhkan untuk memproses data di komputer. Dalam sistem komputer, algoritma adalah logika yang dibuat oleh perangkat lunak (software) yang digunakan oleh para pembuat (produsen) perangkat lunak untuk meningkatkan perangkat lunak menjadi lebih bagus lagi. Algoritma berbeda dari logaritma. Perhatikan juga bahwa logaritma adalah operasi ilmu matematika untuk menghitung kebalikan dari eksponen perpangkatan.

Struktur algoritma

Struktur algoritmik adalah urutan di mana instruksi algoritma diproses dan bagaimana instruksi algoritma dibangun. Struktur dasar dari algoritma ini dibagi menjadi tiga bagian sebagai berikut:

Runtunan (Sequence)

Urutan dalam struktur algoritma adalah bahwa instruksi untuk urutan algoritma ditangani langkah demi langkah, dari langkah pertama ke langkah terakhir.

Baca Juga  Kabel UTP - Pengertian, Jenis, Fungsi, Cara Membuat, Kelebihan dan Kekurangannya

Runtunan ini pun berlaku untuk bahasa pemrograman dan harus Anda ingat itu, jika komputer Anda memproses instruksi untuk bahasa pemrograman yang Anda tulis, komputer akan memproses dan menerjemahkan bahasa pemrograman dari awal hingga selesai dari instruksi baris pertama sampai baris akhir secara beruntun.

Pemilihan (Selection)

Instruksi algoritmik pada umumnya mencakup setidaknya mengandung pemilihan (selection), ketika ada kasus yang mempunyai 2 atau lebih alternatif dalam penyelesaian maka instruksi ini akan muncul.

Misalnya, dalam kehidupan setiap sekarang dan kemudian jika Anda menyalakan komputer Anda. Langkah-langkah untuk memulai komputer Anda sangat mudah, tetapi prosesnya dapat mengambil 2 alternatif.

Pengulangan (Repitition)

Struktur dasar ketiga dari algoritma adalah pengulangan, yang berarti bahwa algoritma atau kasus penyelesaian masalah bahasa program tidak benar-benar dibedakan dari yang perlu diulang.

Algoritme itu sendiri memiliki pedoman sendiri untuk menyelesaikan kasus pemutaran data, instruksi ini membuatnya lebih mudah untuk menulis pendek dan praktis daripada menulis satu per satu.

Fungsi Algoritma

Pada prinsipnya, tujuan utama dan fungsi algoritma adalah untuk menyelesaikan masalah. Berikut adalah beberapa fungsi algoritma, antara lain :

  • Membuat program untuk masalah tertentu lebih mudah.
  • Algoritme dapat digunakan beberapa kali untuk menyelesaikan masalah.
  • Membantu menyelesaikan masalah secara logis dan sistematis.
  • Untuk meminimalkan penulisan ulang program.
  • Anda dapat berlari ke bawah untuk berbagi dan menaklukkan.
  • Untuk membuatnya lebih mudah untuk membuat dan mengurai program, untuk memahami dan mengembangkannya.
  • Apabila terjadi suatu kesalahan, maka algoritme bisa membantu menemukannya karena alur kerjanya begitu jelas.
  • Dapat memudahkan proses dokumentasi.

Jenis Algoritma

Pseudo-code

Pseudocode adalah kode atau karakter yang terlihat seperti (pseudo) untuk menyelesaikan masalah. Seseorang sering menggunakan pseudocode untuk menulis algoritma untuk suatu masalah.

Baca Juga  RAM - Pengertian, Fungsi dan Jenisnya

Flowchart

Flowchart adalah diagram dengan aliran searah atau dua arah yang digunakan secara berurutan atau kontinu. Fungsi utama dari diagram alur ini adalah untuk mendeskripsikan desain program dan mewakili program atau sistem yang kita buat berdasarkan pola pikir kita (berdasarkan algoritma).

Structure English

Structure English adalah alat yang cukup kuat untuk menggambarkan suatu algoritma. Selain berbasis Bahasa Inggris, Structure English juga bisa menggunakan Bahasa Indonesia. Structure English lebih cocok untuk menggambarkan algoritma yang dikirimkan ke pengguna sistem, karena bahasa manusia digunakan sebagai dasar untuk menggambarkan algoritma.

Contoh Algoritma

Salah satu contohnya adalah, jika seseorang ingin membuat mie instan, algoritmenya adalah sebagai berikut:

  • Anda siapkan 400 ml air (2 gelas), 1 bungkus mie instan, panci, mangkuk, garpu dan sendok
  • Kemudian memasukkan air ke dalam panci
  • Masak air di keadaan kompor menggunakan api sedang
  • Tunggu hingga air mendidih
  • Masukkan mie tersebut pada air yang mendidih
  • Aduk-aduk perlahan sekitar 3 menit
  • Saat mie matang, masukkan bumbunya
  • Aduk kembali mie sampai bumbu merata
  • Mie instan siap untuk disajikan

Itulah beberapa informasi tentang algoritma yang dapat Anda ketahui. Semoga bisa menambah wawasan pengetahuan Anda dan juga bermanfaat, terimakasih!

Artikel Lainnya :